ANALISIS KELAYAKAN BUKU AJAR SISWA KELAS VI SD YANG DITULIS NESTI RAHMAWATI TRISNANDA DAN DITERBITKAN CV HASAN PRATAMA BERDASARKAN KURIKULUM 2013
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan buku ajar siswa kelas VI SD Penulis Nesti Rahmawati Trisnanda Penerbit CV Hasan Pratama Berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan desain penelitian kualitatif. Metode penelitian tersebut dipilih untuk menjawab tujuan penelitian yaitu mendiskripsikan kelayakan buku ajar siswa kelas VI SD dengan penulis Nesti Rahmawati Trisnanda dan Penerbit CV Hasan Pratama. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pengamatan (observasi) yaitu dengancara melakukan analisis langsung terhadap buku ajar. Aspek kelayakan yang diamati meliputi: (1) kelayakan isi; (2) kelayakan bahasa; (3) kelayakan penyajian; dan (4) kelayakan kegrafikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buku Ajar Siswa Kelas VI SD Penulis Nesti Rahmawati Trisnanda dan Penerbit CV Hasan Pratama yang mengacu pada Kurikulum 2013 revisi 2017 layak untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas VI SD dengan skor 48 dari 64 skor maksimal. Adapun skor masing-masing aspek adalah: (1) kelayakan isi memperoleh skor 11; (2) kelayakan bahasa memperoleh skor 14; (3) kelayakan penyajian memperoleh 13; dan kelayakan kegrafikan memperoleh skor 10
Keywords
Analisis, Kelayakan Buku Ajar, Kurikulum 2013
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan: Medote dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Permendiknas. 2007. Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta
Permendiknas. 2008. tentang Buku. Jakarta.
Soegeng. 2015. Dasar-dasar Penelitian. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v6i2.91
Article Metrics
Abstract view : 211 timesPDF - 58 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.