Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Model Pembelajaran Probing Prompting pada Siswa Kelas V

Bagas Kurnianto

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan model pembelajaran probing promting pada siswa Kelas V SDN Bergaslor 02 Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model Tagget dan Kemmis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes untuk mengukur hasil belajar IPA siswa dan non tes untuk mengukur keterampilan guru dan aktivitas belajar IPA siswa. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif untuk mengolah hasil belajar siswa dan analisis kualitatif untuk mengolah data keterampilan guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model probing-promting dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada setiap siklusnya diperoleh data pada siklus I, rata-rata kelas 71,38 ketuntasan dengan ketuntasan klasikal 20 siswa atau 55,5%. Pada pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh data hasil belajar dengan rata-rata kelas 79,7 dan persentase ketuntasan 72,2%. Pada pelaksanaan tindakan siklus III diperoleh data hasil belajar dengan rata-rata kelas 88,3 dan persentase ketuntasan 100%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas IV sudah memenuhi indikator keberhasilan yaitu sekurang-kurangnya 75% siswa mencapai nilai KKM ≥70 dengan nilai rata-rata kelas 88,3, siklus III meningkat sebesar 20 Siswa atau 55,6%.

Kata Kunci: hasil belajar IPA, keterampilan guru, aktivitas belajar, model pembelajaran Probing Promting


Full Text:

PDF

References


Afrianti, M. N., & Marlina, M. (2021). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui strategi probing-prompting bagi anak berkesulitan belajar. Jurnal Basicedu, 5(1), 272-279.

Agustina, M., & Apko, H. J. (2021). Kompetensi guru: metode praktik dalam pembelajaran IPA. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan, 8(1), 55-70.

Akhwani, A., & Rahayu, D. W. (2021). Analisis komponen TPACK guru SD sebagai kerangka kompetensi guru profesional di Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(4), 1918-1925.

Bagiarta, I. M. (2021). Penerapan Paikem untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Journal of Education Action Research, 5(2), 285-293.

Darmadi, H. (2016). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161-174.

Diasputri, A., Nurhayati, S., & Wahyuni, S. (2012). Pengaruh model pembelajaran probing-prompting berbantuan lembar kerja berstruktur terhadap hasil belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 6(2).

Jelita, J., Suzana, Y., & Nuraida, N. (2020). Peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui lesson study. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 4(1), 81-91.

Kurnianto, B. (2021). Implementasi model inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dan kepuasan belajar mahasiswa PGSD Undaris. WASPADA (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan), 9(1).

Mahmudah, L. (2017). Pentingnya pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran IPA di Madrasah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1).

Mustika, H., & Buana, L. (2017). Penerapan model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(2).

Muthmainnah, M., Hapizah, H., & Somakim, S. (2019). Penerapan strategi probing prompting dalam pembelajaran matematika materi relasi dan fungsi di SMP. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 27–37.

Pamungkas, A., Subali, B., & Linuwih, S. (2017). Implementasi model pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 118-127.

Rianti, N. M. E., & Dibia, I. K. (2020). Pendekatan PAIKEM berbantuan brain gym berpengaruh terhadap konsentrasi belajar IPA. Mimbar Pgsd Undiksha, 8(2), 225-237.

Sayekti, I. C., & Kinasih, A. M. (2017). Kemampuan guru menerapkan keterampilan proses sains dalam pembelajaran IPA pada siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 97-105.

Suparwata, D. M. (2020). Penerapan pembelajaran berbasis paikem untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Tahun Pelajaran 2011/2012. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 1(1), 66-79.

Susanti, E. (2017). Penerapan model pembelajaran probing-prompting untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis Matematis siswa kelas XI. IPA MAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1).

Widyastuti Dyah Ayu dkk. (2014). Penerapan model pembelajaran probingprompting untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 2 Antosari Kecamatan Selemadeg Barat. E Journal Universitas Pendidikan Ganesaha Singaraja.




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v10i01.309

Article Metrics

Abstract view : 148 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.