Pengaruh Implementasi Nilai-Nilai Kepramukaan terhadap Nilai-Nilai Antikorupsi pada Siswa SMA Islam Sudirman Bruno

Een Rokhaeni, Abdul Karim

Abstract


Scouting activities have an impact on disciplinary, honest and responsible behavior, but there are still students who lie, arrive late, and don't do assignments, thus requiring the implementation of anti- corruption core values. The aim of the study was to determine the effect of implementing scouting values on anti-corruption values in class X students of SMA Islam Sudirman Bruno, Bruno District, Purworejo Regency. This quantitative study has a population of 103 students, a sample of 27 students with a cluster sampling technique proportional random sampling. Data collection techniques using a questionnaire. After the data collected was analyzed by; normality test, correlation test, regression equation, determination test, and F test. The results showed that after the data was analyzed, the calculated F-test was greater than the F distribution table (93.421 > 3.35), which means that Ho was rejected and Ha was accepted. This means that the more students implement Scouting values, the better the students' anti-corruption core values (discipline, honesty and responsibility), so that Scouting values are not only limited to theory, but are implemented in the daily lives of students who participate in Scouting activities.

Keywords: implementation of Scout values, anti-corruption core values

Full Text:

PDF

References


Amreta, M. Y. (2018). Pengaruh kegiatan Pramuka terhadap karakter siswa Madrasah Ibtidaiyah di Era Digital. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 26-38. http://ejournal.sunan- giri.ac.id/index.php/al-ulya/article/view/149 di akses pada tanggal 21 Desember 2021 pukul 19.30 WIB.

Arif, Dikdik Baehaqi dkk. (2019). Panduan insersi pendidikan antikorupsi. Jakarta: Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Dani, K. A. S., & Anwari, K. B. (2015). Buku panduan pramuka penggalang. Penerbit Andi.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Jakarta: Depdiknas.

Dewi, N. K., & Saragih, S. (2014). Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan terhadap perilaku prososial Remaja di SMP Santa Ursula Jakarta. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(03).

Dismayanti, D. (2018). Implementasi nilai-nilai Dasa Darma Pramuka dalam membentuk karakter peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Palu (Doctoral Dissertation, IAIN Palu).

Firmansyah, S., & Syahrullah, S. (2019). Peran kepramukaan dalam menumbuhkan moral siswa di SMA Negeri 1 Sungai Kunyit Kabupataen Mempawah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2).

Handoyo, E., Wijayanti, T., Irawan, H., Khomsani, I., & Hermawan, D. (2021). Penguatan karakter anti korupsi bagi Lurah di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 25 (2). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/article/view/32372 diakses pada tanggal 09 Januari 2022 pukul 09.20 WIB.

Hardini, O. R. Mengembangkan kemampuan sosial emosional dalam tolong menolong melalui penggunaan media “pc†(personal computer) pada anak kelompok A Ra Psm Kebonagung Wonojoyo Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015.

Hardiyanti, Siti. (2020). Pengaruh PPKn dan kepramukaan terhadap karakter siswa Kelas X SMA Islam Sudirman Bruno Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo, tidak diterbitkan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI, Ungaran.

Haryati, S., Sudarsono, A., & Suryana, E. (2015). Implementasi data mining untuk memprediksi masa studi mahasiswa menggunakan algoritma c4. 5 (studi kasus: universitas dehasen bengkulu). Jurnal Media Infotama, 11(2).

Ilyas Ismail, Pilar – Pilar Taqwa. (2009). Doktrin pemikiran dan hikmah dan pencerahan spiritual.

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Imam Baihaqi, Mukhtashar Syu‟Abul Iman. Muasatul Kutub Ats – Tsaqafiyah.

Imelda, A. (2017). Implementasi pendidikan nilai dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah.

Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227-247. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/2128/1612 diakses pada tanggal 28 Desember 2021 pukul 23.00 WIB.

Jeumpa, N. (2018). Nilai-nilai Agama Islam. Pedagogik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 4(2 Oktober), 101- 112.) https://mail.ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/564/44 diakses

pada tanggal 28 Desember 2021 pukul 21.08 WIB.

Kemendikbud, R. I. (2013). Buku Pendidikan Anti-Korupsi untuk Perguruan Tinggi.

Muchlas, Hariyanto. (2012). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Nurhidayati, N., & Indrawadi, J. (2020). Pembinaan sikap peduli sosial siswa melalui kegiatan Pramuka Di SMP Negeri 10 Padang. Journal Of Civic Education, 3(1),52- 60.http://jce.ppj.unp.ac.id/index.php/jce/article/view/330/119 di akses pada tanggal 28 Februari 2022 pukul 12.08 WIB.

Puspito, Nanang T. dkk. (2011). Pendidikan Anti-Korupsi untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kemendikbud.

Resti, E. P. (2018). Penerapan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di MTs Negeri 2 Ponorogo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo). http://eprints.umpo.ac.id/4314/7/BAB%20II.pdf diakses pada tanggal 22 Desember 2021 pukul 13.03 WIB.

Riduwan, M. B. A. (2020). Dasar-dasar statistik. Bandung: Alfabeta.

Rahmat, D. (2017). Implementasi kebijakan program bantuan hukum bagi masyarakat tidak mampu di Kabupaten Kuningan. UNIFIKASI: Jurnal Ilmu Hukum, 4(1), 35-42.

Simarmata, H. M. P., Sahri, S., Subagio, S., Syafrizal, S., Purba, B., Purba, P. B., ... & Nurhilmiyah,

N. (2020). Pengantar Pendidikan Anti Korupsi. Yayasan Kita Menulis. Sirajuddin Zar. (2012). Fisalfat Islam. Depok: PT Rajagrafindo Persada. Sudjana. (2005). Metode statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang RI No. 12 Tahun 2012 tentang Gerakan Pramuka dan AD/ART. Wibowo, Agus. (2013). Pendidikan antikorupsi di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiyani, N. A. (2013). Konsep, praktik, & strategi membumikan pendidikan karakter di SD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v11i1.405

Article Metrics

Abstract view : 15 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.