Peran Guru dalam Mengatasi Bullying pada Siswa di SDN Beji 02 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang

Eni Safitri, Sutomo fkip, Nimas Puspitasari

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru dalam mengatasi
perilaku bullying di SDN Beji 02 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif. Uji kredibilitas pada penelitian ini menggunakan triangulasi. Pada
triangulasi pengecekan data dari berbagai sumber dengan berbagai cara, dan berbagai waktu. Triangulasi
yang digunakan oleh peneliti yaitu triangulasi sumber. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Sumber penelitian dari hasil wawancara kepada Kepala
Sekolah, Guru, dan Siswa SDN Beji 02. Berdasarkan hasil penelitian diketahui adanya bullying verbal dan
bullying fisik di SDN beji 02. Untuk mengatasinya ada tiga peran yang dilakukan oleh guru, yang pertama
guru sebagai penasihat, dalam perannya sebagai penasihat guru selalu memberikan nasihat-nasihat kepada
siswa salah satu nasihat yang di berikan adalah pemahaman tentang bullying. Peran yang kedua adalah
sebagai teladan, dalam perannya sebagai teladan dalam mengatasi bullying guru memberikan contoh kepada
siswa untuk memiliki sikap saling menghargai, hal tersebut dapat mencegah siswa dari perilaku bullying
dan peran guru yang terakhir adalah sebagai fasilitator, dalam mengatasi bullying guru sebagai fasilitator
memberikan pengawasan kepada siswa secara langsung dan melalui cctv untuk memantau siswa secara
tidak langsung. Pengawasan dapat mencegah masalah terjadinya bullying.
Kata kunci: peran guru, bullying

Full Text:

PDF

References


Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi:

jurnal pendidikan dasar, 1(1),39.

Emilda, E. (2022). Bullying di Pesantren: Jenis, Bentuk, Faktor, dan Upaya

Pencegahannya. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 198–207.

Hakim. (2019). Hubungan Keteladanna Guru Dengan Adab Siswa Tingkat Sekolah Dasar

(SDN, SDIT, MI, HOMESCHOLING GROUP) Di Bogor Universitas Ibn Khaldun

Bogor Journal educate

Hazmi. (2019). Tugas Guru Dalam Proses Pembelajaran. JOEAI (Journal of Education and

Instruction). STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh.

Junindra, A., Fitri, H., Murni, I., Ilmu Pendidikan, F., & Negeri Padang, U. (2022). Peran

Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Minsih M, Aninda GD. 2018. Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Profesi Pendidik

Dasar. 5(1):20–27.

Muntasiroh, L. (2019). Jenis-Jenis Bullying dan Penanganannya di SD N Mangonharjo.

Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Jurnal Sinektik,

Vol 2 No1, Edisi Juni 2019. ISSN 2620-746X.jurnalsinektik,2(1),106–116.

Nurussama. Alfiana. 2019. Peran Guru Kelas dalam Menangani Perilaku Bullying pada

Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakrta.

Selasih, N. N. (2019). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik di Era

Globalisasi. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 4(2), 13-22.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:

Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v12i2.602

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.