Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Penguatan Karakter Kreatif Siswa Kelas XII di SMK Islam Al Madina Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara

Lukiyah Fatma, Abdul Karim, Alil Rinenggo

Abstract


Pancasila and Citizenship Education teachers have a strategic role in strengthening the creative
character of students at SMK Islam Al Madina Pecangaan District, Jepara Regency. This study aims to
describe the role of Pancasila and Citizenship Education Teachers in strengthening the creative character of
class XII students at SMK Islam Al Madina. This research uses a qualitative approach with descriptive
methods. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. The results showed
that the teacher of SMK Islam Al Madina towards strengthening the creative character of students has a role
as: 1) facilitator, providing opportunities for students to express their ideas and providing learning
references; 2) motivator, providing encouragement to students to express ideas; 3) manager, using several
methods such as lectures, group discussions and assignments to students so that students are able to generate
ideas; 4) guide, guide students to read diligently and be confident in expressing ideas; 5) demonstrator, has
not been implemented optimally because the teacher does not have varied learning media; 6) evaluator, uses
several assessments (oral tests, independent assignments, presentations) which are used as a reference for
the level of student understanding; 7) role model, the teacher has not maximized his role as a role model
because he shows more discipline character to students. Researchers used six indicators of creative
character, namely 1) fluency; 2) flexibility; 3) originality; 4) elaboration; 5) high curiosity; 7) like to try new
things.
Keywords: Role of Pancasila and Civic Education Teacher, Strengthening, Creative Character

Full Text:

PDF

References


Al-Munawar, H. A. H. A. (2020). Upaya Mengembangkan Kreativitas Remaja. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020 “Transformasi Pendidikan Sebagai Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDCs) di Era Society 5.0,”2(2), 422–429.

Ananda, Azwar. (2023). Pemikiran Konstruktivisme dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Education and Develompent, 11(2), 2.

Anastasia, Widya. (2022). Kreativitas Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Menerapkan Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi. Pedagogi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 54-59.

Apriono, Djoko. (2018). Pembelajaran Kolaboratif: suatu Landasan untuk Membangun Kebersamaan dan Keterampilan Kerjasama. Diklus, Edisi XVII, Nomor 01, 4-5.

Difany, Salsabila. (2021). Aku Bangga Menjadi Guru; Peran Guru dalam Penguatan Karakter Peserta Didik. Yogyakarta: UAD Press.

Eka. (2023). Teori Belajar Konstruktivisme: Membangun Pengetahuan melalui Pengalaman. Jurnal Pendidikan, 2(1), 4.

Fadilah, Irma. (2019). Identifikasi Sikap Rasa Ingin Tau Siswa terhadap Pembelajaran Fisika di MAN 1 Batanghari. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(2), 13.

Hamdani, Muhammad Aldin. (2023). Pengaruh Penggunaan Reward terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Jelbuk Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Jember.

Hasanah, Aan. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Interaksi Sosial untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 9(1), 4-5.

Helaluddin. (2018). Psikoanalisis Sigmund Frued dan Implikasinya dalam Pendidikan.Research Gate.

Jaya, Putra. (2021). Pentingnya Keterampilan Bertanya bagi Guru. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1),23.

Kenedi. (2017). Pengembangan Kreativitas Siswa dalam Proses Pembelajaran di Kelas II SMP

Negeri 3 Rokan IV Koto. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 3(2), 5-4.

Keshiki, Farah Zainina. (2015). Karakter Kreatif pada Pembelajaran Mekanika Teknik Siswa Kelas X TGB di SMK Negeri 1 Seyegan. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Kurniasih, Nia. (2024). Menumbuhkan Kreativita Guru dalam Mengajar Anak Sekolah Dasar. Skripsi, Universitas Bestari, Banten.

Leo, Simatupang. (2022). Pengaruh Percaya Diri Siswa terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 9 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2022/2023.

Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi, 2(6), 2.

Lestari, Ayu. (2022). Pemikiran Tokoh-Tokoh Kreativitas Anak Usia Dini serta Pengembangannya

dalam Perspektif Islam. Motorik: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 3.

Maharani, Tiara Putri. (2020). Peran Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV melalui Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sumberjo 2 Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri. Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Mauladani, Yuza Hauda. (2023). Menjadi Guru Kreatif, Inovatif dan Inspiratif. Skripsi, Universitas Riau, Riau.

Meutiawati, Ida. (2023). Konsep dan Implementasi Pendekatan Kontekstual dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 13(1), 1.

Muliardi. (2023). Mengembangkan Kreativitas dan Karakter Bangsa melalui Kurikulum Merdeka di Madrasah. Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 2(1), 2.

Nasution, E. M. (2021). Konsep Pengembangan Kreativitas AUD. Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 1(1), 1–15.

Nerita, Siswa. (2023). Pemikiran Konstruktivisme dan Implementasinya terhadap Pembelajaran. Jurnal Education and Development, 11(2), 1.

Pernantah, Piki Setri. (2020). Pembelajaran Sejarah dalam Perspektif Pedagogi Kritis. Jurnal Pendidikan, 11(1), 3-4.

Prijanto, Jossapat Hendra. (2020). Peran Guru dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab pada Pembelajaran Online. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(3), 11.

Purwati, Retno Puji. (2020). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik dengan Pendekatan Discovery Learning Menggunakan Google Classroom. Habitus: Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, 4(1), 4.

Rasyidmul. (2023). Mengembangkan Kreativitas dan Karakter Bangsa melalui Kurikulum Merdeka di Madrasah. Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 2(1), 3.

Romanti. (2023). Memahami Lebih Lanjut Peran Guru dalam Kurikulum Merdeka. Inspektorat Jenderal Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Samino, Francine Avanti. (2020). Hubungan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas V Sekolah Dasar Strada Bhakti Nusa. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(4), 2.

Sashliani. (2021). Implementasi Penerapan Metode Kerja Kelompok dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SD Inpres Kampus IKIP Kota Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 2.

Setyorini, Aprilia. (2021). Penggunaan Media Alat Peraga pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri Kampung Melayu III. Pensa: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 177.

Simbolon, Jonathan Potion Adrian. (2022). Pengaruh Percaya Diri Siswa terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 9 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi, 2(6), 2.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugrah, Nurfatimah. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sains. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 1.

Supriwan, G. (2023). Peran Guru Pendidikan Pancasila dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas X SMAS Al-Washliyah Pasar Senen Medan dalam Pengembangan Materi Pendidikan Nilai dan Moral. Skripsi, Universitas Negeri Medan, Medan.

Susanti. (2020). Peningkatan Rasa Ingin Tau Siswa melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (TCL). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(9), 2.

Sutisna, Deni. (2019). Keteladanan Guru sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 4-5.

Winata, Koko Adya. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Interaksi Sosial untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 9(1), 3




DOI (PDF): https://doi.org/10.61689/waspada.v13i2.790.g605

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.