Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar PKn dengan Materi Norma dan Keadilan melalui Metode Diskusi Kelas VII D

Eva Adiniatika

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar PKn peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Ungaran materi norma dan keadilan melalui metode Diskusi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII D SMP N 5 Ungaran. Teknik pengumpulan data menggunakan 2 teknik yaitu tes dan non tes. Untuk bentuk tes menggunakan instrumen tes tertulis sedangkan untuk non tes menggunakan instrumen lembar observasi, angket, dan pedomen wawancara. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif menggunakan pengamatan analisis deskriptif dan komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes seletah siklus I, nilai tes setelah siklus II, kemudian di refleksi. Data Kualitatif hasil pengamatan maupun wawancara menggunakan analisis diskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi dan refleksi dari setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan metode diskusi dengan materi Norma dan Keadilan dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri 5 Ungaran berjalan dengan baik. Hal tersebut ditunjukkaan siswa sangat aktif menjawab pertanyaan serta siswa memperhatikan penjelasan dengan seksama. Hasil penilaian aspek psikomotorik menggunakan Metode Diskusi, aktivitas siswa dalam menyampaikan hasil kerja kelompok di depan kelas sudah baik.

Kata Kunci: hasil belajar, norma dan keadilan, metode diskusi


Full Text:

PDF

References


B. R. Hergen H. & Matthew H. Olson. (1997). An introduction to theories of learning. United States Of America.

Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhibbin, S. (2005). Psikologi pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, E. (2005). Kurikulum berbasis kompetensi: konsep, karakteristik dan implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nuroniah, N. (2008). Implementasi model pembelajaran diskusi berbantuan komputer untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa SMA Islam I Surakarta pada materi Sistem Periodik. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(3).

Rochiati, W. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Safitri, H. A. (2007). Pengaruh pembelajaran kooperatif diskusi terhadap prestasi belajar Akuntansi pada siswa kelas I program Keahlian Akuntansi di SMK Batik Tahun Ajaran 2006/2007. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2).

Santoso, W. T. (2008). Implementasi metode diskusi model Ular Tangga yang disertai media komputer untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar di SMA Al-Muayyad Surakarta mengalami peningkatan dengan menggunakna metode diskusi. UNS Surakarta.

Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slavin, R. E. (2008). Cooperative learning: Teori, Riset dan Praktik.

Sudjana, N. (1991). Penelitian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumantri, M. N. (2001). Menggagas pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumarsono, dkk. (2002). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Raja Grafmdo Persada.

Widiyoko, E. P. (2008). Model evaluasi program pembelajaran IPS di SMP. http://www.umpmr.ac.id/model/2008/model/evaluasi/program/pembelajaran/ips/di/smp/. Diunduh tanggal 8 Mei 2009, pukul 13.02 WIB




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v9i02.272

Article Metrics

Abstract view : 129 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.