PENANAMAN NILAI TOLERANSI SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH IBTIDAIYYAH
Abstract
Di Kurikulum 2013 pemerintah mencanangkan ada delapan belas nilai karakter yang harus dikuatkan pada peserta didik. Salah satunya adalah nilai toleransi. MI Ma’arif Mangunsari Salatiga tidak hanya memberi pengutan nilai toleransi beragama, toleransi budaya dan toleransi politik saja. Ada satu hal yang ikut serta ditekankan bahwa ada penanaman nilai toleransi bias gender. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah bahwa penanaman nilai toleransi tidak hanya sebatas toleransi yang marak digaungkan pada saat ini, melainkan toleransi bias gender yang diinternalisasikan melalui proses KBM, proses bermain, pembagian kelompok kerja, penempatan tempat duduk dan penjaga kantin sekolah. Model penanaman nilai karakter ini melalui beberapa model yaitu tunjukan teladan, model kontinuitas, model repetition, dan model organisaskan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, Leo. (2011). Character Education Integration in Social Studies. Historia : International Journal of History Education, Vol.XII No.2
Badan Pusat Statistik Kota Salatiga. (2019) Kecamatan Sidomukti dalam Angka 2019. Salatiga: Putra Karya.
Badan Pusat Statistik Kota Salatiga. (2019).Kecamatan Sidorejo dalam Angka 2019. Salatiga: Putra Karya.
Casram. 2016. Membangun Torensi Beragama dalam Masyarakat Plural, Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 1.2.
Dwi Laksana, Sigit. (2015). “URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DI SEKOLAHâ€. JURNAL MUADDIB Vol.05 No.01 Januari-Juni.
https://kompas.id/label/kenakalan-remaja. Diakses pada tanggal 22 mei 2019.
https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/151430/salatiga-kota-paling-toleran-kedua. Diakses pada tanggal 23 Mei 2019
Lickona, Thomas. (2012). Educating for Character Mendidikik untuk Membentuk Karakter Terjemah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Madjid, Abdul dan Andayani, Dian. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Rosda.
Maunah, Binti. (2015) â€Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa†Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun V Nomor 1 April.
Pusat Kurikulum Balitbang Kemendiknas
Samami, Muchlas dan Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bndung: PT. Remaja Rosdakarya.
Subiyanto, Jito. (2013). Peran Keluarga, Sekolah dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter yang Berkualitas, Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 8 No. 2.
Sugiarto, Eko . (2015) Menyusun Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis, Yogyakarta: Suaka Media.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinas., Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v6i2.86
Article Metrics
Abstract view : 412 timesPDF - 112 times
Refbacks
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.