UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PGSD UNDARIS MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPS

Nimas Puspitasari

Abstract


Penelitian Ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar konsep dasar IPS PGSD UNDARIS dengan  menerapkan pembelajaran Problem Base Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model spiral Kemmis dan Mc Taggart dengan alur perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dilaksanakan dengan siklus I dan siklus II . Teknik pengumpulan data dalam penelitian melalui, observasi, dan tes. Hasil belajar kognitif mahasiswa dengan penerapan kegiatan pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I mencapai nilai tuntas secara klasikal dengan presentase 75%, dengan jumlah nilai tuntas sebanyak 9 mahasiswa, nilai tidak tuntas sebanyak 3 mahasiswa dengan nilai rata- rata 78,4. Pada siklus II nilai tuntas mahasiswa secara klasikal dengan presentase 92% dengan nilai tuntas sebanyak 11 mahasiswa, tidak tuntas sebanyak 1 mahasiswa, dengan nilai rata- rata 78,4% dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) Klasikal yang sudah di tetapkan sebesar 75%. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 17%. Penerapan pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I    mencapai nilai 23 atau 82%, sedangkan pada siklus II mencapai nilai 26 atau 93% dengan peningkatan sebesar 11%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapkan pembelajaran Problem Base Learning dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Konsep Dasar IPS.

Full Text:

PDF

References


R. Afandi, Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPS Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa PGSD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Tema “Peningkatan Ku. 2015.

Surahman,Edy. 2017. Peran Guru IPS Sebagai Pendidik Dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Siswa Smp Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS Volume 4, No 1, Maret 2017 (1-13) Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS p-ISSN: 2356-1807 e-ISSN: 2460-7916http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi

Arsika, I Made Budi. 2016. Buku Pedoman Problem Based Learning (PBL). Unit Penjaminan Mutu Fakultas Hukum : Universitas UDAYANA

Nafiah, Yunin Nurun. Jurnal Pendidikan Vokasi : Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan PPs UNY: Universitas Negeri Yogyakarta

Team dosen UNIMED. 2019. Bahan Perkuliahan Konsep Dasar IPS. Medan: UNIMED

Adminpadamu. 2018. Hakikat dan Tujuan sPendidikan IPS: Pendidikan Indonesia. http://www.padamu.net (diumduh 20 Maret 2020)

Ardy, Kurniawan Wisnu.2014.Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Lightening The Learning Climate Bagi Siswa Kelas V SD 01 Tawangmangu Tahun 2013/2014.Skripsi.Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaifudin, Ahmad, dkk. Peningkatan Kemampuan Berpendapat Mahasiswa Melalui Problem Based Learning (PBL) Sebagai Pendukung Pencapaian Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada kuliah Pragmatik, Jurnal Penelitian Pendidikan , Vol 32 Nomor 2 Tahun 2015




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v7i1.142

Article Metrics

Abstract view : 312 times
PDF - 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.