Perbedaan Karakter Kesopanan Siswa MI Nurul Huda Gebugan yang Tinggal di Pondok Pesantren dengan Siswa yang Tinggal Bersama Orang Tua

Nisbandi pgsd, Abdul Karim, Ridha Sarwono

Abstract


Siswa dari MI Nurul Huda Gebugan sebagian tinggal di Pondok Pesantren Darussalam
Gebugan. Rumusan masalahnya yaitu apakah ada perbedaan karakter kesopanan siswa yang tinggal di
pondok pesantren dan siswa yang tinggal bersama orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Perbedaan Karakter Kesopanan Siswa Kelas VI MI Nurul Huda Gebugan yang Tinggal di Pondok
Pesantren dengan Siswa yang Tinggal Bersama Orang Tua. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif komparatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket.
Hasil penelitian menunjukkan signifikansi 0,042 (p<0,05) maka hipotesis penelitian
menyatakan ada perbedaan karakter kesopanan yang signifikan antara siswa kelas VI MI Nurul Huda
Gebugan yang tinggal di pondok pesantren dengan siswa yang tinggal bersama orang tua. Perbedaan
karakter kesopanan tersebut yaitu siswa kelas VI MI Nurul Huda gebugan yang tinggal di pondok
pesantren memiliki karakter kesopanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelas VI MI Nurul
Huda gebugan yang tinggal bersama orang tua.
Kata kunci: Karakter kesopanan, siswa, pondok pesantren, orang tua

Full Text:

PDF

References


Chandra, P. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter. XII(20), 64–80.

Fifi Nofiaturrahmah. (2014). Metode Pendidikan Karakter Di Pesantren. Pendidikan

Agama Islam, Xi(1), 201–216.

Chandra, P. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter. XII(20), 64–80.

Fifi Nofiaturrahmah. (2014). Metode Pendidikan Karakter di Pesantren. Pendidikan

Agama Islam, XI(1), 201–216.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2014). Pma_18_14. Pdf (pp. 1–14)

Masrur, M., Kyai, F., Karakter, P., Pesantren, D. P., Doktoral, M., Pascasarjana, P.,

Raden, I., Lampung, I., Dosen, D., & Pringsewu, S. (t.t.). Figur Kyai dan

Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren.

Islam, I.M. (2010). Perbedaan hasil prestasi belajar mata

pelajaran rumpun pai dan tingkat kesopanan

siswa smp islam al ma’arif 01 singosari antara

yang tinggal di pondok pesantren dan di luar

pondok pesantren. skripsi

Puspawati, D., & Ulya, N. (2021). Proceedings of The 5 th Annual Conference on

Islamic Early Childhood Education Peran Ethnoparenting Dalam

Menanamkan Nilai Kesopanan Pada Anak Usia Dini. 115–126.

http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/index

Rimba Kurniawan, A., Chan, F., Yohan Pratama, A., Tirta Yanti, M., Fitriani, E., &

Mardani, S. (2019). Analisis Degradasi Moral Sopan Santun Siswa di Sekolah

Dasar. 9(2).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Teting, B., Lehyun, Y., Angariani, A., & Studi Diploma III Keperawatan Stikes

Dirgahayu Samarinda, P. (2020). Komparasi Hasil Belajar Mata Kuliah

Patofisiologi Antara Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) dengan

Pembelajaran Luar Jaringan(Luring)Mahasiswa Semester Ii Stikes Dirgahayu

Tahun Akademik 2019/2020. Jurnal Keperawatan Dirgahayu, 2(1).

Wardana, D., Sutarjo, A., & Novia, A. (2018). Redefinisi Kesopanan Pada Anak-Anak

Usia Sekolah Dasar di Kota Serang dan Pandeglang. Seminar Nasional …, 1–

http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/view/1179.




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v12i2.604

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.