PENGARUH BRAND IMAGE, WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK PELANGI PADA KONSUMEN KELURAHAN PUDAK PAYUNG KOTA SEMARANG

Isna Imroatun Chasanah, Pitaloka Dharma Ayu, Fajar Suryatama

Abstract


Masyarakat terutama di kota- kota besar tidak bisa lagi lepas dari air minum dalam kemasan (AMDK), pasar terus meningkat seiring bertumbuhnya jumlah penduduk di Indonesia. Tingginya akan permintaan air bersih, dan rendahnya hambatan untuk memasuki industri AMDK telah mengakibatkan persaingan antar industri AMDK, salah satu AMDK dari Kabupaten Semarang yaitu AMDK pelangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, word of mouth dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada konsumen Kelurahan Pudak Payung Kota Semarang.

Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sampel dalam penelitian ini berjumlah 98 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah uji instrumen dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi sederhana, korelasi berganda, analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image tidak mempunyai hubungan terhadap keputusan pembelian mempunyai nilai t hitung 1,756 < t tabel 1,985 dengan nilai signifikansi 0,082 > 0,05 dari dalam penelitian ini Ha ditolak dan Ho diterima artinya variabel brand image tidak berpengaruh signifikan. Word of mouth mempunyai nilai t hitung 6,792 > t tabel 1,985 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dari dalam penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak, artinya variabel word of mouth berpengaruh dan signifikan. Kualitas produk mempunyai nilai t hitung 6,793 > t tabel 1,985 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dari dalam penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak artinya variabel kualitas produk berpengaruh dan signifikan. Nilai F hitung sebesar 118,036 > 2,70 dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05 dengan hasil tersebut, menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha


diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel brand image, word of mouth dan kualitas produk secara bersama – sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci : Brand image, word of mouth, kualitas produk dan keputusan pembelian


Full Text:

PDF

References


Apsari, N. R., Wimba, I. A., & Mashyuni, I. A. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Cleo Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata.

Alfian, B. (2012). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kidjang Inova Pada PT. Hadji Kalla Cabang Polman Makasar.

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung.

Anwar. (2015). Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Anwar, Gulzar, Fahid, & Akram. (2011). Impact Of Brand Image, Trust And Affect On Consumer Brand Extension Attitude: The Mediating Role Of Brand Loyalty.

Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Buchari. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Dekasari, Y., & Hendri. (2020). Pengaruh Brand Image, Word Of Mouth Communication

Pada Keputusan Pembelian Produk Susu Dancow Di Bandar Lampung.

Eltonia, N., & Hayuningtyas, K. A. (2021). Pengaruh Citra Merek,Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian AMDK Merk Le Minerale 600 ml Di Kota Semarang.

Fahmi, F. (2019). Pengaruh Word Of Mouth Pada Keputusan Pembelian Pada Air Minum Dalam Kemasan Q-Jami' (Produksi CV. Masjid Agung Jami' Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB.

Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8) Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartanto. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Lingkungan Fisik Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi di De Mandailing Cafe Surabaya.

Hasan. (2010). Marketing. Yogyakarta: Media Presindo.

Hasibuan, N. L., Heriyanto, & Sriandanda, D. R. (2023). Pengaruh Brand Awarness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian AirMinum Dalam Kemasan Merek AQUA Pada Warga Perumahan Bukit Indah Permai Samarinda.

Istiyanto, B., & Nugroho, L. (2016). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas ProdukTerhadap Keputusan Pembelian Mobil ( Studi Kasus Mobil LCGC di Surakarta).

Kamanda, S. V. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Price Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Merek Sanford ( Studi Pada Pelanggan Sinar Mart Jalan R.Suprapto Batam ). As-Said. LP2M. Institut Agama Islam Abdullah Said Batam.

Kotler , & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler. (2009). Manajemen Pemasaran 1 Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga. Kotler, & Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, & Armstrong. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, & Armstrong. (2014). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Proses Keputusan Pembelian.

Kotler, & Armstrong. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Kotler, & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Kotler, & Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT.Indeks. Lupiyoadi. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat. Lupiyoadi. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Mahiri, E. A. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mart Banjaran.

Maulidah, R., Mardani, R. M., & Arsyianto, M. T. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek AQUA di Kota Malang (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang). Jurnal Riset Manajemen.

Miguna , A., & Nurhafifah, M. (2020). Manajemen Pemasaran UMKM Dan Digital Sosial Media. Yogyakarta: Deepublish.

Muhidin, & Abdurrahman. (2017). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian.

Bandung: CV.Pustaka Setia.

Pradana, D., Hudayah , S., & Rahmawati. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor.

Priansa. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sari, N., Fauji, D. S., & Sardanto, R. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Pada CV.Welong Jaya. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMAK) .

Schiffman, & Kanuk. (2014). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Septian, A. A. (2023). Pengaruh Strategi Green Marketing, Label Halal Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian : Studi Pembelian Minuman Le Minerale Pada Mahasiswa IAIN Kudus .

Silfiani, Y., & Utomo, H. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk AMDK Java.

Siregar. (2016). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Terhadap Efektivitas Pengendalian Piutang Perusahaan Metro Padangsidimpuan Tahun Anggaran 2014. Ilmu Pengetahuan.

Sudaryono. (2014). Teori dan Aplikasi dalam Statistik. Yogyakarta: CV Andi Offset. Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tasia, A. A., Sulistyandari, & Kinasih, D. D. (2022). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Pekanbaru.

Tauwi. (2023). Pengaruh Persepsi Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Pada CV. Marasa Ameroro.

Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi. Usman, & Akbar. (2008). Pengantar Statistika. Jakarta: PT. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.61689/bisecer.v7i2.594

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.