Sikap Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kedisiplinan Guru SMK PGRI III Salatiga

Praptiningsih Praptiningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap kepemimpinan kepala sekolah pada SMK PGRI III Salatiga. Jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK PGRI III Salatiga. Sumber data dalam penelitian ini dikaji dari dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder, data primer adalah keterangan yang diperoleh dari kepala sekolah sedangkan data sekunder yaitu berupa informasi yang diperoleh dari guru. Kemudian penelitian ini difokuskan pada kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan Guru SMK PGRI III Salatiga. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah metode model analisis interaksi, di mana komponen reduksi data dan sajian data dapat dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data, setelah data terkumpul, maka tiga komponen analisis (reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan) berinteraksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan yang diterapkan oleh Kepala SMK PGRI III Salatiga merupakan kepemimpinan yang demokratis. Hal ini ditunjukkan bahwa setiap proses penetapan kebijakan dan penentuan strategi sekolah selalu mengikutsertakan semua dewan guru yang ada di sekolah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1990). Managemen pengajaran cecara manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.

Daroeso, B. (1986). Dasar dan konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: CV. Aneka Ilmu.

Djunaedi, A. (1995). Langkah-langkah pokok gerakan disiplin nasional. Jakarta: Arpindo.

Idochi, A., M. (1987). Kepemimpinan dalam proses belajar mengajar. Bandung: Angkasa.

J. Moleong, L. (1990). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Keating, J., C. (1986). Kepemimpinan teori dan pengembangan. Yogyakarta: Kanisius.

Lazaruth, S. (1984). Kepala sekolah dan tanggung jawabnya. Bandung: Kanisius.

Lemhanas. (1998). Disiplin nasional. Jakarta: Balai Pustaka.

MP, Purwanto, Ngalim. (1992). Administrasi dan supervisi pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasution, S. (1986). Didaktik asas-asas mengajar. Bandung: Jemmers.

Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah

Rachman, M. (1999). Strategi dan langkah-langkah penelitian. Semarang: IKIP Semarang Press.

Rivai, V., dkk. (2009). Kepemimpinan dan perilaku organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sauri, A., S., Widyasari, & Sesrita, A. (2018). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, Tadbir Muwahid, (Online), 2(1), (http://ojs.unida.ac.id/index.php/JTM/article/view/1160, diakses 16 April 2021)

Saputroe, B., T. (2016). Kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya peningkatan kinerja guru di Smk PGRI 1 Gresik. Journal Unesa, 01(01), 0-002.

Walgito, B. (1980). Psikologi sosial. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v9i1.237

Article Metrics

Abstract view : 138 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.