ANALISIS PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS TOKO ARSADA DI BERGAS)

Fitalia Kiranti Sukma, Nurmiyati Nurmiyati, Muhammad Arif Rakhman

Abstract


Toko Arsada merupakan salah satu usaha dagang didaerah Bergas yang bergerak dibidang usaha pakaian. Perkembangan Toko Arsada yang mengalami fluktuasi atau kenaikan dan penurunan diduga dikarenakan oleh harga yang kurang terjangkau, promosi yang jarang dilakukan dan kualitas pelayanan yang kurang memuaskan kosumen, sehingga berpengaruh terhadap volume penjualan di Toko Arsada. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel   menggunakan   purposive    sampling    dengan    jumlah    sampel diperoleh sebanyak 96 responden merujuk pada rumus alternative formula Lesmeshow. Berdasarkan analisa perhitungan yang telah dilakukan, variabel harga memiliki t hitung (2.745) > t tabel (1.986) dengan tingkat signifikansi 0.007 < 0,050 yang artinya terdapat pengaruh signifikan antara variabel harga terhadap volume penjualan. Variabel promosi memiliki t hitung (4.270) > t tabel (1.986) dengan tingkat signifikansi 0.000 < 0,050 yang artinya terdapat pengaruh signifikan antara variabel promosi terhadap volume penjualan. Variabel kualitas pelayanan memiliki t hitung (3.881) > t tabel (1.986) dengan tingkat signifikansi 0.000 < 0,050 yang artinya terdapat pengaruh signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap volume penjualan. Hasil statistik uji F diperoleh nilai F hitung 203,077 > 2,70 yang artinya terdapat pengaruh simultan antara variabel harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap volume.


Full Text:

PDF

References


Apriliani, K. D., & Werdiasih, R. D. 2018. Pengaruh Citra Merek Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Smarphone Vivo (Studi Kasus pada Mahasiswa STIE Muhammadiyah Cilacap). Jurnal Program Studi Manajemen STIE Muhammadiyah Cilacap.

Diah Ismayanti. 2016. Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Volume Penjualan Industri Kerupuk Singkong Di Desa Bamban Kecamatan Angkinang Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, Vol 2, No, 56–64.

Ekowati, S., & Larika, W. 2020. Pengaruh Citra Merek Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo. Jurnal Manajemen Modal Insani dan Bisnis.

Hastuti, M. A. S. W. 2015. Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Industri Marmer Indonesia Tulungagung. Angewandte Chemie International Edition, 04(03), 66 dan 73.

Imran, I., Rahim, R., & Nasfi, N. 2021. Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Volume Penjualan Pada Industri Alumunium Bukittinggi. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 9(2), 202– 212.

M Mansur. 2013. Faktor-faktor berpengaruh terhadap keputusan konsumen memilih mobil mitsubishi. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 55.

Riski Hidayat. 2021. Pengaruh Promosi, Potongan Harga, Dan Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Pada Pt.Giant Cabang Alauddin Makassar. Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.

Rusmayadi, R., Sasangka, I. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Pada Minimarket 90 Bandung. STIE Muhammadiyah Bandung.

Sandikah, M. F. 2019. Pengaruh Promosi, Potongan Harga, Dan Fasilitas Terhadap Volume Penjualan di Shafira Tour & Travel Sidoarjo. Skripsi Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Sari, Andini Indria. 2020. Pengaruh Promosi Terhadap Tingkat Hunian Kamar Pada Mesra Business Dan Resort Hotel Di Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul 8.1: 82-91.

Sujarweni, V. W. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sunyoto, Danang. (015. Strategi Pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Susila, G. P. A. J., dkk. 2018. Pengaruh Harga Kualitas Pelayanan Promosi Terhadap Penjualan.

E-journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen.

Syahyuni, S., Basri, H., & Putra, D. P. 2021. Pengaruh Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Delamibrands Kharisma Busana Cabang Palembang. Jurnal Kompetitif, 10(2), 25.

Tumbel, A., & Mokalu, F. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Distribusi Terhadap Volume Penjualan Roti Jordan Cv. Minahasa Mantap Perkasa. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 254–265.

Waruwu, K. 2021. Pengaruh Harga Produk dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Batik Pada BT Batik Trusmi Medan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 394–404




DOI: https://doi.org/10.61689/bisecer.v7i2.584

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.