PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN GOJEK DI KOTA UNGARAN

Pitaloka Dharma Ayu, Yunita Khusnul Khotimah, Fajar Suryatama, Nurmiyati Nurmiyati

Abstract


Persaingan antara aplikator transportasi online semakin ketat, mereka saling adu strategi untuk merebut konsumen pengguna jasa tersebut. Berbagai cara dilakukan untuk membuat konsumen merasa puas atas produk-produk aplikator,  diantaranya adalah layanan pelanggan dan harga dimana didalam penelitian ini mencoba mencari tahu sejauh mana kualitas layanan dan harga berkontribusi terhadap tingkat kepuasan konsumen agar mereka melakukan pembelian ulang dan loyal. Tujuan penelitian ini untuk mencari tahu apakah dengan strategi kualitas layanan dan harga akan memberi pengaruh besar pada kepuasan konsumen. Metode penelitian kuantitatif, uji validitas,  reliabilitas,  regresi linier berganda, uji determinasi dan uji t. Pengolahan data dengan SPSS 25. Berdasarkan tabel uji t diatas dapat diketahui hasil uji t variabel kualitas layanan (X1) terhadap Kepuasan konsumen (Y) adalah sebesar 2,661(lebih besar dari t tabel sebesar 1,985) dan nilai signifikansi sebesar 0,009 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan variabel kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Hasil uji t untuk variabel harga (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y) adalah sebesar 4,619 dan memiliki nilai lebih besar dari t tabel sebesar 1,985. Nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan variabel harga  berpengaruh  signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Nilai F hitung sebesar 23,436 dan lebih besar dari nilai F tabel sebesar 3,09. Hal ini menunjukkan  bahwa variabel kualitas layanan  dan harga secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap variabel kepuasan pelanggan.


Full Text:

PDF

References


Christy Jacklin Gerung, Janjte Sepang dan Sjendry Loindong, Pengaruh Kualitas Produk,

Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail pada PT.

Wahana Wirawan Manado Jurnal EMBA Vol V No .2

Basu DH Swastha, dan Irawan, Manajemen Pemasaran Modern.Yogyakarta:Liberty,2019.

Ghozali. Imam. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program SPSS. Badan Penerbit

Universitas Diponegoro. Semarang, 2018.

Indrasai, meithiana. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press. Surabaya, 2019.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Alvabeta. Bandung, 2014.

https:mitracomm.com

Jubelio.com




DOI: https://doi.org/10.61689/bisecer.v8i2.750

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.