Pengaruh Konsentrasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VI MI Ma’arif Beji

Yeni Setyo Wardani, Sri Widayati, Ridha Sarwono

Abstract


enelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh konsentrasi belajar terhadap hasil
belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VI MI Ma’arif Beji Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang.
Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain ex post facto. Populasi dalam penelitian
ini berjumlah 35 siswa kelas VI dengan teknik sampling total. Variabel yang diteliti yaitu konsentrasi belajar
dan hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner untuk mengukur
konsentrasi belajar dan dokumentasi dengan nilai ulangan harian IPS untuk mengukur hasil belajar IPS siswa.
Data dianalisa dengan aplikasi SPSS 21 menggunakan uji normalitas, uji korelasi, uji regresi, uji signifikansi
dan penarikan hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh konsentrasi
belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VI MI Ma’arif Beji Kecamatan Ungaran Timur
Kabupaten Semarang. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t hitung lebih besar dari t tabel (4,995 > 2,035) dengan
nilai Sig. 0,00 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan uji regresi
linier sederhana, persentase pengaruh konsentrasi belajar terhadap hasil belajar yaitu 43,1% dan 66,9%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata kunci: Konsentrasi Belajar, Hasil Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Mulia, E., Zakir, S., Rinjani, C., & Annisa, S. (2021). Kajian Konseptual Hasil Belajar

Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhinya Jurnal Manajemen

dan Pendidikan Islam. 7(2). Hal 137–156.

Mutiaramses, Neviyarni, & Murni, I. (2021). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas

Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Dasar, 6(1). https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4050.

Pasaribu, G. R. (2022). Effects of Applying Gagne’s Theory of Learning on Mathematics

Learning Outcomes. Nucleus. 3(1). Hal 64–69

Pramesti, T. A., Sastrawan, K. B., & Wardhana, Z. F. (2018). Pengaruh Brain Gym

Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Pada Anak Sekolah di SD Negeri 1 Tonja

Denpasar. Bali Health Journal, 2(1), 13–22.

Puspitasari, N. (2020). Pengembangan Pembelajaran Ips. Semarang: Guepedia

Ramadhani, R., & Bina, N. S. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan. Prenada Media

Group.

Riinawati. (2020). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar

Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid – 19 (Studi Kasus SDN Karang Mekar 4

Banjarmasin). Lhokseumawe: CV. Radja Publika.

Saputra, M. A., & Marlina, M. (2020). Efektivitas Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi

untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal PAKAR

Pendidikan. 2(18). Hal 94-104.

Setyani, M. R., & Ismah. (2018). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa dalam Proses

Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Hasil Belajar. Seminar Nasional Pendidikan

Matematika. 01, Hal 73–84.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supatminingsih, T., Hasan, M., & Sudirman. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Bandung:

CV. Media Sains Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan

Nasional. 2014. Jakarta: diperbanyak oleh CV Sinar Grafika




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v12i2.613

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.