Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MI Hidayatul Athfal Gedanganak Kabupaten Semarang

Ega Febrian Kurnia, Nimas Puspitasari, Puji Winarti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi guru dan motivasi belajar siswa dalam proses
pembelajaran dimana hal tersebut tidak terlepas dari strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran.
Fokus penelitian ini adalah strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan secara rinci tentang strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa kelas IV MI Hidayatul Athfal Gedanganak Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil
penelitian ditemukan dari 10 strategi guru terdapat 8 strategi guru yang dijalankan dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa kelas IV MI Hidayatul Athfal Gedanganak Kabupaten Semarang yaitu kemampuan
melaksanakan metode pembelajaran, memilih teknik belajar, memilih pola kegiatan belajar mengajar,
memilih pendekatan pembelajaran yang tepat, membuat jadwal kegiatan dalam prosedur pembelajaran, dan
mengembangkan profesionalisme mengajar guru.
Kata kunci: Strategi guru, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Afan di, Muhamad, Chamalah, Evi, & Wardani, Oktarina Puspita. (2013). Model dan

Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press

Afifuddin. ( 2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia. Agung

Iskandar.

Ahwan Fanani. (2014). Mengurai Kerancuan Istilah Strategi dan Metode Pembelajaran,

Jurnal pendidikan Islam/Vol 8 /no. 2 /Oktober 2014 Akrom, Moh. (2023)

Optimalisasi Pembelajaran PAI Dengan Media Pembelajaran Microsoft

Team Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Negeri 3 Pati Tahun Pelajaran 2020-

Diss. IAIN KUDUS, 2022.

Ana Lisdiana. (2012). Prinsip Pengembangan Atensi pada Anak Lamban Belajar.

Angela, I. N. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam

Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Minat

Belajar Di Kelas VII SMP Negeri 1 Sengah Temila (Doctoral dissertation, IKIP

PGRI Pontianak).

Anitah, S. (2007). Strategi pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka, 1- 12.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewi, R. P. (2017). Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Inklusi Kelas IV SD Negeri

Jolosutro, Piyungan, Bantul. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi

Pendidikan, 6(1), 99-114.

Gandevyanti, D. (2017). Kinerja Organisasi Dalam Pelayanan Publik di Kantor Kepala

Desa Bojongmengger Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Dinamika:

Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 4(1), 56-71.

Ghullam Hamdu, Lisa Agustina. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap pestasi

belajar ipa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan/Vol. 12 /No. 1/April

Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi dan

Fungsi Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication,

(3), 198-203.

Huda, Mualimul. (2017). Kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar siswa.

Jurnal penelitian 11.2 (2017): 237-266.

Ibrahim, Abdul Malik, Laelia Nurpratiwiningsih, and Diah Sunarsih. (2020) "Pengaruh

Motivasi terhadap Hasil Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa dalam

Muatan PKN." Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) 1.1: 47-55.

Lexy, J. Moleong. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya Makki & Aflahah (Hae, Tantu, & Widiastuti, 2021)

Mardhaiah, Ainul, and Maera Julike.(2023) “Strategi Guru Kelas Dalam Pengembangan

Bakat Minat Siswa di MIN 2 Ujung Baro Belang Keseren Gayo Lues”.

Intelektualita 11.02.

Maula, N. H., Amelia, S. A., & Ismawati, A. (2020). Penanganan Kasus Lambat Belajar

pada Siswa Kelas 1 SDN PB Kelapa Dua Tangerang. BINTANG, 2(1), 49-57.

Mufarokah, Anisatul. (2020) “Strategi belajar mengajar.” Purwanto, Eko Sigit. (2021)

“Strategi Pembelajaran”.

Puspitasari, Y., Rais, R., & Kiswoyo, K. (2019). Studi Kasus Tentang Metode Tutor

Sebaya Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 177-183.

Sanjaya, W, Darmawan, D., & Supriade, D. (2016). Pengembangan Perangkat Kurikulum

dan Rancangan Pembelajaran Pedagogia, 12 (2), 126-135.

Sappe, I., Ernawati, E., & Irmawanty, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar terhadap

Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V sdn 231 Inpres Kapunrengan Kecamatan

Mangarabombang Kabupaten takalar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan

Dasar),3(2), 530-539.

Shohibah, S. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v12i2.601

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.