PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MENGGUNAKAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE ROLE REVERSAL QUESTION PADA PESERTA DIDIK KELAS V SPF SDN PRINGAPUS 03

Teguh Santoso

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar PPKn peserta didik kelas V SPF SD Negeri Pringapus 03. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar PPKn menggunakan model active learning tipe role reversal question. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan tanggal 3 Mei 2019 sampai 9 Mei 2019 di SPF SD Negeri Pringapus 03. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Tes untuk mengukur hasil belajar PPKn, sedangkan non tes untuk mengukur keterampilan guru dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran PPKn dengan menggunakan model active learning tipe role reversal question. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif untuk mengolah hasil belajar dan analisis kualitatif untuk mengolah data keterampilan guru dan aktivitas peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar PPKn, Hasil belajar pada Siklus I yang memenuhi KKM sebanyak 33 peserta didik (82,5%) dan siklus II peserta didik yang memenuhi KKM sebanyak 38 peserta didik (95%) sehingga terjadi peningakatan 12,5%. Hal tersebut diikuti peningkatan keterampilan guru, pada siklus I memeroleh nilai 92,3 dengan berperingkat amat baik (A), dan pada siklus II memeroleh nilai 100 dengan berperingkat amat baik (A). Diikuti pula peningkatan nilai klasikal peserta didik, pada siklus I memeroleh 90% dan siklus II memeroleh 100%, sehingga terjadi peningkatan 10%.

Full Text:

PDF

References


Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar (SD). Jakarta: ---

Dwi Anggraini, Ria. 2012. Penggunaan Pendekatan Role Reversal Questions Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta didik Dalam Penguasaan Materi Faktorisasi Suku Aljabar. Laporan Penelitian Dikti tidak diterbitkan. Surakarta: FKIP-Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Karoni, Agus. 2011. Pembelajaran Active Learning Starts With a Question untuk meningkatkan aktivitas bertanya peserta didik dalam pembelajaran PPKn kelas IV MIM Sraten, Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Silberman, Melvin. 2016. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Penerjemah: Raisul Muttaqien. Bandung: Nuansa Cendikia.

Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v7i1.141

Article Metrics

Abstract view : 161 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.