PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS V SDN SUSUKAN 04 KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG

Lilik Susanti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Susukan 04. Rumusan masalahnya adalah apakah model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN Susukan 04 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas V SDN Susukan 04 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Jenis penelitin yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Susukan 04 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Bahwa pelaksanaan siklus I dan siklus II hasil belajar IPA melalui model pembelajaran inkuiri meningkat sebesar 43%. Peningkatan hasil belajar tersebut di ikuti dengan peningkatan aktivitas siswa dari siklus I sampai dengan siklus II meningkat dengan nilai konversi sebesar 96,4 berperingkat amat baik(A). Demikian pula di ikuti dengan peningkatan keterampilan guru dengan nilai konversi sebesar 95 berperingkat amat baik (A)

Full Text:

PDF

References


Ahmadi. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. Dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Apriani, Meika. 2017. Modul Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jawa Timur: CV Prima Putra Pertama

Depdikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Depdikbud.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Rositawaty. 2008. Senang Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI kelas 5. Jakarta: Pustaka Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Rustamaan, Nuryani. dkk. 2011. Materi Pembelajaran SD. Jakarta: Raja Grafindo

Persada

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks

Shoimin. Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-RusMedia

Slameto. 2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulistyanto, Heri. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI kelas 5. Jakarta: Pustaka Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.

Yogyakarta: Pustaka Belajar

Supriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v4i2.131

Article Metrics

Abstract view : 128 times
PDF - 16 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

slot gacor malam ini

slot 5000

slot deposit pulsa

https://prosiding.umk.ac.id/

https://jurnal.itsp.ac.id/

slot deposit pulsa

slot thailand