PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI PADA PRODUK SCARLETT DI KABUPATEN SEMARANG

Luckya Fatkiyatu Safa’ah, Edy Dwi Kurniati, Pitaloka Dharma Ayu

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat minat beli pada produk Scarlett di Kabupaten Semarang oleh kurangnya kualitas produk, citra merek, dan celebrity endorser. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk, citra merek, dan celebrity endorser terhadap minat beli produk Scarlett. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode non probability sampling atau lebih tepatnya dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 96 responden dengan kriteria pernah menggunakan dan pengguna produk Scarlett di Kabupaten Semarang. Sampel yang diambil dengan menggunakan kuesioner yang disebar melalui google form, Data dari penelitian ini diolah dan dianalisis menggunakan uji instrumen, uji korelasi, uji regresi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis dengan bantuan dari software SPSS versi 2021.

 

Kata kunci: kualitas produk; citra merek; celebrity endorser; minat beli.

 

Abstract

This research is motivated by the level of buying interest in Scarlett products in Semarang Regency due to the lack of product quality, brand image, and celebrity endorsers. The purpose of this study is to find out how much influence product quality, brand image, and celebrity endorsers have on the buying interest of Scarlett products. The research method used is a quantitative research method using the non-probability sampling method or more precisely with the purposive sampling technique. The sample used in this study was 96 respondents with the criteria of having used and using Scarlett products in Semarang Regency. The sample was taken using a questionnaire distributed through google form, the data from this study was processed and analyzed using instrument tests, correlation tests, regression tests, determination coefficients, and hypothesis tests with the help of the 2021 version of SPSS software.

 

Keywords: product quality; brand image; celebrity endorser; buying interest


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A Shimp, T. (2017). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu (Erlangga (ed.); Jilid 1 Ed). Erlanga.

Andi, A., Suyono, S., Al Hafis, P., & Hendri, H. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser, Kualitas Produk, Desain Produk Terhadap Minat Beli Smartphone Asus Pada Mahasiswa Pelita Indonesia. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 23-36.

Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.

Setiadi, N. J. (2018). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran (Prenada Me).

Sudaryono.20l6. Manajemen Pemasaran. CV. Andi Offset. Jakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulaiman, A., Udayana, I. B. N., & Maharani, B. D. (2022). Analisis pengaruh citra merek, kelayakan harga dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen. Jurnal Manajemen, 14(2), 327-335.

Suryani, I., Bakiyah, H., & Isnaeni, M. (2020). Strategi Public Relations PT Honda Megatama Kapuk Dalam Customer Relations. Journal Komunikasi, 11(2).

Tondang, G. A., & Silalahi, P. R. (2022). Pengaruh brand awareness dan brand image terhadap keputusan pembelian smarthphone android. PESHUM: Jurnal

Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 1(2), 92-99.

Wahyuni Purbohastuti, A., & Hidayah, A. A. (2020). Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 37-46.




DOI: https://doi.org/10.61689/bisecer.v8i1.681

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.