Implementasi Model Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Kepuasan Belajar Mahasiswa PGSD Undaris
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Akmal, R. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Stad terhadap keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 228-235.
Ardiawan, I. K. N. (2020). Implementasi pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya (Vol.1, No. 2).
Aulia, V., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2019). Pengaruh model pembelajara inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET terhadap keterampilan proses sains peserta didik SMAN 1 Tanjung tahun ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 353-358.
Banerjee, A. (2010). Teaching science using guided Inquiry as the central theme: a professional development model for hight school science teachers. FALL Science Educator, 19(2): 1-9.
Hakim, M., & Mulyapradana, A. (2020). Pengaruh penggunaan media daring dan motivasi belajar terhadap kepuasan mahasiswa pada saat pandemik covid-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 154-160.
Haryanti, A., & Suwarma, I. R. (2018). Profil keterampilan komunikasi siswa SMP dalam pembelajaran IPA berbasis STEM. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 49-54.
Hatta, M. (2017). Unsur-unsur dinamis pembelajaran fasilitas belajar dan motivasi berprestasi terhadap kepuasan siswa MTs. Manajemen Pendidikan, 12(1), 38-47.
Ika, Y. E. (2018). Pembelajaran berbasis laboratorium IPA untuk melatih keterampilan komunikasi ilmiah siswa SMP kelas VII. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(2), 101-113.
Indriwati, S. E., Susilo, H., & Anggrella, D. P. (2019). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lesson study pada mata kuliah Keanekaragaman Hewan untuk meningkatkan kecakapan komunikasi dan hasil belajar kognitif mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 38-46.
Indriyani, U. (2020). Upaya meningkatkan keterampilan komunikasi siswa dalam pembelajaran Sejarah melalui strategi giving question getting answer. FACTUM: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 9(1), 85-94.
Inten, N.D. 2017. Pengembangan keterampilan berkomunikasi anak usia dini melalui metode bermain peran. Jurnal Media Tor, 10(1): 109-120.
Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103-111.
Khoiri, N., Huda, C., & Assegaf, H. (2020). Pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan alat peraga konstanta pegas digital untuk meningkatkan keterampilan generik sains. Physics Education Research Journal, 2(2), 131-140.
Komalasari, B. S., Jufri, A. W., & Santoso, D. (2019). Pengembangan bahan ajar IPA berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan literasi sains. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2), 219-227.
Komariyah, L., & Syam, M. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dan motivasi terhadap hasil belajar Fisika siswa. Saintifika, 18(1).
Marzuki, K., & Amir, R. (2019, December). Kepuasan belajar warga belajar pada program kesetaraan Paket C. In Seminar Nasional LP2M UNM.
Matthew, B. M. & Kenneth, I. O. (2013). A Study on the effects of guided inquiry teaching method on students achievement in logic. International Researcher, 2(1): 133– 140.
Muliani, N. K. D., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107-114.
Pertiwi, E. F. (2018). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar Fisika peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 3 Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 129-138.
Pratiwi, K. F., Wijayati, N., Mahatmanti, F. W., & Marsudi, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis penilaian autentik terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Purwati, R., Prayitno, B. A., & Sari, D. P. (2016). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi sistem ekskresi kulit untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA. Proceeding Biology Education Conference, 13(1): 325-329.
Putri, A. J., & Arsil, A. (2020). Analisis pencapaian keterampilan komunikasi pada proses pembelajaran. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), 154-161.
Raharjo, T. J. (2019). Fase-fase perkembangan peserta didik. Semarang: UNNES PRESS.
Rizal, N., & Fitriza, Z. (2020). Deskripsi keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa SMA pada pembelajaran Titrasi Asam-basa dengan model inkuiri terbimbing dan berbasis masalah. Edukimia.
Rofi'uddin, M., Sulistiani, I. R., & Ertanti, D. W. (2020). Pengaruh keterampilan komunikasi terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas V MI Attaraqqie Kota Malang. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 1-6.
Sari, N. L. B. A. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audio-visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV. e-journal pendidikan universitas pendidikan ganesha program studi PGSD. (volume 5 Tahun 2017).
Sefalianti, B. (2014). Penerapan pendekatan inkuiri terbimbing terhadap kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 209697.
Sen, S., Ayhan, G., & Geban, O. (2015). The effect of process oriented guided inquiry learning environment of student self-regulated learning skills. International Journal Problem of Education in the 21 Century, 6(54).
Susanto, Dewi, N.D.,& Irsadi, A. (2013). Pengembangan multimedia interaktif dengan education game pada pembelajaran IPA Terpadu tema Cahaya untuk siswa SMP/MTs. Unnes Science Education Journal, 2(1): 230-238.
Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA dan sikap ilmiah pada siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15-21.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).
DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v9i1.230
Article Metrics
Abstract view : 325 timesPDF - 48 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.