Implementasi Model Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Kepuasan Belajar Mahasiswa PGSD Undaris

Bagas Kurnianto

Abstract


Struktur pembelajaran berbasis penemuan merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan pendidikan di era society 5.0. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui implementasi model inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dan kepuasan belajar mahasiswa PGSD di Undaris. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Undaris semester 2 pada mata kuliah perkembangan peserta didik sejumlah 18 mahasiswa. Prosedur penelitian tindakan kelas berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasilnya menunjukkan penerapan model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan kepuasan belajar mata kuliah perkembangan peserta didik mahasiswa. Keterampilan komunikasi setiap siklus mengalami peningkatan. Rata-rata siklus I sebesar 67,7% dan siklus II sebesar 89,2% sehingga dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,5%. Sedangkan hasil kepuasan belajar setiap siklus juga mengalami peningkatan. Rata-rata siklus I sebesar 70,7% dan siklus II sebesar 91,4% sehingga dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 20,7%

Full Text:

PDF

References


Akmal, R. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Stad terhadap keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 228-235.

Ardiawan, I. K. N. (2020). Implementasi pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya (Vol.1, No. 2).

Aulia, V., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2019). Pengaruh model pembelajara inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET terhadap keterampilan proses sains peserta didik SMAN 1 Tanjung tahun ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 353-358.

Banerjee, A. (2010). Teaching science using guided Inquiry as the central theme: a professional development model for hight school science teachers. FALL Science Educator, 19(2): 1-9.

Hakim, M., & Mulyapradana, A. (2020). Pengaruh penggunaan media daring dan motivasi belajar terhadap kepuasan mahasiswa pada saat pandemik covid-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 154-160.

Haryanti, A., & Suwarma, I. R. (2018). Profil keterampilan komunikasi siswa SMP dalam pembelajaran IPA berbasis STEM. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 49-54.

Hatta, M. (2017). Unsur-unsur dinamis pembelajaran fasilitas belajar dan motivasi berprestasi terhadap kepuasan siswa MTs. Manajemen Pendidikan, 12(1), 38-47.

Ika, Y. E. (2018). Pembelajaran berbasis laboratorium IPA untuk melatih keterampilan komunikasi ilmiah siswa SMP kelas VII. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(2), 101-113.

Indriwati, S. E., Susilo, H., & Anggrella, D. P. (2019). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lesson study pada mata kuliah Keanekaragaman Hewan untuk meningkatkan kecakapan komunikasi dan hasil belajar kognitif mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 38-46.

Indriyani, U. (2020). Upaya meningkatkan keterampilan komunikasi siswa dalam pembelajaran Sejarah melalui strategi giving question getting answer. FACTUM: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 9(1), 85-94.

Inten, N.D. 2017. Pengembangan keterampilan berkomunikasi anak usia dini melalui metode bermain peran. Jurnal Media Tor, 10(1): 109-120.

Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103-111.

Khoiri, N., Huda, C., & Assegaf, H. (2020). Pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan alat peraga konstanta pegas digital untuk meningkatkan keterampilan generik sains. Physics Education Research Journal, 2(2), 131-140.

Komalasari, B. S., Jufri, A. W., & Santoso, D. (2019). Pengembangan bahan ajar IPA berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan literasi sains. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2), 219-227.

Komariyah, L., & Syam, M. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dan motivasi terhadap hasil belajar Fisika siswa. Saintifika, 18(1).

Marzuki, K., & Amir, R. (2019, December). Kepuasan belajar warga belajar pada program kesetaraan Paket C. In Seminar Nasional LP2M UNM.

Matthew, B. M. & Kenneth, I. O. (2013). A Study on the effects of guided inquiry teaching method on students achievement in logic. International Researcher, 2(1): 133– 140.

Muliani, N. K. D., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107-114.

Pertiwi, E. F. (2018). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar Fisika peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 3 Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 129-138.

Pratiwi, K. F., Wijayati, N., Mahatmanti, F. W., & Marsudi, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis penilaian autentik terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Purwati, R., Prayitno, B. A., & Sari, D. P. (2016). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi sistem ekskresi kulit untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA. Proceeding Biology Education Conference, 13(1): 325-329.

Putri, A. J., & Arsil, A. (2020). Analisis pencapaian keterampilan komunikasi pada proses pembelajaran. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), 154-161.

Raharjo, T. J. (2019). Fase-fase perkembangan peserta didik. Semarang: UNNES PRESS.

Rizal, N., & Fitriza, Z. (2020). Deskripsi keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa SMA pada pembelajaran Titrasi Asam-basa dengan model inkuiri terbimbing dan berbasis masalah. Edukimia.

Rofi'uddin, M., Sulistiani, I. R., & Ertanti, D. W. (2020). Pengaruh keterampilan komunikasi terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas V MI Attaraqqie Kota Malang. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 1-6.

Sari, N. L. B. A. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audio-visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV. e-journal pendidikan universitas pendidikan ganesha program studi PGSD. (volume 5 Tahun 2017).

Sefalianti, B. (2014). Penerapan pendekatan inkuiri terbimbing terhadap kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 209697.

Sen, S., Ayhan, G., & Geban, O. (2015). The effect of process oriented guided inquiry learning environment of student self-regulated learning skills. International Journal Problem of Education in the 21 Century, 6(54).

Susanto, Dewi, N.D.,& Irsadi, A. (2013). Pengembangan multimedia interaktif dengan education game pada pembelajaran IPA Terpadu tema Cahaya untuk siswa SMP/MTs. Unnes Science Education Journal, 2(1): 230-238.

Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA dan sikap ilmiah pada siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15-21.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v9i1.230

Article Metrics

Abstract view : 325 times
PDF - 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.