Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Seni Tari melalui Media Video bagi Siswa Kelas VIII B

Giyarni Giyarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar seni tari melalui media video bagi siswa kelas VIII-B SMP Negeri 5 Ungaran. Subjek penelitian yaitu kelas VIII-B SMP Negeri 5 Ungaran yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini menerapkan media video dalam pembelajaran seni tari dan dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, implementasi tindakan, observasi, serta refleksi dan evaluasi. Data diperoleh melalui catatan lapangan, observasi, tes penampilan, angket, serta wawancara siswa. Teknik analisis data yang dilakukan tentang aktivitas siswa dalam proses pembelajaran seni tari dan hasil penerapan tindakan yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pada kualitas hasil dapat dilihat dari peningkatan skor dan nilai rata-rata pada saat sebelum pelaksanaan dan sesudah pelaksanaan tindakan. Nilai rata-rata sebelum tindakan sebesar 44,12. Pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 63,82, dan pada siklus II meningkat menjadi 83,55. Kenaikan nilai rata-rata mulai dari pratindakan hingga siklus II mengalami peningkatan sebesar 39,43 dan telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan media video Tari Cantrik dinilai berhasil meningkatkan motivasi dan hasil belajar seni tari siswa kelas VIII-B SMP Negeri 5 Ungaran.

Kata kunci: peningkatan, motivasi, hasil belajar seni tari, media video


Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2010). Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hamzah. (2011). Teori motivasi dan pengukurannya: analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

John W. S. (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Kuswarsantyo, dkk. (2012). Greged joged Jogja. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Prasetya, A. (2012). Peningkatan keterampilan menulis naskah drama satu babak dengan

media gambar seri pada siswa kelas IX-E SMP Negeri 2 Gamping, Sleman. Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNY.

Purwanto, N. (2012). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Puspitosari, S. Y. (2008). Peningkatan kreativitas siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngronggot, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur dalam pembelajaran Seni Tari melalui Pendekatan Apresiatif. Skripsi Pendidikan Seni Tari FBS UNY.

Sanjaya, Wina. (2011). Strategi pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Siswoyo, D. (2007). Ilmu pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sudjana, N. (1989). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Susanto, A. (2013). Teori belajar & pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia.

Syamsudin, M. A. (2004). Psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v9i02.274

Article Metrics

Abstract view : 87 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.