Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika tentang Bilangan Berpangkat melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Siami Siami

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa tentang Bilangan Berpangkat dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IXA SMP Negeri 5 Ungaran; (2) meningkatkan hasil belajar tentang Bilangan Berpangkat; (3) Mengetahui peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar. Penelitian tindakan kelas dilakukan di SMP Negeri 5 Ungaran Januari-Februari 2016. Subjek penelitian: siswa kelas IXA berjumlah 30. Hasil penelitian: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Keaktifan belajar siswa kondisi awal yaitu 68,3%. Pada siklus I meningkat menjadi 77,4%. Pada siklus II meningkat menjadi 85,1%. Peningkatan keaktifan siswa rata-rata sebesar 7,7%; (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. Pada pembelajaran prasiklus nilai rata-rata 59,03 dengan ketuntasan belajar 10%, pada siklus I nilai rata-rata 70,13 dengan ketuntasan belajar 40%. Pada siklus II nilai rata-rata 78,23 dengan ketuntasan belajar 73,33%; (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dari kondisi awal 68,8% hingga siklus II 85,1% dan meningkatkan hasil belajar pokok bahasan Bilangan Berpangkat dari kondisi awal rata-rata 59,03 hingga siklus II 78,23. Berdasarkan nilai hasil belajar siklus II ini ketuntasan belajar klasikal telah mencapai  70%.
Kata Kunci: keaktifan, model pembelajaran kooperatif tipe STAD

Full Text:

PDF

References


Faridah. (2009). Keefektifan pembelajaran Kooperatif STAD berbantuan Microsoft Power Point terhadap hasil belajar siswa materi pokok Segi Empat Kelas VII Semester II SMP N 3 Ungaran Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi tidak diterbitkan. Jurusan Matematika FMIPA Unnes.

Purwanto. (2009). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosyadi, M. A. (2009). Keefektifan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan bantuan CD pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 23 Semarang pada materi pokok Kubus dan Balok. Skripsi tidak diterbitkan. Jurusan Matematika FMIPA Unnes.

Septiadi, R. (2008). Upaya peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw di SMPN 1 X Koto Singkarak. www.pendidikannetwork.com

Slavin, R. E. (2010). Cooperative learning teori, riset, dan praktik. Bandung: Nusa Media.

Tri Anni, C. (2004). Psikologi belajar. Semarang: UNNES.

Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Winataputra, U. S., dkk. (2007). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yudha. (2011). Mengapa pelajaran Matematika kurang disukai? Dikutip dari:

http://deepyudha.blogspot.co.id/




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v9i02.277

Article Metrics

Abstract view : 132 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.