Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MI Hidayatul Athfal Gedanganak Kabupaten Semarang
Abstract
pembelajaran dimana hal tersebut tidak terlepas dari strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran.
Fokus penelitian ini adalah strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan secara rinci tentang strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa kelas IV MI Hidayatul Athfal Gedanganak Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil
penelitian ditemukan dari 10 strategi guru terdapat 8 strategi guru yang dijalankan dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa kelas IV MI Hidayatul Athfal Gedanganak Kabupaten Semarang yaitu kemampuan
melaksanakan metode pembelajaran, memilih teknik belajar, memilih pola kegiatan belajar mengajar,
memilih pendekatan pembelajaran yang tepat, membuat jadwal kegiatan dalam prosedur pembelajaran, dan
mengembangkan profesionalisme mengajar guru.
Kata kunci: Strategi guru, Motivasi Belajar
Full Text:
PDFReferences
Afan di, Muhamad, Chamalah, Evi, & Wardani, Oktarina Puspita. (2013). Model dan
Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press
Afifuddin. ( 2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia. Agung
Iskandar.
Ahwan Fanani. (2014). Mengurai Kerancuan Istilah Strategi dan Metode Pembelajaran,
Jurnal pendidikan Islam/Vol 8 /no. 2 /Oktober 2014 Akrom, Moh. (2023)
Optimalisasi Pembelajaran PAI Dengan Media Pembelajaran Microsoft
Team Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Negeri 3 Pati Tahun Pelajaran 2020-
Diss. IAIN KUDUS, 2022.
Ana Lisdiana. (2012). Prinsip Pengembangan Atensi pada Anak Lamban Belajar.
Angela, I. N. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam
Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Minat
Belajar Di Kelas VII SMP Negeri 1 Sengah Temila (Doctoral dissertation, IKIP
PGRI Pontianak).
Anitah, S. (2007). Strategi pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka, 1- 12.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dewi, R. P. (2017). Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Inklusi Kelas IV SD Negeri
Jolosutro, Piyungan, Bantul. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi
Pendidikan, 6(1), 99-114.
Gandevyanti, D. (2017). Kinerja Organisasi Dalam Pelayanan Publik di Kantor Kepala
Desa Bojongmengger Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Dinamika:
Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 4(1), 56-71.
Ghullam Hamdu, Lisa Agustina. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap pestasi
belajar ipa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan/Vol. 12 /No. 1/April
Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi dan
Fungsi Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication,
(3), 198-203.
Huda, Mualimul. (2017). Kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar siswa.
Jurnal penelitian 11.2 (2017): 237-266.
Ibrahim, Abdul Malik, Laelia Nurpratiwiningsih, and Diah Sunarsih. (2020) "Pengaruh
Motivasi terhadap Hasil Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa dalam
Muatan PKN." Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) 1.1: 47-55.
Lexy, J. Moleong. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya Makki & Aflahah (Hae, Tantu, & Widiastuti, 2021)
Mardhaiah, Ainul, and Maera Julike.(2023) “Strategi Guru Kelas Dalam Pengembangan
Bakat Minat Siswa di MIN 2 Ujung Baro Belang Keseren Gayo Lues”.
Intelektualita 11.02.
Maula, N. H., Amelia, S. A., & Ismawati, A. (2020). Penanganan Kasus Lambat Belajar
pada Siswa Kelas 1 SDN PB Kelapa Dua Tangerang. BINTANG, 2(1), 49-57.
Mufarokah, Anisatul. (2020) “Strategi belajar mengajar.” Purwanto, Eko Sigit. (2021)
“Strategi Pembelajaran”.
Puspitasari, Y., Rais, R., & Kiswoyo, K. (2019). Studi Kasus Tentang Metode Tutor
Sebaya Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 177-183.
Sanjaya, W, Darmawan, D., & Supriade, D. (2016). Pengembangan Perangkat Kurikulum
dan Rancangan Pembelajaran Pedagogia, 12 (2), 126-135.
Sappe, I., Ernawati, E., & Irmawanty, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar terhadap
Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V sdn 231 Inpres Kapunrengan Kecamatan
Mangarabombang Kabupaten takalar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan
Dasar),3(2), 530-539.
Shohibah, S. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v12i2.601
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.