HUBUNGAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DENGAN JIWA NASIONALISME SISWA KELAS IV DAN V SDN BANYUBIRU 01 KABUPATEN SEMARANG

Achmad Nur Sho’im

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai permasalahan tentang rendahnya jiwa nasionalisme. Rumusan masalah penelitian yaitu adakah hubungan ekstrakurikuler pramuka dengan jiwa nasionalisme siswa Kelas IV dan V SDN Banyubiru 01 Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan Ekstrakurikuler Pramuka dengan jiwa nasionalisme siswa Kelas IV dan V. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV dan kelas V SD N Banyubiru 01 yang berjumlah 69 siswa dengan komposisi kelas IV 36 Siswa dan Kelas V 33 Siswa. Variabel-variabel yang diteliti meliputi: ekstrakurikuler pramuka dan jiwa nasionalisme diantaranya cinta tanah air, menghargai jasa-jasa pahlawan, rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara, mengutamakan persatuan dan kesatuan,berjiwa pembaharu dan tidak kenal menyerah, serta memiliki sikap tenggang rasa sesama manusia. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan dokumentasi dan angket. Pengujian korelasi menggunakan uji korelasi product moment berbantuan SPSS 23.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: terdapat hubungan antara ekstrakurikuler pramuka dengan pembentukan jiwa nasionalisme siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil korelasi product moment yaitu dengan nilai signifikansi 0,000 dan pada signifikansi 5% dalam r tabel bernilai 0,232. Nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,232 yang artinya ada hubungan antara ekstrakurikuler pramuka dengan jiwa nasionalisme siswa SDN Banyubiru 01 Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang

Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad dan Muhammad Asrori. 2014. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Syaifuddin. 2000. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Az Santoso, Lukman. 2014. Panduan Terlengkap Pramuka. Jogjakarta: Buku Biru.

Deddy, Ismatullah. 2007. Ilmu Negara dan Multi Perspektif. Bandung: Pustaka Setia Bandung.

Firmansyah Agus, Zuli. 2014. Panduan Resmi Pramuka.Jakarta: Wahyu Media.

Enggarwati, Gita. 2014. Penanaman Sikap Nasionalisme melalui Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sumampir. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hartono. 2016. SPSS 16.0 Analisis Data Statistik dan Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kawentar, Fajar. 2015. Pelaksanaan Penanaman Nilai Nasionalisme di SD Negeri II Klaten. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Moesa Maschan, Ali. 2007. Nasionalisme Kiai. Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksara.

Muljana, Slamet. 2008. Kesadaran Nasional Dari Kolonialisme Sampai Kemerdekaan. Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara.

Mustari, Mohammad. 2011. Nilai Karakter.Yogyakarta : LaksBang PRESSindo.

Napitupulu. 2007. Pendidikan Nilai Gerakan Pramuka (Dwisatya dan Dwidarma, Trisatya dan Dasadarma, serta ikrar). Jakarta: Pustaka Tunas Media.

Permendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan

Kepramukaan sebagai Ekstrakurikuler Wajib.

Sudiyo. 2002. Pergerakan Nasional Mencapai dan Mempertahankan Kemerdekaan. Yogyakarta. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Tijan, dkk. 2014. Kursus Mahir Dasar untuk Pembina Pramuka. Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v3i1.125

Article Metrics

Abstract view : 200 times
PDF - 147 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.