PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN CAPAIAN MUTU MADRASAH DI MAN 1 SEMARANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Mahsun Alwa’id

Abstract


Masalah penting yang sering dihadapi guru dalam kegiatan pembelajaran adalah memilih atau menentukan materi pembelajaran atau bahan ajar yang tepat dalam rangka membantu siswa mencapai kompetensi. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa dalam kurikulum atau silabus, materi bahan ajar hanya dituliskan secara garis besar dalam bentuk “materi pokokâ€. Menjadi tugas guru untuk menjabarkan materi pokok tersebut sehingga menjadi bahan ajar yang lengkap. Selain itu, bagaimana cara memanfaatkan bahan ajar juga merupakan masalah. Pemanfaatan dimaksud adalah bagaimana cara mengajarkannya ditinjau dari pihak guru, dan cara mempelajarinya ditinjau dari pihak siswa. Tujuan dari penelitian tindakan sekolah ( PTS ) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembinaan Kepala Madrasah meningkatkan kinerja guru dalam memilih bahan ajar. Dalam penelitian tindakan sekolah( PTS ) ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru dengan mencapai standar ideal.Dari 64,47% pada siklus I, dapat meningkat menjadi 74,59%  pada siklus II, dan siklus ke III 83,29%.

 Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa pembinaan melalui supervisi akademik Kepala Madrasah dapat meningkatkan kinerja guru dalam memilih bahan ajar  di MAN 1 Semarang Kabupaten Semarang  .

 

 

An important problem that is often faced by teachers in learning activities is choosing or determining appropriate learning materials or teaching materials in order to help students achieve competence. This is due to the fact that in the curriculum or syllabus, teaching materials are only written in outline in the form of "subject material". It is the teacher's job to describe the subject matter so that it becomes a complete teaching material. In addition, how to use teaching materials is also a problem. The intended use is how to teach it from the teacher's point of view, and how to learn it from the student's point of view. The purpose of this school action research (PTS) is to find out the extent to which the coaching of the Madrasah Principal improves the performance of teachers in choosing teaching materials. In this school action research (PTS), it was carried out in 3 cycles, from the results of the actions taken it was proven to be able to improve teacher performance by achieving ideal standards. From 64.47% in the first cycle, it could increase to 74.59% in the second cycle, and the second cycle. to III 83.29%.

The results of this action research indicate that coaching through the academic supervision of the Madrasah Head can improve teacher performance in choosing teaching materials at MAN 1 Semarang, Semarang Regency.


Keywords


Kinerja Guru, Teacher Performance

Full Text:

PDF

References


Arif, Syamsul, "Supervisi Akademik dalam Peningkatan Keterampilan Guru dalam Mendesain Bahan Ajar Berbasis IT Melalui Latihan Terbimbing," Jurnal An-Nahdhah 11 (2017).

Coimbra, Maria de Nazaré Castro Trigo, " Supervision and Evaluation: Teachers‟ Perspectives", International Journal of Humanities and Social Science Vol. 3 No. 5 (2013).

Ahmad, La Ode Ismail, "Konsep Penilaian Kinerja Guru dan Faktoryang Mempengaruhinya", Jurnal Idaarah vol. 1 no.1 (2017).

Murniyati dkk., "Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru", Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2018).

Suripto, "Upaya Peningkatan Kinerja Guru dalam Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di Sekolah Dasar Dabin I UPTD Pendidikan Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten Tahun 2015," Pengawas UPTD Kecamatan Bayat: Jurnal Magistra 95 (2015).

Yusnindar. “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada MAN Model Banda Aceh.†Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran vol 14, no. No 2 (2014).

Suto Prabowo Dan Dyah Satya Yoga. “Supervisi Kunjungan Kelas Sebagai Upaya Membina Profesional Guru SLTP/SLTA.†Jurnal Sosial Humaniora 9, no. 1 (2016): 102.

Melkyanus kaleka, Natalia Nata. “Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dengan Pendekatan Individual Di SMPN 7 Nangapanda.†Jurnal Pendidikan Fisika Vol 4, no. 1 (2020).

John, Dewey. “Pengertian Tugas dan Fungsi Kepala Sekolah†2021. Diakses pada 13 Januari 2021. https://www.silabus.web.id/kepala-sekolah/

Riski, Aulia. “Supervisi Akademik Kepala Sekolah,†2019. Diakses pada 9 November 2020. https://doi.org/10.31227/osf.io/8whvj

Iskandar, Uray. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatanm Kinerja Guru.†Jurnal Visi IImu Pendidikan Vol 5, no. 1 (2013).

Happy Fitria, Yessi Fitriani, Ariyadi Raberi. “Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SD Negeri Sanga Desa.†Jurnal Al-Qiyam Vol 1, no. 2 (2020).

Hamid, Abdul. “Pengaruh Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Bandar Lampung.†Jurnal AlBayan UIN Raden Intan 6, no. 1 (2014).

Bowo. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di SMA Negeri 1 Ngronggot Kabupaten Nganjuk Tahun 2020.†Jurnal Dharma Pendidikan Vol 15, no. 2 (2020).

Baharuddin. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Era Otonomi Pendidikan. Jurnal Al Harokah, Malang: Universitas Negeri Malang. Volume 63 Nomor 1 Januari-April (2006): 19.

Nopembri, A. Dedi. “Fungsi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guruâ€, Jurnal Manajer Pendidikan, Lubuklinggau Utara I: Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau. Volume 9 Nomor 3 (2015): 394-40

Nursih. 2007. Pengaruh Layanan Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani (Studi pada Sekolah Dasar negeri di Kabupaten Majalengka. Diunduh dari http://jurnal.upi.edu/106/view/1435/pengaruh--layanan-supervisi-kepalasekolah-dan-motivasi-berprestasi-terhadap-kinerja-guru-pendidikan- 108 jasmani-(studi-pada-sekolah-dasar-negeri-di-kabupaten-majalengka).html. Pada 13 Januari 2015.

Sudin. Ali. 2008. Implementasi Supervisi Akademik terhadap Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Se-Kabupaten Sumedang. Diunduh dari: http://jurnal.upi.edu/pendidikan-dasar/view/103/implementasi-supervisiakademik-terhadapproses-pembelajaran-di-sekolah-dasarse-kabupatensumedang.html. Pada 15 Januari 2015.

Abdul Gafur (1986). Disain instruksional: langkah sistematis penyusunan pola dasar kegiatan belajar mengajar. Sala: Tiga Serangkai.

Abdul Gafur (1987). Pengaruh strategi urutan penyampaian, umpan balik, dan keterampilan intelektual terhadap hasil belajar konsep. Jakarta : PAU - UT.

Arifin, I. 2000. Profesionalisme Guru: Analisis Wacana Reformasi Pendidikan dam Era Globalisasi. Simposium Nasional Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang, 25-26 Juli 2001.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

________________.2007. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : PT Bumi Aksara.

Bafadal Ibrahim, 1979. Supervisi Pengajaran Teori dan Aplikasinya dalam Membina Profesional Guru, Jakarta: Rineka Cipta.

Dedi Herawan, 2005. Pengembangan Model Supervisi Akademik Mata Pelajaran IPA-Biologi: Efektifitas Model Inovasi Supervisi Akademik Mata Pelajaran IPA Biologi dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru IPA Biologi di SMU. Tesis Tidak diterbitkan UPI Bandung.

Depdiknas RI,2003.Undang Undang No 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta : depdiknas.

____________,2005 Undang Undang Undang No 14 tentang Guru dan Dosen.Jakarta: Depdiknas.

Dirjen PMPTK,2007.Peraturan Menteri no 13 Tentang Standar Kompetensi Kepala madrasah.Jakarata : Dirjen PMPTK Depdiknas

____________,2009.Bahan Belajar Mandiri Kelompok Kerja Kepala madrasah Tentang Dimensi Kompetensi Manajerial.Jakarta :Dirjen PMPTK Depdiknas.

Direktorat PLP Depdiknas. 2005. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v5i2.288

Article Metrics

Abstract view : 98 times
PDF - 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.