Analisis Kesulitan Belajar pada Siswa Kelas IV dalam Menentukan Ide Pokok Bacaan Naratif Teks di Mi Ma’arif Beji
Abstract
dalam menentukan ide pokok bacaan naratif teks. Fokus penelitiannya yaitu menganalisis faktor kesulitan
belajar siswa kelas IV dalam menentukan ide pokok bacaan naratif teks di MI Ma’arif Beji. Tujuan
penelitian ini untuk mendeskripsikan faktor kesulitan belajar siswa kelas IV dalam menentukan ide pokok
bacaan naratif teks.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini
yaitu Guru kelas IV dan siswa kelas IV MI Ma’arif Beji yang berjumlah 11 siswa. Teknik penelitian yang
digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian tersebut dianalisis
menggunakan pendekatan analisis deskriptif dengan menggunakan metode Triangulasi teknik. Penelitian
ini dilaksanakan pada tanggal 15 November 2023.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan
belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal (kurang minat membaca, kurangnya
motivasi, perbedaan kemampuan membaca, latar belakang pengetahuan, dan faktor eksternal (kondisi ruang
kelas, rasa bosan, dan gangguan dari teman).
Kata kunci: Kesulitan belajar siswa, Ide Pokok Bacaan Naratif Teks
Full Text:
PDFReferences
Astuti, J. D., Guru, P., & Dasar, S. (2022). Juwita Dewi Astuti. April, 1285–1291.
Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. Jurnal Dimensi
Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1. https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636
Fauzi, M. R. (2020). Analisis kemampuan membaca pemahman siswa sekolah dasar kelas
tinggi dengan menentukan ide pokok paragraf melalui metode concentrated
language encounter. Journal Of Elementary Education, 3(4), 147–161.
https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/4851
Fitri, I. R., & Wahyuni, R. K. (2018). Analisis Penggunaan Tanda Baca pada Teks Narasi
Siswa Kelas VII SMPN 2 Kapur IX. Deiksis, 10(03), 274.
https://doi.org/10.30998/deiksis.v10i03.2500
Kebudayaan, K. P. dan. (2018). Teks Narasi Dan Literasi Buku Fiksi-Non Fiksi. 59.
Maura, D. S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menemukan Ide
Pokok Teks Non Fiksi Deskripsi Kelas IV SDN Bratan 1 Surakarta.
https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/89605/Analisis-Kemampuan-Berpikir-
Kritis-Peserta-Didik-dalam-Menemukan-Ide-Pokok-Teks-Non-Fiksi-Deskripsi-
Kelas-IV-SDN-Bratan-1-
Oktafiani, E. N., & Irawan, D. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Kelas V dalam
Menentukan Ide Pokok Paragraf. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(01), 8–14.
https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i01.472
Ridwan; Bangsawan, I. (2021). Konsep Metodologi Penelitian Bagi Pemula.
Rusmilawati. (2020). Narasi Literasi Modul Tema 16. 10.
https://emodul.kemdikbud.go.id/B-BId-16/B-BId-16.pdf
Surakarta%0Ahttps://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/89605/NTA5ODUy/Analisis-
Kemampu
Syahputra, E., Hamidiyah, M., & Fahria Nasution, N. (2022). Penerapan dan
Pengembangan Paragraf Bahasa Indonesia dalam Pendidikan Pembelajaran
Mahasiswa. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 265–268.
Sari, M. P., & Mardiana, D. (n.d.). Analisis Kesulitan Belajar Menentukan Ide Pokok Teks
Bacaan Pada Siswa Kelas IV di SDN-1 Napu Sahur.
Umar Sidiq & Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang
Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v12i2.603
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.