Pengaruh Konsentrasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VI MI Ma’arif Beji
Abstract
belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VI MI Ma’arif Beji Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang.
Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain ex post facto. Populasi dalam penelitian
ini berjumlah 35 siswa kelas VI dengan teknik sampling total. Variabel yang diteliti yaitu konsentrasi belajar
dan hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner untuk mengukur
konsentrasi belajar dan dokumentasi dengan nilai ulangan harian IPS untuk mengukur hasil belajar IPS siswa.
Data dianalisa dengan aplikasi SPSS 21 menggunakan uji normalitas, uji korelasi, uji regresi, uji signifikansi
dan penarikan hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh konsentrasi
belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VI MI Ma’arif Beji Kecamatan Ungaran Timur
Kabupaten Semarang. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t hitung lebih besar dari t tabel (4,995 > 2,035) dengan
nilai Sig. 0,00 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan uji regresi
linier sederhana, persentase pengaruh konsentrasi belajar terhadap hasil belajar yaitu 43,1% dan 66,9%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata kunci: Konsentrasi Belajar, Hasil Belajar IPS
Full Text:
PDFReferences
Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Mulia, E., Zakir, S., Rinjani, C., & Annisa, S. (2021). Kajian Konseptual Hasil Belajar
Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhinya Jurnal Manajemen
dan Pendidikan Islam. 7(2). Hal 137–156.
Mutiaramses, Neviyarni, & Murni, I. (2021). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas
Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Dasar, 6(1). https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4050.
Pasaribu, G. R. (2022). Effects of Applying Gagne’s Theory of Learning on Mathematics
Learning Outcomes. Nucleus. 3(1). Hal 64–69
Pramesti, T. A., Sastrawan, K. B., & Wardhana, Z. F. (2018). Pengaruh Brain Gym
Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Pada Anak Sekolah di SD Negeri 1 Tonja
Denpasar. Bali Health Journal, 2(1), 13–22.
Puspitasari, N. (2020). Pengembangan Pembelajaran Ips. Semarang: Guepedia
Ramadhani, R., & Bina, N. S. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan. Prenada Media
Group.
Riinawati. (2020). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar
Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid – 19 (Studi Kasus SDN Karang Mekar 4
Banjarmasin). Lhokseumawe: CV. Radja Publika.
Saputra, M. A., & Marlina, M. (2020). Efektivitas Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi
untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal PAKAR
Pendidikan. 2(18). Hal 94-104.
Setyani, M. R., & Ismah. (2018). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa dalam Proses
Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Hasil Belajar. Seminar Nasional Pendidikan
Matematika. 01, Hal 73–84.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supatminingsih, T., Hasan, M., & Sudirman. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Bandung:
CV. Media Sains Indonesia.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan
Nasional. 2014. Jakarta: diperbanyak oleh CV Sinar Grafika
DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v12i2.613
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.