Peran Guru PPKn dan Pembina Pramuka dalam Pendidikan Karakter Siswa SMK Al Mustaqim Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang
Abstract
mengkaji peran guru PPKn dan Pembina Pramuka dalam pendidikan karakter siswa pada SMK al-Mustaqim.
Ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian ini adalah SMK Al Mustaqim bulan Agustus
sampai November 2023. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumen. Data dianalisis
dengan kategori data, interpretasi data, analisis data dan pengambilan simpulan. Pengujian keabsahan data
dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Peran guru PPKn dan pembina
pramuka dalam pendidikan karakter siswa dengan menyampaikan pesan dan motivasi terkait karakter,
memberikan contoh perilaku dan pembiasaan untuk mencapai karakter. 2) Metode pelaksanaan pendidikan
karakter ceramah dan pemberian contoh perilaku dengan pendekatan perkembangan kognitif. Strategi
pendidikan karakter menurut Lickona ditunjukkan dengan moral knowing, moral feeling dan moral acting.
3) Karakter religius siswa mengucapkan salam dan berjabat tangan dengan guru, pembina pramuka, dan
teman saat datang di sekolah, membaca Asmaul Husna, berdoa, solat, dzikir dan sholawat. Perilaku disiplin
dengan hadir tepat waktu dan memakai seragam lengkap dan rapi. Karakter peduli sosial siswa melaksanakan
kegiatan bakti sosial dan menjenguk teman sakit. Karakter tanggung jawab dengan mengerjakan piket dan
mengumpulkan tugas tepat waktu dan baik.
Kata kunci: pendidikan karakter, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, kepramukaan, religius,
disiplin, peduli sosial, tanggung jawab
Full Text:
PDFReferences
Ariestina, H. 2019. Penanaman Nilai Toleransi sebagai Penguatan Pendidikan Karakter di
Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Waspada FKIP UNDARIS, Vol. 6 (2), p. 1-11.
http://www.ejournal.undaris.ac.d/index.
Erliani, S. 2016. Peran Gerakan Pramuka untuk Membentuk Karakter Kepedulian Sosial
dan Kemandirian (Studi Kasus di SDIT Ukhwah dan MIS An Nuriyyah 2
Banjarmasin). Jurnal Muallimuna, Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 2 (1), p.36-46.
Hapsari, I. & Marzuki. 2013. Peran Pembelajaran PKn dan Kegiatan Kepramukaan dalam
Membentuk Karakter Siswa di MAN 1 Yogyakarta. Ringkasan Skripsi. Fakultas Ilmu
Sosial, UNY.
Karim, A. & Rinenggo, A. 2021. Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran PKn pada Era
Pandemi Covid-19. Jurnal Waspada FKIP UNDARIS, Vol. 9 (2), p. 1-11.
Lickona, T. 1991. Educating for Character: How Our School can Teach Respect and
Responsibility. NY: Bantam Books.
Payanti, RD. 2017. Peranan Pembelajaran PPKn dan Kegiatan Kepramukaan dalam
Membentuk Karakter Siswa di SMA Negeri 1 Pajangan Bantul. Artikel Skripsi. FKIP
Universitas PGRI Yogyakarta.
Permendikbud No. 59 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 di tingkat SMA/MA/SMK.
Ramadani, WOD., Noe, W., & Rajaloa, N. 2022. Implementasi Nilai-nilai Demokrasi
dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota
Ternate. Jambura: Jurnal Civic Education, Vol. 2 (1), p. 90-101.
Seli, FY., Ginting, R., & Purwosaputro, S. 2022. Peran Guru Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan dalam Pembinaan Karakter Peduli Sosial di Sekolah (Studi
Kepustakaan). Jurnal Spirit Edukasi, Vol, 2 (1), p. 8-18.
Suhandi, AM., Dewi, DA., & Furnamasari, YF. 2022. Penerapan Perilaku Jujur melalui
Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal AoEJ,
Academy of Education Journal, Vol. 13 (1), p. 40-50.
Suradi. 2019. Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Nilai dan Pendidikan
Hukum dalam Mewujudkan Warga Negara yang Cerdas dan Baik (Smart and Good
Citizen). Supremasi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum &
Pengajarannya, Vol. 14 (2), p. 112-121.
DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v12i2.612
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.