Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran berbasis Teks pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VIIA

Magdalena Rustini

Abstract


Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Inggris melalui penerapan Model Pembelajaran berbasis Teks pada kelas VII A SMP N 5 Ungaran, semester Gasal tahun 2015. Instrumen penelitian yaitu observasi dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa dari kondisi awal, siklus 1 dan siklus 2 terus mengalami peningkatan. Pada kondisi awal ke siklus 1 dan ke siklus 2 persentase siswa yang keaktifannya dengan kategori rendah terus mengalami penurunan, yakni 53% - 18% - 0%. Kategori sedang yaitu dari 29% - 61% - 11%. Sedangkan yang kategorinya tinggi dari 18% - 21% - 89%. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan. Persentase siswa yang belum tuntas terus mengalami penurunan dari siklus 1 ke siklus 2 dari 26,47% menjadi 8,82%. Persentase siswa yang sudah tuntas mengalami kenaikan dari siklus 1 ke siklus 2 dari 73,53% menjadi 91,18%. Indikator keberhasilan PTK ini bahwa PTK ini dikatakan berhasil jika persentase siswa yang dinilai hasil belajarnya tuntas mencapai minimal 85%.

Kata Kunci: pembelajaran berbasis teks, keaktifan, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendy, dkk. (2014). Strategi PQ4R untuk meningkatkan ketrampilan membaca intensif siswa kelas IV B SD 121 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 3(2).

Hammond, J., Burns, A., Joyce, H., Brosnan, D., & Gerot, L. (1992). English for special purposes: a handbook for teachers of adult literacy. Sydney: NCELTR, Macquarie University Press. Hudaria. (2015). Meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Inggris pada aspek membaca dengan menerapkan strategi KWL (Know-Want To Know- Learned) pada siswa Kelas XI IPA 1 Semester 1 SMAN 4 Bengkalis T.P 2014/2015. Jurnal Pendidikan: Intelektual dan Edukatif, 5(1), 42-68. Retrieved from http://jurnaljunjunganpendidikan.com/index.php/jp/article/view/50 Jeniwati, dkk. (2014). Upaya peningkatan hasil belajar belajar Bahasa Inggris melalui penerapan strategi pemahaman bacaan Directed Reading Thingking Activity (DRTA) pada siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Binjai. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2).

Listiana. (2013). Upaya meningkatkan keaktifan belajar Bahasa Indonesia melalui strategi Reading Alous (Membaca Keras) pada siswa Kelas IV SDN Sumbersari 01 Tahun Pelajaran 2012/2013). Surakarta.

Martinis, Y. (2007). Kiat membelajarkan siswa. Jakarta: Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI).

Purwanto, M. N. (1995). Ilmu pendidikan teoritis dan praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Richard, M. S. (2015). Efektivitas organisasi. Jakarta: Erlangga.

Suardi, M. (2018). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v9i02.276

Article Metrics

Abstract view : 341 times
PDF - 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.