PENGARUH KOMPETENSI, FASILITAS KANTOR DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR DESA KESENENG KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG

Wahyu Nur Hidayat, Eka Handriani, Pitaloka Dharma Ayu

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi, fasilitas kantor, dan disiplin kerja terhadap kualitas pelayanan di kantor desa keseneng kecamatan sumowono kabupaten semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode kuesioner. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 574 keluarga / 1664 jiwa orang dengan jumlah sampel 94 orang. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif, uji korelasi, uji regresi. Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan koefisien determinasi, uji t dan uji

F. Hasil analisa menunjukkan nilai t hitung variabel kompetensi adalah sebesar (5,129) > t tabel (2,280) dan nilai signifikan (0,000 < 0,05) yang artinya bahwa kompetensi berpengaruh signifikan terhadap variabel kualitas pelayanan. Variabel fasilitas kantor menghasilkan nilai t hitung sebesar (3,596) > t tabel (2,280) dan nilai signifikan (0,000 < 0,05) yang artinya bahwa variabel fasilitas kantor berpengaruh signifikan terhadap variabel kualitas pelayanan. Variabel disiplin kerja menghasilkan nilai t hitung sebesar (11,386) > t tabel (2,280) dan nilai signifikan (0,000 < 0,05) yang artinya bahwa variabel disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap variabel kualitas pelayanan. Dari pengujian semua variabel independen secara simultan diperoleh nilai F hitung sebesar 165,871 > F tabel sebesar 2,71 dengan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05, maka menunjukkan bahwa variabel kompetensi, fasilitas kantor dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel kualitas pelayanan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel kompetensi, fasilitas kantor, dan disiplin kerja berpengaruh secara secara parsial dan secara simultan terhadap kualitas pelayanan. Kata kunci: Kompetensi, Fasilitas Kantor, disiplin kerja, dan Kualitas Pelayanan.

ABSTRAK

The aim of this research is to determine whether there is an influence of competence, office facilities and work discipline on the quality of service at the Keseneng village office, Sumowono


subdistrict, Semarang district. The data collection method used is the questionnaire method. The type of research used is quantitative research. The population in this study was 574 families / 1664 people with a sample size of 94 people. Data testing techniques used in this research include descriptive analysis, correlation tests, regression tests. Next, hypothesis testing uses the coefficient of determination, t test and F test. The results of the analysis show that the calculated t value of the competency variable is (5.129) > t table (2.280) and the value is significant (0.000 < 0.05), which means that competency has a significant effect on the variable. service quality. The office facilities variable produces a calculated t value of (3.596)

> t table (2.280) and a significant value (0.000 < 0.05), which means that the office facilities variable has a significant effect on the service quality variable. The work discipline variable produces a calculated t value of (11.386) > t table (2.280) and a significant value (0.000 < 0.05), which means that the work discipline variable has a significant effect on the service quality variable. From testing all independent variables simultaneously, the calculated F value was 165.871 > F table of 2.71 with a significance level of 0.000 < 0.05, indicating that the variables of competence, office facilities and work discipline simultaneously had a significant effect on the service quality variable. From the research results it can be concluded that the variables of competence, office facilities and work discipline have a partial and simultaneous influence on service quality.

Keywords: Competence, Office Facilities, work discipline, and Service Quality.


Full Text:

PDF

References


Abdul Shomad, (2023.) Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pelayanan Publik Kantor Desa Lambangsari Kabupaten Bekasi. Khidmatuna; Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 49-58

Fathoni, A., Hendryawan, S., & Arifin, A. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang. Journal of Regional Public Administration (JRPA), 4(1), 58–69.

Hardiansyah. (2017). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media

Hartono, C., Haryanto, A. T., & Purwanto, A (2023). Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Ponorogo Propinsi Jawa Timur Tahun 2022

Laksana, Fajar. (2018). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu. (2018-95)

Priyono, A. H., Widagdo,S ., & Handayani, Y. I. (2021). The Effectof Hard Skill and Soft Skill Competency on Improving the Quality of Services in Public Services Mallsat

Banyuwangi Regency . International Journal of Innovative Science and Research Technology, Volume 6(9), 325–329.

Salbiah, Euis; Purnamasari, Irma; Fitriah, Maria & Agustini. (2019). “Improve-ment of Land Service Quality in Public Sector”. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 43(2): 33-42

Sayoto, B., & Winarto, H. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Fasilitas Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Mnctv Bagian Produksi. Jurnal Manajemen dan Bisnis Krisnadwipayana, 6(2), 1-14.

Setiabudi, D., & Anggraini, D. (2021). Strategi Pengembangan Kompetensi Pegawai di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). International Journal of Social and Public Administration, 1(1).

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabetha Wahyudi, D., Marantika, A., & Yusup, Y. (2022). Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan

Kerja, Dan Fasilitas Kantor Terhadap Kinerja Perangkat Desa Di Kecamatan Kampar. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 887-898




DOI: https://doi.org/10.61689/bisecer.v8i1.678

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.