Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa menggunakan Modelling the Way dengan Media Flashcard untuk Siswa

Sutris Purwanto

Abstract


Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran Modelling the Way dengan media Flashcard. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa siswa kelas IXF SMP Negeri 5 Ungaran. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IXF SMP Negeri 5 Ungaran. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Teknik non tes terdiri dari observasi, wawancara, studi lapangan dan catatan lapangan sedangan teknik tes dengan menulis aksara jawa dengan media flashcard. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskripstif kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas siswa pra siklus mendapatkan skor 13,4 kategori cukup, pada siklus I skor 15 kategori baik, dan siklus II meningkat dengan skor 18 kategori baik. Keterampilan menulis aksara Jawa siswa pra siklus mendapatkan skor 7,81 kategori cukup, pada siklus I skor 9,08 kategori cukup, dan siklus II meningkat dengan skor 11,54 kategori baik. Ketuntasan belajar klasikal siswa pra siklus 61,1% pada siklus I menjadi 72,2%, dan meningkat pada siklus II menjadi 83,3% sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Modelling the Way dengan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan aktivitas dan keterampilan menulis aksara Jawa untuk siswa kelas IXF SMP Negeri 5 Ungaran.
Kata Kunci: keterampilan menulis, aksara Jawa, modelling the way, flashcard

Full Text:

PDF

References


Doyin, Wagiran. (2009). Bahasa Indonesia: Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Unnes: Press.

Ekowati, V. I. (2004). Perubahan sistem pembelajaran aksara Jawa. Online: http://www.google.com. Diakses pada tanggal 10 januari 2013.

Indriana, D. (2011). Ragam alat bantu media pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Nurudin. (2010). Dasar-dasar penulisan. Malang: UMM Press.

Rifa’i, A., & Catharina, T. A. (2009). Psikologi pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Sardiman. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukiman. (2012). Pengembangan media pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Suprijono, A. (2009). Cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Zaini, H., & Bermawy, M. (2008). Strategi pembelajaran aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v9i02.279

Article Metrics

Abstract view : 227 times
PDF - 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.