Perbedaan Karakter Kesopanan Siswa MI Nurul Huda Gebugan yang Tinggal di Pondok Pesantren dengan Siswa yang Tinggal Bersama Orang Tua
Abstract
Gebugan. Rumusan masalahnya yaitu apakah ada perbedaan karakter kesopanan siswa yang tinggal di
pondok pesantren dan siswa yang tinggal bersama orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Perbedaan Karakter Kesopanan Siswa Kelas VI MI Nurul Huda Gebugan yang Tinggal di Pondok
Pesantren dengan Siswa yang Tinggal Bersama Orang Tua. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif komparatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket.
Hasil penelitian menunjukkan signifikansi 0,042 (p<0,05) maka hipotesis penelitian
menyatakan ada perbedaan karakter kesopanan yang signifikan antara siswa kelas VI MI Nurul Huda
Gebugan yang tinggal di pondok pesantren dengan siswa yang tinggal bersama orang tua. Perbedaan
karakter kesopanan tersebut yaitu siswa kelas VI MI Nurul Huda gebugan yang tinggal di pondok
pesantren memiliki karakter kesopanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelas VI MI Nurul
Huda gebugan yang tinggal bersama orang tua.
Kata kunci: Karakter kesopanan, siswa, pondok pesantren, orang tua
Full Text:
PDFReferences
Chandra, P. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter. XII(20), 64–80.
Fifi Nofiaturrahmah. (2014). Metode Pendidikan Karakter Di Pesantren. Pendidikan
Agama Islam, Xi(1), 201–216.
Chandra, P. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter. XII(20), 64–80.
Fifi Nofiaturrahmah. (2014). Metode Pendidikan Karakter di Pesantren. Pendidikan
Agama Islam, XI(1), 201–216.
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2014). Pma_18_14. Pdf (pp. 1–14)
Masrur, M., Kyai, F., Karakter, P., Pesantren, D. P., Doktoral, M., Pascasarjana, P.,
Raden, I., Lampung, I., Dosen, D., & Pringsewu, S. (t.t.). Figur Kyai dan
Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren.
Islam, I.M. (2010). Perbedaan hasil prestasi belajar mata
pelajaran rumpun pai dan tingkat kesopanan
siswa smp islam al ma’arif 01 singosari antara
yang tinggal di pondok pesantren dan di luar
pondok pesantren. skripsi
Puspawati, D., & Ulya, N. (2021). Proceedings of The 5 th Annual Conference on
Islamic Early Childhood Education Peran Ethnoparenting Dalam
Menanamkan Nilai Kesopanan Pada Anak Usia Dini. 115–126.
http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/index
Rimba Kurniawan, A., Chan, F., Yohan Pratama, A., Tirta Yanti, M., Fitriani, E., &
Mardani, S. (2019). Analisis Degradasi Moral Sopan Santun Siswa di Sekolah
Dasar. 9(2).
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Teting, B., Lehyun, Y., Angariani, A., & Studi Diploma III Keperawatan Stikes
Dirgahayu Samarinda, P. (2020). Komparasi Hasil Belajar Mata Kuliah
Patofisiologi Antara Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) dengan
Pembelajaran Luar Jaringan(Luring)Mahasiswa Semester Ii Stikes Dirgahayu
Tahun Akademik 2019/2020. Jurnal Keperawatan Dirgahayu, 2(1).
Wardana, D., Sutarjo, A., & Novia, A. (2018). Redefinisi Kesopanan Pada Anak-Anak
Usia Sekolah Dasar di Kota Serang dan Pandeglang. Seminar Nasional …, 1–
http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/view/1179.
DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v12i2.604
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.