Analisis Kemampuan Digital Siswa Sekolah Dasar Negeri Dukuh 03 Kota Salatiga

Yogi Ageng Sri Legowo, Sega Satriya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan digital siswa di Sekolah Dasar Negeri Dukuh 03 Kota Salatiga. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif atau penelitian yang akan menggambarkan tentang kemampuan digital siswa di Sekolah Dasar Negeri Dukuh 03 Kota Salatiga. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengisian angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) ketersediaan perangkat digital siswa SD Negeri Dukuh 03 tidak semua siswa memiliki perangkat digital, hanya 82,21% siswa telah memiliki sendiri atau memiliki dan bergantian dengan orang tua; (2) 59 (92,19%) siswa mengaku sudah mampu menggunakan perangkat digital secara mandiri di mana 95,31% dapat melakukan penelusuran (browsing) di internet, 85,94% siswa dapat membaca dan menulis melalui aplikasi/ website, 87,50% siswa dapat mengakses dan men-download aplikasi dari internet, dan 84,38% siswa dapat memahami video pembelajaran/tutorial dari internet; (3) respons siswa terhadap pembelajaran berbasis aplikasi/ website masih rendah, hanya 42 (65,63%) siswa yang dapat mengikuti pembelajaran dengan baik, namun 22 (34,38%) siswa lain kurang memahami pembelajaran.

Kata Kunci: kemampuan digital, literasi digital, siswa SD


Full Text:

PDF

References


Ali, Ibrahim Gufran, dkk. (2017). Peta jalan: gerakan literasi nasional. Tim GLN Kemendikbud. http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wpcontent/uploads/2017/08/peta-jalan-gln_rev.pdf. Diakses 27 April 2022.

Aheniwati. (2019). Pengaruh internet pada anak. Edukasia, 6(2), 53-60

Fitri, Sulidar. (2017). Dampak positif dan negatif sosial media terhadap perubahan sosial anak. Naturalistic, 1(2), 118-123.

Gani, A. G. (2018). Pengenalan teknologi internet dan dampaknya. https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jsi/article/view/49/47. Diakses 27 April 2022.

Harahap, M. A., Adeni, S. (2021). Aksesibilitas anak terhadap media: internet sehat bagi anak. Jurnal Profesional FIS UNIVED, 8(1).

Junida, Dwi Surti. (2019). Kecanduan online anak usia dini. Jurnal Walasuji, 10(1), 57-68.

Kahairuni, Nisa. (2016). Dampak positif dan negatif sosial media terhadap pendidikan akhlak anak. Jurnal Edukasi, 2(1), 91-106.

Kemendikbud. (2017). Panduan literasi digital untuk guru Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Legowo, Yogi Ageng Sri. (2020). Kesiapan dan kendala pembelajaran berbasis projek melalui media daring pada mahasiswa Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman Guppi. Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan, 8(2), 62-68.

Mutiah. (2021). Dampak internet bagi anak usia Sekolah Dasar. https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/untukmuguruku/2021/03/17/dampak-internetbagi-anak-usia-sekolah-dasar/ Diakses pada 28 April 2022.

Purbo, Onno W. (2005). Buku pegangan internet wireless dan hotspot. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Sugiyarto, E. C. (2021). Kecerdasan digital, disrupsi dan indonesia maju. Artikel Humas Kemensetneg RI.

Tuna, Yulisnawati. (2021). Literasi digital dalam pembelajaran di SD sebagai upaya peningkatan kualitas pendidik. Journal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

https://aptika.kominfo.go.id/2021/09/warganet-meningkat-indonesia-perlu-tingkatkan-nilai-budaya-di-internet/

https://www.republika.co.id/berita/qjl2bq423/pandemi-membuat-anak-muda-lebih-banyak-menatap-layar-ponsel

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/internet




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v10i01.312

Article Metrics

Abstract view : 109 times
PDF - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.