Transformasi Digital SMK dengan E-Learning Moodle Plus: Inovasi Pembelajaran yang Mengintegrasikan Kolaborasi Orang Tua
Abstract
tantangan, terutama metode pembelajaran tradisional yang mendonasi dan keterlibatan orang tua yang belum
optimal. Tujuan peneltian ini untuk mengembangkan media pembelajaran e-learning berbasis moodle plus
yang terintegrasi dengan peran orang tua sebagai mitra pengawasan, serta menguji tingkat kevalidan,
kepraktisan, dan keefektifannya. Metode Research and Development (R&D) dengan model Plomp yang
terdiri atas tahap penelitian pendahuluan, pengembangan prototipe, dan penilaian digunakan untuk
menyelesaikan penelitian ini. Subjek uji coba adalah 31 siswa kelas X SMKN 2 Yogyakarta dengan desain
One-Group Pretest-Posttest. Kevalidan e-learning diuji menggunakan standar ISO 25010 pada aspek
functionality, usability, dan portability. Keefektifan diukur dengan membandingkan hasil pretest dan posttest
menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan e-learning berbasis moodle plus valid digunakan
dengan nilai korelasi product moment r = 1 untuk aspek functionality dan portability (sangat baik), serta r =
0,607 pada aspek usability (baik). Data analisis uji Wilcoxon menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05).
Nilai signifikansi ini menunjukkan peningkatan. hasil belajar psikomotor siswa setelah menggunakan e-
learning. Simpulan penelitian ini adalah e-learning Moodle Plus yang melibatkan orang tua sebagai mitra
pengawasan terbukti valid, praktis, dan efektif, sehingga layak diimplementasikan sebagai Learning
Management System di SMK.
Kata kunci: e-learning, moodle plus, ISO 25010, kolaboratif orang tua
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Astutik, R., & Harmanto. (2022). Upaya Sekolah dalam Membangun Literasi Digital Siswa Di SMK Negeri 1 Tuban. Kajian moral dan Kewarganegaraan, 13(1), 54–55. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/download/63585/51443
Banda, Y. M., & Ota, M. K. (2024). Parental Involvement in Online Learning and Student Learning Performance. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 230–237.https://doi.org/https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/JPM/article/view/4181
Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting and evaluating quantitative
and qualitative research. (C. Robb, Ed.) (4 ed.). Boston: Pearson.
Fajriana, I., & Rochmawati. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning, Efikasi Diri dan Literasi Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 12(1), 93–105. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/65929
Field, A. (2018). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics. London: SAGE Publications.
Hafidz, & Alfino, A. (2023). Pemanfaatan Microsoft Powerpoint dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 6 Surakarta. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6979–6986. Diambil dari https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1177
Hananiyah, A. (2024). Efektivitas Pemanfaatan Media Pembelajaran di SMK Tritech Informatika Medan. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 2(6), 127–156.https://doi.org/https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i6.629
International Standard. (2011). Systems and software engineering — Systems and software Quality Requirements and Evaluation (SQuaRE) — System and software quality models (Vol. 2011).
Switzerland: ISO/IEC. Diambil dari https://standards.iteh.ai/catalog/standards/sist/51129631-2caf-4c9e-b352-5028346adc93/iso-iec-25010-2011%0ACOPYRIGHT
Jannah, R., Musafikin, M., & Kustianah. (2025). Pengaruh Digitalisasi Pembelajaran terhadap Kemandirian Siswa SMK. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1637–1641. Diambil dari htps://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/6921
Lestari, I., Nafiah, M., & Putri, A. R. (2021). The Role of Parental Supervision in The Implementation of Online Learning. Jurnal Parameter, 33(2), 116–131.https://doi.org/doi.org/10.21009/parameter.332.02
Lilawati, A. (2021). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549–558.https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Madya, S., Bisri, H., Inesia, I., & Utami, S. (2024). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar dari Rumah Dimasa Pertemuan Tatap Muka Terbatas (PTMT) Pada Siswa Kelas 5 SD Di SDN Pajajaran Dan Mi Daarul Uluum. AL-Kaff: Jurnal Sosial Humaniora, 2(6), 573–584. Diambil dari
https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/15779/6370
Munir, R. S., & Yuliana, I. (2025). Implementasi Learning Management System Berbasis Moodle dengan Project Based Learning pada Mata Pelajaran TIK Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.
Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2542–2551. Diambil dari
https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/7212
Nieveen, N. (1999). Prototyping to reach product quality. In J. van den Akker, Robert Maribe, B.
Gustafson, N. Nieveen, & T. Plomp (Ed.), Design approaches and tools in education and training. Netherlands: ICO Cluwer Academic Publishers.
Nurfatma, S., & Sulistyaningrum, C. D. (2024). Pengaruh Literasi Digital dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MPLB SMK Negeri 6 Surakarta.Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(7), 424–433. Diambil darihttps://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/2183
Pabesak, R. R., Santoso, M. P., Larosa, R., & Blanca, A. I. (2023). Penerapan Metode Ceramahdan Tanya Jawab dalam Proses Pembelajaran Daring. Aletheia Christian Educators Journal,4(1), 4–9. https://doi.org/https://doi.org/10.9744/aletheia.4.1.1-8
Peng, D., & Yu, Z. (2022). A Literature Review of Digital Literacy over Two Decades. Hindawi:Educational Research International, 2022, 8. https://doi.org/https://doi.org/10.1155/2022/2533413
Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). An Introduction to educational design research (hal. 9–50). Enschede, Netherland: Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO). https://slo.iprox.nl/publish/pages/2904/educational-design-research-part-a.pdf
Rakhmetov, M., Kuanbayeva, B., Saltanova, G., Zhusupkalieva, G., & Abdykerimova, E. (2024).Improving The Training on Creating A Distance Learning Platform in Higher Education :Evaluating Their Results. Frontiers in Education, 1–9.
https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1372002
Rohmatillah, N., Musmulyadin, Maharaja, C. H., Sabri, & Ulwi, K. (2023). The Impact of Parental
Involvement in Online Learning on Student Academic Success. Journal of Computer ScienceAdvancements, 1(6), 327–343.https://doi.org/https://doi.org/10.70177/jsca.v1i6.926
Sugiyarto. (2021). Pengantar Biostatistika. Yogyakarta.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Suryadinata, A. M. I., Fatma, & Nindiawati. (2025). Metode Ceramah dalam Pendidikan Islam(Keuntungan dan Keterbatasannya). Jurnal Kolaboratif Sains, 8(6), 3458–3467.https://doi.org/https://doi.org/10.56338/jks.v8i6.7674
Syaifuddin, A., Maryah, A. P. R., & Mucherji, R. (2024). Peranan Digitalisasi Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 8–16.
https://doi.org/https://doi.org/10.51878/learning.v4i2.2810
Ulfah, N. N., Habibi, B., & Mulyono, T. (2025). Pengembangan Mobile Learning (M-Learning) Berbasis Moodle Sebagai Alternatif Media Pembelajaran di Tingkat SMK. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 798–809.https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/24824
Warju, Ariyanto, S. R., Umaroh, S. T., Pratama, M. Y., & Nugraha, A. S. (2024). Mengoptimalkan Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomatif, 6(2), 85–98. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpvo.v6i2.73122
DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v13i2.797
DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.61689/waspada.v13i2.797.g611
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.