Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran PKn pada Era Pandemi Covid-19

Abdul Karim

Abstract


Pandemi Covid-19 berdampak dalam segala aspek kehidupan. Setiap negara berusaha mencari jalan keluar untuk menyelesaikan segala permasalahan yang terjadi. Berbagai kebijakan diterapkan untuk menyelamatkan kehidupan masyarakat, meliputi: Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), PPKM Mikro, dan PPKM Darurat. Sebagian masyarakat masih ada yang tidak mau menaati kebijakan tersebut dengan alasan tertentu, oleh sebab itu dibutuhkan pendidikan karakter melalui pembelajaran PKn yang diharapkan mampu mengubah persepsi masyarakat sehingga tumbuh kesadaran berpartisipasi dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tujuan penulisan ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pendidikan karakter di Era Pandemi melalui pembelajaran PKn. Penulisan menggunakan metode studi literatur. Hasil menunjukkan bahwa pendidikan karakter melalui pembelajaran PKn secara daring atau luring merupakan suatu hal yang sangat penting untuk menyelamatkan karakter bangsa Indonesia dalam menghadapi masa Pandemi Covid-19.
Kata Kunci: pendidikan karakter, pembelajaran PKn, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Adha, M. M. (2019). Advantegous of volunteerism values for Indonesian community and neighbourhoods. International Journal of Community Service Learning, 3(2), 83-100.

Adha, M. M. (2020). Pemahaman dan implementasi nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari. Media Komunikasi FIS, 11(3), 216-224.

Adha, M. M., Budimansyah, D., Sapriya., & Sundawa, D. (2019). Emerging volunteerism for Indonesia millennial generation: volunteer participation and responsibility. Journal of Human Behavior in the Social Environment, 29(4), 467- 483.

Adha, M. M., Budimansyah, D., Sapriya., & Sundawa, D. (2017). Volunteerism through Festival for Civic Virtue. Proceeding 2nd International Conference on Sociology Education, 5 Oktober 2017, Bandung, Indonesia.

Adha, M. M., & Nurmalisa, Y. (2016). Peran lembaga sosial terhadap pembinaan moral remaja di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(1): 64-71.

Adha, M. M., & Susanto, E. (2020). Kekuatan nilai-nilai Pancasila dalam membangun kepribadian masyarakat Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 15(01), 121-138.

Adha, M. M., Ulpa, E. P., Johnstone, J. M., & Cook, B. L. (2019). Pendidikan moral pada aktivitas kesukarelaan warga negara muda. Journal of Moral and Civic Education, 3(1), 28-37.

Akin, T., Dunne, G., Palomares, S., & Schilling, D. (1995). Character education in America School. Califrornia: Innerchoice Publishing.

Albitar, S.S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1).

Ali, S., & Afreni, H. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(02).

Ardhana, J. M. (2020). Menjadi warga negara yang baik pada masa pandemic covid-19: persprektif kenormalan baru. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2).

Baroroh, I. (2020). Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan media daring pada masa pandemi covid-19. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, 1(3).

Darmadi, H. (2010). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Handayani, D. (2020). Penyakit virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2), 120.

He, W., Xu, G., & Kruck, S. (2014). Online is education for the 21st Century. Journal of Information Systems Education.

Heri, Gunawan. (2012). Pendidikan karakter konsep dan implementasi. Bandung: Alfabeta.

Juaningsih, I. N. (2020). Penerapan sanksi pidana bagi penimbun masker di Indonesia selama masa pandemi Covid-19. ’ADALAH, 4(1), 75-80.

Lickona, T. (1992). Educating for character, how our school can teach respect. New York: Bantam Books.

Muhyiddin. (2020). Covid-19, new normal dan perencanaan pembangunan di Indonesia. The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2).

Mulyasa, E. (2013). Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Pradana, A. A., Casman., & Nur'aini. (2020). Pengaruh kebijakan social distancing pada wabah covid-19 terhadap kelompok rentan di Indonesia. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 9(2), 61-67.

Putri, R. K., Sari, R. I., Wahyuningsih, R., & Meikhati, E. (2020). Efek pandemic covid 19: dampak lonjakan angka PHK terhadap penurunan perekonomian di Indonesia. Jurnal Bismak and Responsibility, 1(1).

Santika, I. G. N., Kartika, I. M., & Wahyuni, N. W. R. (2019). Pendidikan karakter: studi kasus peranan keluarga terhadap pembentukan karakter anak Ibu Sunah di Tanjung Benoa. Widya Accarya, 10(1).

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. IVCEJ, 3(1).

Sobri, M., Nursaptini, Widodo, A., Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61-71.

Suradi. (2017). Pembentukan karakter siswa melalui penerapan disiplin tata tertib sekolah. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 2(4), 407.

Syaifullah. (2008). Ilmu kewarganegaraan (Civic). Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan.

Terry, L. & Ron, T. (2007). Values education and quality theaching: The Double Helix Effect. Publising: Australia.

TribunStyle.com. (2020). Capai 40 juta kasus Covid-19, simak update virus Corona dunia hari ini Senin 19 Oktober 2020. Diakses dari https://newsmaker.tribunnews.com/2020/10/19/capai-40-juta-kasus-covid- 19-simak-update-virus-corona-dunia-hari-ini-senin-19-oktober-2020.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1984 Tentang Wabah Penyakit Menular.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana.

Winataputra, & Budimansyah. (2012). Civic education: konteks, landasan, bahan ajar, dan kultur kelas. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan SPS UPI Bandung.

Zed, M. (2004). Metode penelitian kepustakaan dan metode penelitian kepustakaan library. Jakarta: Yayasan Obor Nasional.

Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: konsep dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zuchdi., Darmiyati., Prasetya, Z. K., & Masruri, M. S. (2010). Pengembangan model pendidikan karakter terintegrasi dalam pembelajaran bidang studi di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1-12.




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v9i02.280

Article Metrics

Abstract view : 539 times
PDF - 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.