PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA PRAKTIK PENNGALAMAN LAPANGAN (PPL) PRODI PGSD FKIP UNDARIS DI SEKOLAH DASAR DI WILAYAH KECAMATAN UNGARAN BARAT DAN TIMUR TAHUN AKADEMIK 2018/2019
Abstract
Guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan proses pembelajaran yang berkualitas. Oleh karena itu berhasil tidaknya pendidikan mencapai tujuan selalu dihubungkan dengan kiprah para guru. Prodi PGSD FKIP UNDARIS sebagai salah satu lembaga pendidikan yang membuka program studi kependidikan sangat berperan penting dalam mencetak guru yang berkompeten. Salah satu cara yang digunakan Prodi PGSD FKIP UNDARIS untuk mencetak guru yang professional adalah dengan memberikan suatu mata kuliah yang bersifat praktik mengajar dan khusus untuk mahasiswa kependidikan yang dinamakan dengan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi guru pamong terhadap kompetensi mahasiswa PPL prodi PGSD FKIP Undaris di wilayah kecamatan ungaran barat dan timur tahun akademik 2018/2019. Populasi penelitian deskriptif kuantitatif ini adalah seluruh guru kelas SD yang digunakan untuk praktik PPL mahasiswa PGSD Undaris yang berjumlah 12 guru pamong. Data dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala Likert.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai persepsi guru pamong terhadap kompetensi pedagogis, sosial, kepribadian dan professional mahasiswa PPL prodi PGSD FKIP Undaris di wilayah kecamatan ungaran barat dan timur tahun akademik 2018/2019 berada pada kategori Baik.
Full Text:
PDFReferences
Ali, Mohammad. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa
Arikunto, Suharsimi.2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Robbins, Stephen P. 2001. Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Prenhallindo.
Siagian, Sondang P. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar
Trianto, dkk. 2006. Tinjauan Yuridis Hak Serta Kewajiban Pendidik Menurut UU Guru dan Dosen. Jakarta: Prestasi Pustaka
Undang-Undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. 2006. Jakarta: CV Novindo Raya
Tim Program Pengalaman Lapangan. 2015. Pedoman PPL FKIP UNDARIS. Ungaran: Undaris
Usman, M.Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Walgito, Bimo. 1980. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi
-----. 1992. Pengantar Ilmu Psikologi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Wardani dan Anah Suhaenah Suparno. 1994. Program Pengalaman Lapangan. Jakarta: DEPDIKBUD
Wirawan, Sarlito. 2002. Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.
DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v7i1.151
Article Metrics
Abstract view : 206 timesPDF - 27 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.