PENERAPAN METODE ‘SI KUPAT PEDIS’ GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN DI SDN KEBONAGUNG 03
Sri Wahyuni Widayati
Abstract
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada pasal 20 poin a, disebutkan bahwa guru memiliki kewajiban untuk merencanakan pembelajaran dan melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu. Hal tersebut menunjukkan bahwa guru hendaknya membuat perencanaan kegiatan belajar mengajar sebelum memasuki kelas. Perencanaan kegiatan belajar yang baik akan memudahkan guru melaksanakan pembelajaran yang bermutu. Dengan pelaksanaan pembelajaran yang bermutu, maka keterampilan guru dan aktivitas siswa akan meningkat. metode ‘Si Kupat Pedis’ guna mengatasi permasalahan akademik yang ada di SDN Kebonagung 03. Sebelum penerapan metode ‘Si Kupat Pedis’, terdapat 2 dari 8 guru (25%), yang sudah mengerti pelaksanaan pembelajaran dengan model problem solving. Meskipun demikian, kedua guru tersebut belum mengintegrasikan model problem solving dalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah mereka susun. Secara keseluruhan, guru-guru di SDN Kebonagung 03 telah dapat melaksanakan pembelajaran dengan model problem solving. Setelah dilakukan evaluasi, guru yang belum mampu melaksanakan kelima langkah pembelajaran model problem solving menyampaikan bahwa langkah paling susah untuk dilaksanakan oleh siswa adalah melakukan pengumpulan data. Kekurangan yang masih terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran akan dicermati untuk perbaikan selanjutnya
Keywords
Penerapan, Si Kupat Pedis, Keterampilan Problem Solving
References
Aminah, Siti. 2017. Pendekatan Efektif Supervisi Pembelajaran dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tadris IAIN Jember Vol 12 (1).
Capriora, Daniela. Problem Solving – Purpose and Means of Learning Mathematics in School. Procedia: Social and Behavioral Sciences 191 (1859-1864).
Editor Ciputra. 2016. Pengertian Supervisi dan Jenis Kegiatan Supervisi. Universitas Ciputra online yang diakses melalui web ciputrauceo.net
Jatmika, Herka Maya. 2016. Metode dan Teknik Supervisi Pendidikan. Modul Perkuliahan UNY: Jogjakarta.
Komariah, Kokom. 2011. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Model Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah bagi Siswa Kelas IX J di SMPN 3 Cimahi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA: Fakultas MIPA UNY.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.
DOI:
https://doi.org/10.61689/waspada.v6i2.89 Article Metrics
Abstract view : 96 times
PDF - 18 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
slot gacor malam ini
slot 5000
slot deposit pulsa
https://prosiding.umk.ac.id/
https://jurnal.itsp.ac.id/
slot deposit pulsa
slot thailand