ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS DITINJAU DARI KEBIASAAN MEMBACA, MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agriawan, M.R., Tampubolon, S., & Kurnia, D. (2012). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. ejournal.unpak.ac.id, 1-8
Ariningtyas, A., Wardani, S., & Mahatmanthi, W. (2017). Efektifitas Lembar Kerja Siswa Bermuatan Etnosains Materi Hidrolisis Garam Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 187-196
Bagiarta, I.N., Karyasa, I.W., & Suardana, I Nyoman. (2015). Komparasi Literasi Sains Antara Siswa Yang Dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) dan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA, V: 1-11
Fijayanti, I.U.D.R. (2015). Program Membaca Lima Belas Menit (Sustained Silent Reading) Pada Siswa dan Siswi Sekolah Dasar Negeri di Kota Surabaya. Journal Unair, 4(3), 1-18
Gaona, J.C., Galicia., & Gonzalez, E.R.V. (2011). Relationship Between Reading Habits, University Library and Academic Performance in A Sample of Psychology Students. Revista De La Educacion Superior, XL(1): 55-73
Hanifah, P.D., Marwoto, P., & Sugianto. (2016). Pengaruh Kemampuan Kognitif, Kreastivitas, Dan Memecahkan Masalah Terhadap Sikap Ilmiah Siswa SD. Journal of Primary Education, 5(1): 10-20
Leonard. (2013). Peran Kemampuan Berpikir Lateral dan Positif Terhadap Prestasi Belajar dan Evaluasi Pendidikan. Cakrawala Pendidikan. XXXII (1), 54-63
Maharsi, I. (2016). Finding Connection Between Extensive Reading And Story Writing. Cakrawala Pendidikan, XXXV(2), 187-197
Maskuri., Purta, N.M.D., & Sarwi. (2016). Model Pembelajaran Quantum Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA SD. Journal of Primary Education, 5(2), 130-137
Mulyono, (2014). Korelasi Antara Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VI SDN 1 Josari Kabupaten Ponorogo. NOSI, 2(4), 323-330
Ndapaloka, V., Hardyanto, W., & Prihatin, T. (2016). Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Melalui Motivasi Berprestasi Sebagai Mediasi Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Kabupaten Ende. Educational Management, 5(1): 42-54
Ningrum, Sulistia & Matondang, Saiful Anwar. (2017). The Correlation between Students Motivations and Achievement in Reading Comprehension. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 4(7): 3636-3639
Nuh, M. (2014). Aplikasi Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 Berkontribusi Positif Terhadap Pengembangan Literasi Siswa Dalam Matematika dan IPA. https://www.academia.edu/9100714/Literasi Lintas Kurikulum (Diunduh 22 Oktober 2016)
Owusu-Acheaw, M. (2014). Reading Habits Among Students and its Effect on Academic Performance: A Study of Students of Koforidua Polytechnic. Library Philosophy and Practice (E-journal). 1130. http://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/1130
Pakpahan, R. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Capaian Literasi Matematika Siswa Indonesia dalam PISA 2012. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(3). 331-347
Palpani, K.K. (2012). Promising Reading Habits an Creating Literate Social. International Reference Research Journal, III(2). 91
Patrick, A.O., Kpangban, E., & Chibueeze, O.O. (2007). Motivation effects on test scores of senior secondary school science students. Study Home Community Science, 1(1), 57-64.
Permanasari, A. (2014) . Kurikulum 2013 : Implikasinya Dalam Pembelajaran di Sekolah, Pendidikan Profesi dan Pendidikan Tinggi. Makalah. Seminar Nasional Pendidikan Karakter di Gedung SCC Palopo, Palopo. 03 Mei 2014.
Rahma, A.D., Sulhadi., & Sumarti, S.S. (2016). Implementasi Pembelajaran Sains Dengan Media Fotonovela Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD/MI. Journal of Primary Education, 5(1), 1-9
Rafiqah, M., Yusmansyah, M.S. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Alibkin, 02(2)
Riduwan & Kuncoro, E.A. 2014. Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung. Alfabeta
Sainer, Mohammad. 2014. Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kebiasaan Membaca Siswa dengan Prestasi Belajar IPS pada Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Labuhan Ratu Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013/2014. digilib unila.ac.id (diakses 30 September 2017)
Sandjojo, N. 2011. Metode Analisis Jalur (Path Analysis) dan Aplikasinya. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan
Susilo, A.B., Wiyanto & Supartono. (2012). Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 1(1), 12-20
Susilowati, S. (2016). Meningkatkan Kebiasaan Membaca Buku Informasi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru" COPE", 01, 41-49
Setiawati, I.K., Rusilowati, A., Khumaedi. (2013). Pembuatan Buku Cerita IPA Yang Mengintegrasikan Materi Kebencanaan Alam Untuk Meningkatkan Literasi Membaca dan Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2): 129-135
Turmo, Are. (2004). Scientific Literacy and Socio-economic Background among 15 Year Olds :A Nordic Perspective. Scandinavian Journal of Educational Research, 48(3):290-304
Wahyuningtyas, Neni., Sumarmi & Suryantoro Agus. (2012). Hubungan Minat dan Kebiasaan Membaca dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Tesis. Wahyuningtyas, Neni., Sumarmi & Suryantoro Agus. (2012). Hubungan Minat dan Kebiasaan Membaca dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Tesis
DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v7i1.139
Article Metrics
Abstract view : 1136 timesPDF - 350 times
Refbacks
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.