PENGARUH FASILITAS KERJA, KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN CV. AGROSARI MARGOSARI FARM KABUPATEN KENDAL

Yulias Cahya Putra, Nunuk Supraptini, Fajar Suryatama

Abstract


Sumber Daya Manusia berperan aktif dalam segala proses yang ada di perusahaan ataupun organisasi, karena manusia menjadi perencana dan menjadi penentu terwujudnya tujuan organisasi. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan telur untuk pemenuhan konsumsi protein, semakin memantapkan CV. Agrosari Farm sebagai perusahaan yang menyediakan telur lokal dengan harga terjangkau dan mutu terjamin. Produktivitas karyawan merupakan masalah yang tidak lepas dari kehidupan organisasi atau perusahaan, karena produktivitas digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan dalam pencapaian tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas kerja, karakteristik individu dan kepuasan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan di CV. Agrosari Margosari Farm Kabupaten Kendal.

Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diolah dengan aplikasi SPSS versi 25. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan: 1. uji instrumen terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, 2. uji kolerasi terdiri dari kolerasai sederhana dan kolerasi berganda, 3. uji regresi terdiri dari regresi sederhana dan regresi berganda, 4. uji determinasi, 5. uji t, 6. uji F

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel fasilitas kerja secara parsial berpengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan, karakteristik individu secara parsial berpengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan dan kepuasan kerja secara parsial berpengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan. Fasilitas kerja, karakteristik individu dan kepuasan kerja secara bersamaan berpengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan di CV. Agrosari Margosari Farm Kabupaten Kendal.

Kata Kunci : Fasilitas Kerja, Karakteristik Individu, Kepuasan Kerja, dan Produktivitas Kerja Karyawan


Full Text:

PDF

References


Adiwinata. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan di CV. Intaf lumajang. Agora : Vol. 2 No. 1 (2014)

Ambar Teguh & Rosidah (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Gava Media, 2018

Arif Darmawan, Marlinda Aulia Putri. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Komitmen Organisasi Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu Akuntansi .1-18.

Barry, & Cushway. (2012). Human Resource Management. Jakarta, PT Elex Media Kumputindo.

Dwi Sartika. (2014). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Keinginan Keluar Karyawan Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Di CV. Putra Tama Jaya). Management Analysis Journal 3 (2) (2014). 1-11.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabetha.

Mangkunegara, A. P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mauledy, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan PT. Cassio Coop Sungai Penuh. Jurnal Benefita, 377- 385.

Munawirsyah, & Isnan. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Fasilitas Kerja terhadap Motivasi Kerja dan Dampaknya kepada Kinerja Pegawai Non Medis pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Subulussalam. Jurnal Bisnis Administrasi Volume 06, Nomor 01. h. 47.

Nabila, M. (2020). Pengaruh Karakteristik Individu Dan karakteristik Pekerjaan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Dikpora Kabupaten Bima. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 2, 97-105.

Nirwana. (2014). Pemasaran Jasa. Jakarta: Alta.

Nisa, Chairun. (2018). Pengaruh fasilitas kerja dan lingkungan kerja Terhadap kinerja karyawan PT. Indoking Aneka agar-agar industri Medan. Skripsi. Medan: Universitas Medan Area.

Novitasari, S. A. (2018). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Karyawan Pada Industri Sayangan Di Desa Kalibiru Wetan Kabupaten Banyuwangi. Skripsi Ilmu Administrasi Bisnis Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ekonomi Dan Politik Universitas Jember, 108.

Parashakti1, R. D., & Noviyanti, D. (2021). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja dan Pelatihan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi), 1949, 127–136.

Pitriyani, A. H. (2020). Pengaruh Sikap Kerja Dan Keterampilan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan CV. Meranti Medan. Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (EBMA) Volume 1, Nomor 2, Desember, 2020 EISSN: 2746-2137 PISSN: 2746-5330 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Labuhanbatu, 1, 162– 167

Priyatmono, & Unggul. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja, Fasilitas Kerja, dan Disiplin Kerja terhadapKinerja Karyawan Bagian Line Leavis PT. Kharisma Buana Jaya. Skripsi. h. 34

Putri, Zulfadil, Maulida. 2020. Pengaruh disiplin kerja dan fasilitas kerja terhadap kepuasan kerja dan produktivitas kerja karyawan PT Subentra Kota Pekanbaru.

Rahman, F., Rahmawati, E., & Utomo, S. (2020). Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan, Dan Karakteristik Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Kontrak (Studi Pada FISIM ULM Banjarmasin). Jurnal Bisnis dan Pembangunan, 9, 69-82.

Sayoto, B., & Winarto, H. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Fasilitas Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan MNCTV Bagian Produksi. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipana, 1-14.

Sedarmayanti. 2017. Sumber daya Manusia dan Produktivitas Kerja.: CV Mandar Maju, Bandung.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabetha.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukaini. 2015. Pengaruh Karakteristik Individu, Beban Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Sirkulasi Kompas Gramedia Makassar. Jurnal Universitas Papabri Makassar.

Sukmawati, P. M., Parwita, G. B., & Adhika, I. R. (2022). Pengaruh Komunikasi, Karakteristik Individu Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Astungkara Way "SOOGIROLL" Bali. VALUES, 3, 335-354.

Sulaiman, Abdul. 2020. Pengaruh kepuasan kerja terhadap produktivitas karyawan pada usaha konveksi dan percetakan mattoangin di Kota Makassar.

Susan, Eri. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Hal 955. ADAARA.

Sutrisno, Edy. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Tjiptono, (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta

Trinovela Simanjuntak, Vera Sylvia Saragi Sitio. 2021. Pengaruh Knowledge Sharing Dan Employee Engagement Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Narma Toserba, Narogong Bogor. JIMEN Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen .1-13.




DOI: https://doi.org/10.61689/bisecer.v7i2.593

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.