Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Ungaran Kabupaten Semarang
Abstract
pembelajaran (PISA, 2022). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada atau tidaknya Pengaruh
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP
Negeri 4 Ungaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII A dan
VII B SMP Negeri 4 Ungaran Kabupaten Semarang tahun ajaran 2023/2024, dengan jumlah populasi 67
siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket dan dokumen, sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas, teknik korelasi, uji
determinasi, persamaan dan uji signifikansi regresi, serta uji F dengan bantuan program SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proyek penguatan profil pelajar Pancasila memiliki korelasi
dengan kemampuan berpikir kritis, ditunjukkan dengan analisis korelasi sebesar 0,592>0,339 (t tabel).
Proyek penguatan profil pelajar Pancasila memiliki nilai determinasi sebesar 0,351. Proyek penguatan
profil pelajar Pancasila memperoleh persamaan regresi yaitu Y=48,506+0,48(1). Selain itu proyek
penguatan profil pelajar Pancasila juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa. Hal ini ditunjukkan pada hasil uji F sebesar 35,135 > 3,988 (F tabel) dengan Sig 0,000<0,05.
Kata kunci: Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kemampuan Berpikir Kritis
Full Text:
PDFReferences
Alanur, S. N., Jamaludin, & Amus, S. (2023). Analisis Profil Pelajar Pancasila dalam Buku
Teks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kurikulum Merdeka. Jurnal
Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 182.
Annisa, F., Karmelia, M., & Maulia, S. T. (2023). Penerapan Pembelajaran Inovatif melalui
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal
Pendidikan, 5(4), 13748-13757.
Ardilansari, A., Winata, A., Rejeki, S., Maemunah, M., & Muttaqien, Z. (2023). Pengaruh Nilai
Pancasila dan Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pendidikan dalam
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. In Seminar Nasional Paedagoria.
Vol. 3. 520-526.
Cahyaningsih, S., & Harun, H. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Proyek terhadap
Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan
Anak Usia Dini, 7(5), 5481-5494.
Fauzi, M. I. R., Rini, E. Z., & Qomariyah, S. (2020). Penerapan Nilai-nilai Profil Pelajar
Pancasila melalui Pembelajaran Kontekstual di SD. Proceeding Umsurabaya, 482–483.
Husnidar, Ikhsan, M., & Rizal, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah
untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa.
Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 74–75.
Jamaludin, D. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir
Kritis dan Sikap Ilmiah pada Materi Tumbuhan Biji. Genetika: Jurnal Tadris Biologi,
(1), 19-41.
Jauhari, Siti Sarah. (2023). Peringkat PISA 2022 Indonesia Meningkat meskipun
Alami Penurunan Skor
Juraidah, & Hartoyo, A. (2022). Peran Guru dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian
Belajar dan Kemampuan Berpikir SD melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), 105–107.
Kemendikbudristek RI No.009 Tahun 2022. Tanggal 15 Februari 2022. Tentang
Dimensi, Elemen, dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum
Merdeka.
Khairunnisa, A. A., Isrokatun, I., & Sunaengsih, C. (2024). Studi Implementasi Proyek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Meningkatkan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar.
Jurnal Education FKIP UNMA, 10(1), 242-250.
Kurniawan, S. (2017). Pengembangan Manajemen Mutu Pendidikan Islam di Madrasah. Al-
Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 25-36.
Lilihata, S., Rutumalessy, S., Burnama, N., Palopo, S. I., & Onaola, A. (2023). Penguatan Profil
Pelajar Pancasila Dimensi Kreatif dan Bernalar Kritis pada Era Digital. Didaxei, 4(1),
-523
Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020). Analisis Upaya Mengembangkan Kurikulum Sekolah Minggu
Buddha (SMB) Taman Lumbini Tembango Lombok Utara. In Prosiding Seminar
Nasional Pendidikan, 2, 779–780.
Rahmawati, E., Wardhani, N. A., & Ummah, S. M. (2023). Pengaruh Proyek Profil Pelajar
Pancasila terhadap Karakter Bernalar Kritis Peserta Didik. Jurnal Educatio Fkip Unma,
(2), 614–621.
Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim, 2(3),
-7.
Sastrika, I. A. K., Sadia, W., & Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran
Berbasis Proyek terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir
Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(2).
Siswinarti, P. R. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Membangun Bangsa Beradab.
Retrieved August, 2.
Sularmi, Utomo, D. H., & Ruja, I. N. (2018). Pengaruh Project-Based Learning terhadap
Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan
Pengembangan. 3(4), 475–479
DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v12i2.610
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.