PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA PRAKTIK PENNGALAMAN LAPANGAN (PPL) PRODI PGSD FKIP UNDARIS DI SEKOLAH DASAR DI WILAYAH KECAMATAN UNGARAN BARAT DAN TIMUR TAHUN AKADEMIK 2018/2019

Puji Winarti

Abstract


Guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan proses pembelajaran yang berkualitas. Oleh karena itu berhasil tidaknya pendidikan mencapai tujuan selalu dihubungkan dengan kiprah para guru. Prodi PGSD FKIP UNDARIS sebagai salah satu lembaga pendidikan yang membuka program studi kependidikan sangat berperan penting dalam mencetak guru yang berkompeten. Salah satu cara yang digunakan Prodi PGSD FKIP UNDARIS untuk mencetak guru yang professional adalah dengan memberikan suatu mata kuliah yang bersifat praktik mengajar dan khusus untuk mahasiswa kependidikan yang dinamakan dengan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi guru pamong terhadap kompetensi mahasiswa PPL prodi PGSD FKIP Undaris di wilayah kecamatan ungaran barat dan timur tahun akademik 2018/2019. Populasi penelitian  deskriptif kuantitatif ini adalah seluruh guru kelas SD yang digunakan untuk praktik PPL mahasiswa PGSD Undaris yang berjumlah 12 guru pamong.  Data dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala Likert.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai persepsi guru pamong terhadap kompetensi pedagogis, sosial, kepribadian dan professional mahasiswa PPL prodi PGSD FKIP Undaris di wilayah kecamatan ungaran barat dan timur tahun akademik 2018/2019 berada pada kategori Baik.


Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa

Arikunto, Suharsimi.2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Robbins, Stephen P. 2001. Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Siagian, Sondang P. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar

Trianto, dkk. 2006. Tinjauan Yuridis Hak Serta Kewajiban Pendidik Menurut UU Guru dan Dosen. Jakarta: Prestasi Pustaka

Undang-Undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. 2006. Jakarta: CV Novindo Raya

Tim Program Pengalaman Lapangan. 2015. Pedoman PPL FKIP UNDARIS. Ungaran: Undaris

Usman, M.Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Walgito, Bimo. 1980. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi

-----. 1992. Pengantar Ilmu Psikologi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Wardani dan Anah Suhaenah Suparno. 1994. Program Pengalaman Lapangan. Jakarta: DEPDIKBUD

Wirawan, Sarlito. 2002. Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v7i1.151

Article Metrics

Abstract view : 206 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

slot gacor malam ini

slot 5000

slot deposit pulsa

https://prosiding.umk.ac.id/

https://jurnal.itsp.ac.id/

slot deposit pulsa

slot thailand