Penerapan Model ITM berbantuan Media Couple Card dalam Pembelajaran IPS di SD

Sri Ayumi

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas VI SD Negeri Pekalongan Kecamatan Winong Kabupaten Pati yang meliputi: peningkatan keaktifan siswa, keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran ITM berbantuan media Couple Card di kelas VI SD. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi keterampilan guru dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan (1) peningkatan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 15,5 dengan kriteria baik dan siklus II sebesar 19,4 dengan kriteria sangat baik; (2) peningkatan keterampilan guru dari siklus I sebesar 44 dengan kriteria baik menjadi 57 dengan kriteria sangat baik pada siklus II; dan (3) peningkatan hasil belajar siswa yaitu nilai ketuntasan siswa sebesar 72,22% pada siklus I meningkat menjadi sebesar 88,89% pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model ITM berbantuan media Couple Card dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas VI SD Negeri Pekalongan Kecamatan Winong Kabupaten Pati.
Kata kunci: Model ITM, Couple Card, IPS

Full Text:

PDF

References


Amir, M. F., & Sartika, S. B. (2017). Metodologi penelitian dasar bidang pendidikan. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Poedjiadi, A. (2005). Sains teknologi masyarakat. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Slavin, R. E. (1995). Cooperative learning theory, research and practice. Second edition. Boston: Allyn and Bacon.

Suparno, P. (1997). Filsafat konstruktivisme dalam pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wahyuningsih, F. (2018). Penerapan model pembelajaran Ilmu Teknologi Masyarakat terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Keboan Sikep. http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2959

Yusmantara, U. (2014). Penerapan model ITM pada pembelajaran IPS pengaruhnya terhadap pemahaman konsep dan keterampilan sosial siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora, 6(1), 1-7.




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v9i02.278

Article Metrics

Abstract view : 182 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.