Transformasi Digital SMK dengan E-Learning Moodle Plus: Inovasi Pembelajaran yang Mengintegrasikan Kolaborasi Orang Tua

Muhammad Imron Romadhon, Nur Qomariyah, Krisna Raditya Pratama, Nisa Dwi Septiyanti

Abstract


Transformasi digital pada tingkatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki banyak
tantangan, terutama metode pembelajaran tradisional yang mendonasi dan keterlibatan orang tua yang belum
optimal. Tujuan peneltian ini untuk mengembangkan media pembelajaran e-learning berbasis moodle plus
yang terintegrasi dengan peran orang tua sebagai mitra pengawasan, serta menguji tingkat kevalidan,
kepraktisan, dan keefektifannya. Metode Research and Development (R&D) dengan model Plomp yang
terdiri atas tahap penelitian pendahuluan, pengembangan prototipe, dan penilaian digunakan untuk
menyelesaikan penelitian ini. Subjek uji coba adalah 31 siswa kelas X SMKN 2 Yogyakarta dengan desain
One-Group Pretest-Posttest. Kevalidan e-learning diuji menggunakan standar ISO 25010 pada aspek
functionality, usability, dan portability. Keefektifan diukur dengan membandingkan hasil pretest dan posttest
menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan e-learning berbasis moodle plus valid digunakan
dengan nilai korelasi product moment r = 1 untuk aspek functionality dan portability (sangat baik), serta r =
0,607 pada aspek usability (baik). Data analisis uji Wilcoxon menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05).
Nilai signifikansi ini menunjukkan peningkatan. hasil belajar psikomotor siswa setelah menggunakan e-
learning. Simpulan penelitian ini adalah e-learning Moodle Plus yang melibatkan orang tua sebagai mitra
pengawasan terbukti valid, praktis, dan efektif, sehingga layak diimplementasikan sebagai Learning
Management System di SMK.
Kata kunci: e-learning, moodle plus, ISO 25010, kolaboratif orang tua

References


Astutik, R., & Harmanto. (2022). Upaya Sekolah dalam Membangun Literasi Digital Siswa Di SMK Negeri 1 Tuban. Kajian moral dan Kewarganegaraan, 13(1), 54–55. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/download/63585/51443

Banda, Y. M., & Ota, M. K. (2024). Parental Involvement in Online Learning and Student Learning Performance. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 230–237.https://doi.org/https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/JPM/article/view/4181

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting and evaluating quantitative

and qualitative research. (C. Robb, Ed.) (4 ed.). Boston: Pearson.

Fajriana, I., & Rochmawati. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning, Efikasi Diri dan Literasi Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 12(1), 93–105. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/65929

Field, A. (2018). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics. London: SAGE Publications.

Hafidz, & Alfino, A. (2023). Pemanfaatan Microsoft Powerpoint dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 6 Surakarta. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6979–6986. Diambil dari https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1177

Hananiyah, A. (2024). Efektivitas Pemanfaatan Media Pembelajaran di SMK Tritech Informatika Medan. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 2(6), 127–156.https://doi.org/https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i6.629

International Standard. (2011). Systems and software engineering — Systems and software Quality Requirements and Evaluation (SQuaRE) — System and software quality models (Vol. 2011).

Switzerland: ISO/IEC. Diambil dari https://standards.iteh.ai/catalog/standards/sist/51129631-2caf-4c9e-b352-5028346adc93/iso-iec-25010-2011%0ACOPYRIGHT

Jannah, R., Musafikin, M., & Kustianah. (2025). Pengaruh Digitalisasi Pembelajaran terhadap Kemandirian Siswa SMK. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1637–1641. Diambil dari htps://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/6921

Lestari, I., Nafiah, M., & Putri, A. R. (2021). The Role of Parental Supervision in The Implementation of Online Learning. Jurnal Parameter, 33(2), 116–131.https://doi.org/doi.org/10.21009/parameter.332.02

Lilawati, A. (2021). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549–558.https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Madya, S., Bisri, H., Inesia, I., & Utami, S. (2024). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar dari Rumah Dimasa Pertemuan Tatap Muka Terbatas (PTMT) Pada Siswa Kelas 5 SD Di SDN Pajajaran Dan Mi Daarul Uluum. AL-Kaff: Jurnal Sosial Humaniora, 2(6), 573–584. Diambil dari

https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/15779/6370

Munir, R. S., & Yuliana, I. (2025). Implementasi Learning Management System Berbasis Moodle dengan Project Based Learning pada Mata Pelajaran TIK Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.

Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2542–2551. Diambil dari

https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/7212

Nieveen, N. (1999). Prototyping to reach product quality. In J. van den Akker, Robert Maribe, B.

Gustafson, N. Nieveen, & T. Plomp (Ed.), Design approaches and tools in education and training. Netherlands: ICO Cluwer Academic Publishers.

Nurfatma, S., & Sulistyaningrum, C. D. (2024). Pengaruh Literasi Digital dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MPLB SMK Negeri 6 Surakarta.Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(7), 424–433. Diambil darihttps://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/2183

Pabesak, R. R., Santoso, M. P., Larosa, R., & Blanca, A. I. (2023). Penerapan Metode Ceramahdan Tanya Jawab dalam Proses Pembelajaran Daring. Aletheia Christian Educators Journal,4(1), 4–9. https://doi.org/https://doi.org/10.9744/aletheia.4.1.1-8

Peng, D., & Yu, Z. (2022). A Literature Review of Digital Literacy over Two Decades. Hindawi:Educational Research International, 2022, 8. https://doi.org/https://doi.org/10.1155/2022/2533413

Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). An Introduction to educational design research (hal. 9–50). Enschede, Netherland: Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO). https://slo.iprox.nl/publish/pages/2904/educational-design-research-part-a.pdf

Rakhmetov, M., Kuanbayeva, B., Saltanova, G., Zhusupkalieva, G., & Abdykerimova, E. (2024).Improving The Training on Creating A Distance Learning Platform in Higher Education :Evaluating Their Results. Frontiers in Education, 1–9.

https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1372002

Rohmatillah, N., Musmulyadin, Maharaja, C. H., Sabri, & Ulwi, K. (2023). The Impact of Parental

Involvement in Online Learning on Student Academic Success. Journal of Computer ScienceAdvancements, 1(6), 327–343.https://doi.org/https://doi.org/10.70177/jsca.v1i6.926

Sugiyarto. (2021). Pengantar Biostatistika. Yogyakarta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Suryadinata, A. M. I., Fatma, & Nindiawati. (2025). Metode Ceramah dalam Pendidikan Islam(Keuntungan dan Keterbatasannya). Jurnal Kolaboratif Sains, 8(6), 3458–3467.https://doi.org/https://doi.org/10.56338/jks.v8i6.7674

Syaifuddin, A., Maryah, A. P. R., & Mucherji, R. (2024). Peranan Digitalisasi Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 8–16.

https://doi.org/https://doi.org/10.51878/learning.v4i2.2810

Ulfah, N. N., Habibi, B., & Mulyono, T. (2025). Pengembangan Mobile Learning (M-Learning) Berbasis Moodle Sebagai Alternatif Media Pembelajaran di Tingkat SMK. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 798–809.https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/24824

Warju, Ariyanto, S. R., Umaroh, S. T., Pratama, M. Y., & Nugraha, A. S. (2024). Mengoptimalkan Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomatif, 6(2), 85–98. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpvo.v6i2.73122




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v13i2.797

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.61689/waspada.v13i2.797.g611

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.