PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS QUIPPER SCHOOL GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Adiratna Wijanayu

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan pembelajaran berbasis Quipper School guna meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan nonequivalent pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Sumowono, mulai dari kelas VIII A sampai F. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu populasi, independent t-test, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 28,13% dan kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 15,62%. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen pada kriteria sedang, sedangkan kelas kontrol pada kriteria rendah. Simpulan dari penelitian ini ialah bahwa pembelajaran berbasis Quipper School efektif guna meningkatlan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMPN 1 Sumowono. Pembelajaran berbasis Quipper School diharapkan dapat menjadi referensi untuk diterapkan dalam pembelajaran.


Keywords


Quipper School, Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Abdillah, C., Linuwih, S., & Isnaeni, W. 2017. The Effectiveness of Model Learning Preser-X Assisted LKS Against Science Process Skills and Understanding Students Concept. Journal of Primary Education 6 (3).

Agustina, E., & Cahyono, B. Y. 2017. Perceptions of Indonesian Teachers and Students on the Use of Quipper School as an Online Platform for Extended EFL Learning. Journal of Language Teaching and Research 8 (4).

Anggraeni, N. W., Ristiati, N. P., & Widiyanti, N. L. P. M. 2013. Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 3.

APJII. 2014. Profil Pengguna Internet Indonesia. Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia.

Bang, S., Chaowalit, K., & Saekhow, J. 2016. Effects of Quipper School Program Based on Local Contents in Surat Thani Province to Enhance English Listening Skill of Matthayomsuksa V Students. Proceeding of ISER 42th International Conferences, Tokyo, Japan.

Budiharti, R., Ekawati, E. Y., Pujayanto, Wahyuningsih, D., & Fitria, F. 2014. Pengembangan Sintax Blended Learning IPA Terpadu Berbasis SETS pada Tema Pelestarian Lingkungan di SMP. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika 4 (2).

Hidayati, K, & Listyani, E. 2010. Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 1 (14).

Idin, A., & Romadhoni, M, S, Z. 2016. Quipper School: How Do Teachers Bring It in The Class Room. The Fourth International Conference on Education and Language (ICEL) di Universitas Bandar Lampung Indonesia.

Isnaeni, W., Setiawan, H., Budijantoro, F. P. M. H., & Marianti, A. (2015). Implementation of Digital Learning Using Interactive Multimedia in Excretory System With Virtual Laboratory. Research and Evaluation in Educational Journal 1 (2).

Khlaisang, J., & Likhitdamrongkiat, M. 2014. E-learning System in Blended Learning Environtment to Enhance Cognitive Skils for Learners in Higher Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences 174 (759-767).

Mulyono, H. 2015. Using Quipper as An Online Platfomr for Teaching and Learning English as A Foreign. Teaching and Learning with Technology 16 (1).

Sriarunrasmee, J., Techataweewan, W., & Mebusaya, R. P. 2015. Blended Learning Supporting Self-Directed Learning and Communication Skills of Srinakharinwirot University’s First Year Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences 197 pp 1564–1569.

Suhandi, A., Sinaga, P., Kaniawati I., & Suhendi, E. 2009. Efektivitas Penggunaan Media Simulasi Virtual pada Pendekaran Pembelajaran Konseptual Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Meminimalkan Miskonsepsi. Jurnal Pengajaran MIPA, 13 (1).

Tim Quipper. 2017. Panduan Penggunaan Quipper School untuk Guru 2017. Diunduh dari laman web school.quipper.com/id.




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v6i2.90

Article Metrics

Abstract view : 176 times
PDF - 36 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.