PENGARUH PROMOSI, HARGA, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PT. NATURAL NUSANTARA

Yulia Trisna, Fajar Suryatama, Eka Handriani

Abstract


Promosi merupakan salah satu faktor penting penentu keberhasilan perusahaan dalam pemasaran. Kurangnya promosi yang dilakukan oleh mitra-mitra PT. Natural Nusantara sehingga menyebabkan turunnya volume penjualan. Dengan harga produk PT. Natural Nusantara memang terkesan mahal dibanding dengan perusahaan lainnya. Customer sebelum melakukan pembelian, kebanyakan terlebih dahulu memperhatikan harga yang ditawarkan. Harga sering dijadikan parameter dalam melakukan pembelian. Namun dalam kualitas pelayanan Stockist PT.Natural Nusantara masih kurang. Karena di Stockist PT.Natural Nusantara tidak ada customer service, jadi untuk pelayanannya sangat kurang. Kualitas pelayanan merupakan isu krusial bagi setiap perusahaan, apapun bentuk produk yang dihasilkan. Faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian : 1) Pengenalan masalah, 2) Pencarian informasi, 3) Evaluasi. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif . Populasi dalam penelitian ini seluruh konsumen stockist PT.Natural Nusantara dengan jumlah populasi sebanyak 100 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil analisa sperhitungan yang telah dilakukan, variabel Promosi (X1) dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,631 yang berada dalam kategori “kuat’’. Promosi (X1) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) yang ditunjukkan dengan nilai regresi sebesar 0,430 dan mempunyai nilai t hitung sebesar 8.501 > t tabel (1.984) dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan bernilai positif. Artinya promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel harga(X2) dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,708 yang berada dalam kategori “kuat’’. Harga (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) yang ditunjukkan dengan nilai regresi sebesar 1.013 mempunyai nilai t hitung sebesar 9.931 > t tabel (1.984) dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan bernilai positif. Artinya harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas pelayanan pelayanan (X3) dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,562 yang berada dalam kategori “sedang’’. Kualitas pelayanan (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) yang ditunjukkan dengan nilai regresi sebesar 0,694. Mempunyai

nilai t hitung sebesar 6.729 > t tabel (1.984) dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan bernilai positif. Artinya kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil statistic uji F diperoleh nilai Fhitung 53.778 >  nilai  F tabel

2.70. Dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 secara simultan atau bersama – sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.

 

Kata kunci      : Promosi, Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Alimansyah , Noor, Devi Krisnawati, and Fajar Cahyo Utomo. “Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Burger King Jatiasih.” p-ISSN: 2338 – 4794 e-ISSN: 2579-7476 Vol.10. No. 1, Jan-

April 2022 10 (2022): 429-442.

cermati.com. Desember 2022. https://www.cermati.com/artikel/bisnis-mlm-apa-itu-dan-

cara-memilih-mlm-yang-baik.

Fatimah, Hesti Noor, and Andri Nurtantiono. “Pengaruh Citra Merek, Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Pengguna Aplikasi Shopee).” Jurnal Sinar Manajemen E-ISSN 2598-398X || P-ISSN 2337-8743 (Online)Maret 2022 09 (2022): 106-113.

Handoko, and Bagus. “Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan.” Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis Vol. 18 No. 1, 2017 18 (2017): 61-72.

M. P Yuliani1, I N.Suarmanayasa2. “Pengaruh Harga Dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Poduk pada Marketplace Tokopedia.” Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 3 No. 2, Bulan Desember Tahun 2021 P-ISSN: 2685- 5526 3 (2021): 146-154.

Pasaribu, Ruth F.A, Ira Lestari Sianipar , Yona F Siagian, and Vier Sartika. “Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Soyjoy PT Amerta Indah Otsuka Kota Medan.” Jurnal Manajemen Volume 5 Nomor 1 (2019)p- ISS: 2301-6256 e - ISSN : 2615-1928 5 (2019): 45-52.

Rahayu, and Hafidh Okta Wibowo Saptani. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pesan Antar Makanan GoFood di Kota Solo.” Jurnal Manajemen, Bisnis dan Pendidikan ISSN : 1979-2700 No 1 (2021) 8

(2021): 70-78.

Samosir, Okto Iskandar, Andhika Maslow Tarihoran, Johan Leonardo, Imelda Gowasa, and Rahmat Alamsyah Harahap. “Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusann Pembelian Rumah Pada PT. Romedy Kasih Abadi (Developer Perumahan Bersubsidi).” Tijarah, Volume 1 No. 19 Tahun 2020 1

(2020): 143-151.

Yusda, Desi Deriana. “Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada House Of Shopaholicdi Bandar Lampung.” Jurnal TECHNOBIZ Vol.3, No.3 2019,14-18. ISSN 2655-3457 3 (2019): 14-18.




DOI: https://doi.org/10.61689/bisecer.v7i2.592

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.