PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN OUTDOOR ACTIVITIES PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Susiana Trianawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan pembelajaran outdoor activities pada mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan pada dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dengan menggunakan pembelajaran outdoor activities dan kelompok kontrol dengan menggunakan pembelajaran yang konvensional. Dari kedua kelompok tersebut diberikan pretest untuk mengetahui homogenitas dan diberikan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, antara hasil belajar siswa kelompok eksperimen yaitu dengan menggunakan pembelajaran outdoor activities akan dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelompok kontrol yaitu dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 88.2 lebih besar dari rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 71.11. Rata-rata nilai hasil belajar siswa diperoleh dari uji independent, besarnya t hitung 11.845 > 1.993464 maka Ho ditolak, artinya bahwa ada perbedaan antara rata-rata nilai (mean) nilai postest kelas eksperimen dengan postest kelas kontrol, artinya terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada penerapan pembelajaran outdoor activities pada mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Berdasarkan pada hasil penelitian, maka disarankan bahwa guru dapat menerapkan pembelajaran outdoor activities dengan baik dan selanjutnya dapat dilakukan oleh guru kelas sehingga faktor yang mungkin timbul jika pengajaran dilakukan selain guru kelas dapat dihindari

Keywords


Pembelajaran Outdoor Activities, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Endang Mulyatiningsih. 2011. Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Hendro Darmodjo dan Jenny R.E. Kaligis. 1991. Pendidikan IPA II. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyekem Binaan Tenaga Kependidikan.

Mariyana, Rita. Dkk. 2009. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Nurfery, Supriatin. 2010. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Pokok Bahasan Sumber Energi Bunyi Siswa Kelas IV SDNN Hulubanteng. Skripsi Jurusan PGSDN FIP UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Prihantoro, Iptu. 2010. Outdoor Activities Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA SDNN 02 Pangkalan Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Pelajaran 2010/2011. Perpustakaan UKSW. (2/2/2012).

Priyatno, Duwi. 2010. Paham Statistik Data dengan SPSS. Jakarta: MediaKom.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sardiman A.M. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja RoSDNakarya.

Sugiyono, 2011. Metode Penilaian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyorini, S. 2007. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP. Semarang: Tiara Wacana.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003. Tentang Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v5i1.115

Article Metrics

Abstract view : 139 times
PDF - 11 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.