Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Ungaran Kabupaten Semarang

Putri Camilla, Sutomo fkip, Alil Rinenggo

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam
pembelajaran (PISA, 2022). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada atau tidaknya Pengaruh
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP
Negeri 4 Ungaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII A dan
VII B SMP Negeri 4 Ungaran Kabupaten Semarang tahun ajaran 2023/2024, dengan jumlah populasi 67
siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket dan dokumen, sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas, teknik korelasi, uji
determinasi, persamaan dan uji signifikansi regresi, serta uji F dengan bantuan program SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proyek penguatan profil pelajar Pancasila memiliki korelasi
dengan kemampuan berpikir kritis, ditunjukkan dengan analisis korelasi sebesar 0,592>0,339 (t tabel).
Proyek penguatan profil pelajar Pancasila memiliki nilai determinasi sebesar 0,351. Proyek penguatan
profil pelajar Pancasila memperoleh persamaan regresi yaitu Y=48,506+0,48(1). Selain itu proyek
penguatan profil pelajar Pancasila juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa. Hal ini ditunjukkan pada hasil uji F sebesar 35,135 > 3,988 (F tabel) dengan Sig 0,000<0,05.
Kata kunci: Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Alanur, S. N., Jamaludin, & Amus, S. (2023). Analisis Profil Pelajar Pancasila dalam Buku

Teks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kurikulum Merdeka. Jurnal

Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 182.

Annisa, F., Karmelia, M., & Maulia, S. T. (2023). Penerapan Pembelajaran Inovatif melalui

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal

Pendidikan, 5(4), 13748-13757.

Ardilansari, A., Winata, A., Rejeki, S., Maemunah, M., & Muttaqien, Z. (2023). Pengaruh Nilai

Pancasila dan Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pendidikan dalam

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. In Seminar Nasional Paedagoria.

Vol. 3. 520-526.

Cahyaningsih, S., & Harun, H. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Proyek terhadap

Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini, 7(5), 5481-5494.

Fauzi, M. I. R., Rini, E. Z., & Qomariyah, S. (2020). Penerapan Nilai-nilai Profil Pelajar

Pancasila melalui Pembelajaran Kontekstual di SD. Proceeding Umsurabaya, 482–483.

Husnidar, Ikhsan, M., & Rizal, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah

untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa.

Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 74–75.

Jamaludin, D. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir

Kritis dan Sikap Ilmiah pada Materi Tumbuhan Biji. Genetika: Jurnal Tadris Biologi,

(1), 19-41.

Jauhari, Siti Sarah. (2023). Peringkat PISA 2022 Indonesia Meningkat meskipun

Alami Penurunan Skor

Juraidah, & Hartoyo, A. (2022). Peran Guru dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian

Belajar dan Kemampuan Berpikir SD melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar

Pancasila. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), 105–107.

Kemendikbudristek RI No.009 Tahun 2022. Tanggal 15 Februari 2022. Tentang

Dimensi, Elemen, dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum

Merdeka.

Khairunnisa, A. A., Isrokatun, I., & Sunaengsih, C. (2024). Studi Implementasi Proyek

Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Meningkatkan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar.

Jurnal Education FKIP UNMA, 10(1), 242-250.

Kurniawan, S. (2017). Pengembangan Manajemen Mutu Pendidikan Islam di Madrasah. Al-

Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 25-36.

Lilihata, S., Rutumalessy, S., Burnama, N., Palopo, S. I., & Onaola, A. (2023). Penguatan Profil

Pelajar Pancasila Dimensi Kreatif dan Bernalar Kritis pada Era Digital. Didaxei, 4(1),

-523

Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020). Analisis Upaya Mengembangkan Kurikulum Sekolah Minggu

Buddha (SMB) Taman Lumbini Tembango Lombok Utara. In Prosiding Seminar

Nasional Pendidikan, 2, 779–780.

Rahmawati, E., Wardhani, N. A., & Ummah, S. M. (2023). Pengaruh Proyek Profil Pelajar

Pancasila terhadap Karakter Bernalar Kritis Peserta Didik. Jurnal Educatio Fkip Unma,

(2), 614–621.

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim, 2(3),

-7.

Sastrika, I. A. K., Sadia, W., & Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran

Berbasis Proyek terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir

Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(2).

Siswinarti, P. R. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Membangun Bangsa Beradab.

Retrieved August, 2.

Sularmi, Utomo, D. H., & Ruja, I. N. (2018). Pengaruh Project-Based Learning terhadap

Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan

Pengembangan. 3(4), 475–479




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v12i2.610

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.