Analisis Kesulitan Belajar pada Siswa Kelas IV dalam Menentukan Ide Pokok Bacaan Naratif Teks di Mi Ma’arif Beji

Fath Yusuf Iskhaqy, Atrianing Yessy Wijayanti, Yogi Ageng Sri Legowo

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar
dalam menentukan ide pokok bacaan naratif teks. Fokus penelitiannya yaitu menganalisis faktor kesulitan
belajar siswa kelas IV dalam menentukan ide pokok bacaan naratif teks di MI Ma’arif Beji. Tujuan
penelitian ini untuk mendeskripsikan faktor kesulitan belajar siswa kelas IV dalam menentukan ide pokok
bacaan naratif teks.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini
yaitu Guru kelas IV dan siswa kelas IV MI Ma’arif Beji yang berjumlah 11 siswa. Teknik penelitian yang
digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian tersebut dianalisis
menggunakan pendekatan analisis deskriptif dengan menggunakan metode Triangulasi teknik. Penelitian
ini dilaksanakan pada tanggal 15 November 2023.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan
belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal (kurang minat membaca, kurangnya
motivasi, perbedaan kemampuan membaca, latar belakang pengetahuan, dan faktor eksternal (kondisi ruang
kelas, rasa bosan, dan gangguan dari teman).
Kata kunci: Kesulitan belajar siswa, Ide Pokok Bacaan Naratif Teks

Full Text:

PDF

References


Astuti, J. D., Guru, P., & Dasar, S. (2022). Juwita Dewi Astuti. April, 1285–1291.

Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. Jurnal Dimensi

Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1. https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636

Fauzi, M. R. (2020). Analisis kemampuan membaca pemahman siswa sekolah dasar kelas

tinggi dengan menentukan ide pokok paragraf melalui metode concentrated

language encounter. Journal Of Elementary Education, 3(4), 147–161.

https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/4851

Fitri, I. R., & Wahyuni, R. K. (2018). Analisis Penggunaan Tanda Baca pada Teks Narasi

Siswa Kelas VII SMPN 2 Kapur IX. Deiksis, 10(03), 274.

https://doi.org/10.30998/deiksis.v10i03.2500

Kebudayaan, K. P. dan. (2018). Teks Narasi Dan Literasi Buku Fiksi-Non Fiksi. 59.

Maura, D. S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menemukan Ide

Pokok Teks Non Fiksi Deskripsi Kelas IV SDN Bratan 1 Surakarta.

https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/89605/Analisis-Kemampuan-Berpikir-

Kritis-Peserta-Didik-dalam-Menemukan-Ide-Pokok-Teks-Non-Fiksi-Deskripsi-

Kelas-IV-SDN-Bratan-1-

Oktafiani, E. N., & Irawan, D. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Kelas V dalam

Menentukan Ide Pokok Paragraf. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(01), 8–14.

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i01.472

Ridwan; Bangsawan, I. (2021). Konsep Metodologi Penelitian Bagi Pemula.

Rusmilawati. (2020). Narasi Literasi Modul Tema 16. 10.

https://emodul.kemdikbud.go.id/B-BId-16/B-BId-16.pdf

Surakarta%0Ahttps://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/89605/NTA5ODUy/Analisis-

Kemampu

Syahputra, E., Hamidiyah, M., & Fahria Nasution, N. (2022). Penerapan dan

Pengembangan Paragraf Bahasa Indonesia dalam Pendidikan Pembelajaran

Mahasiswa. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 265–268.

Sari, M. P., & Mardiana, D. (n.d.). Analisis Kesulitan Belajar Menentukan Ide Pokok Teks

Bacaan Pada Siswa Kelas IV di SDN-1 Napu Sahur.

Umar Sidiq & Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang

Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v12i2.603

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.