PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS PADA DABIN 1 KORWILCAM BIDANG PENDIDIKAN KECAMATAN SUMOWONO

Sarjono Sarjono

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran berbasis Kurikulum 2013. Sebagian besar guru mengalami kesulitan menerapkan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 karena pada tahun pelajaran sebelumnya masih menerapkan pembelajaran dengan Kurikulum 2006. Oleh sebab itu, peneliti menerapkan Supervisi Akademik untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013. Penelitian dilaksanakan di Dabin 1 Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Sumowono, dengan populasi guru kelas VI yang berjumlah 13 orang. Dipilih 6 orang guru sebagai sampel, dengan teknik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan Kepengawasan (PTKp) dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi dan catatan lapangan. Amalsis data dilakukan dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, perolehan nilai kompetensi pedagogik guru pada siklus I adalah sebesar 73,3. Nilai ini meningkat dari hasil nilai pra penelitian yang hanya sebesar 62,5. Selanjutnya pada siklus II diperoleh nilai kompetensi pedagogik guru sebesar 80,7. Dapat diketahui bahwa nilai kompetensi pedagogik guru selalu mengalami peningkatan setelah dilaksanakan Supervisi Akademik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Supervisi Akademik efektif untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013.

Full Text:

PDF

References


Asmina. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Klas III SDN 009 Teluk Pauh Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). Vol 3 (2). 753-757.

Daryanto dan Tasrial. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press.

Dirjen PMPTK. (2012). Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2012: Buku 4 Rambu-Rambu Pelaksanan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru. Jakarta: Kemendikbud.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Stan¬dar Nasional Pendidikan. 2012. Bekasi: Binamitra Publishing.

Prihono, Herry. (2014). Model Supervisi Akademik Berbasis Evaluasi Diri Melalui MGMP Sekolah untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SMK di Kabupaten Wonogiri.Jurnal Educational Management. Vol 3 (2). 126-132.

Purwanto, Imam. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam proses Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Melalui Supervisi Akademik Semester Satu tahun Pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 9 Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education. Vol 5 (1). 286-296.

Rasmita, Dana. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pelaksanaan Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SD Negeri 017 Pasri Emas. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol 3 No 3. 560-569.

Samudi. (2018) Penerapan Supervisi Akademik sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol 1 No 1. 142-149.

Sapoetra, Jimmy. Kompetensi Pedagogik. Diakses melalui laman web https://pgsd.binus.ac.id/2017/12/31/kompetensi-pedagogik/.

Suryenti. (2017). Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui Supervisi Akademik di SDN 12 Sungai Limau. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol 02 (02). 477-486.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v7i1.140

Article Metrics

Abstract view : 100 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.