ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS DITINJAU DARI KEBIASAAN MEMBACA, MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR

Rosmalah Yanti

Abstract


Penelitian ini berangkat dari fakta bahwa siswa yang telah dibiasakan membaca, memiliki motivasi belajar, dan prestasi belajar yang baik ternyata kemampuan literasi sainsnya masih rendah. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Metode penelitian ini Ex Post Facto dengan variabel kebiasaan membaca, motivasi belajar, prestasi belajar, dan kemampuan literasi sains. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII sejumlah 193 siswa dengan sampel 112 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner kebiasaan membaca dan motivasi belajar serta soal kemampuan literasi sains yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Kebiasaan membaca berpengaruh secara langsung sebesar 0,16% terhadap motivasi belajar, 9,67% terhadap prestasi belajar, dan 3,6% terhadap kemampuan literasi sains. Kebiasaan membaca dan motivasi belajar memberikan pengaruh langsung sebesar 1,58% terhadap prestasi belajar, dan prestasi belajar terhadap kemampuan literasi sains sebesar 7,12%. Selain pengaruh langsung, kebiasaan membaca berpengaruh sebesar 0,50% terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar, serta berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains melalui motivasi belajar sebesar 0,13%. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains secara dominan dipengaruhi oleh kebiasaan membaca. Kebiasaan membaca mempengaruhi motivasi belajar dan prestasi belajar. Namun, motivasi belajar tidak mempengaruhi kemampuan literasi sains. Saran yang diberikan adalah agar siswa dilatih dan dibiasakan mengerjakan soal-soal yang menguji kemampuan literasi sains.

Full Text:

PDF

References


Agriawan, M.R., Tampubolon, S., & Kurnia, D. (2012). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. ejournal.unpak.ac.id, 1-8

Ariningtyas, A., Wardani, S., & Mahatmanthi, W. (2017). Efektifitas Lembar Kerja Siswa Bermuatan Etnosains Materi Hidrolisis Garam Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 187-196

Bagiarta, I.N., Karyasa, I.W., & Suardana, I Nyoman. (2015). Komparasi Literasi Sains Antara Siswa Yang Dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) dan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA, V: 1-11

Fijayanti, I.U.D.R. (2015). Program Membaca Lima Belas Menit (Sustained Silent Reading) Pada Siswa dan Siswi Sekolah Dasar Negeri di Kota Surabaya. Journal Unair, 4(3), 1-18

Gaona, J.C., Galicia., & Gonzalez, E.R.V. (2011). Relationship Between Reading Habits, University Library and Academic Performance in A Sample of Psychology Students. Revista De La Educacion Superior, XL(1): 55-73

Hanifah, P.D., Marwoto, P., & Sugianto. (2016). Pengaruh Kemampuan Kognitif, Kreastivitas, Dan Memecahkan Masalah Terhadap Sikap Ilmiah Siswa SD. Journal of Primary Education, 5(1): 10-20

Leonard. (2013). Peran Kemampuan Berpikir Lateral dan Positif Terhadap Prestasi Belajar dan Evaluasi Pendidikan. Cakrawala Pendidikan. XXXII (1), 54-63

Maharsi, I. (2016). Finding Connection Between Extensive Reading And Story Writing. Cakrawala Pendidikan, XXXV(2), 187-197

Maskuri., Purta, N.M.D., & Sarwi. (2016). Model Pembelajaran Quantum Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA SD. Journal of Primary Education, 5(2), 130-137

Mulyono, (2014). Korelasi Antara Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VI SDN 1 Josari Kabupaten Ponorogo. NOSI, 2(4), 323-330

Ndapaloka, V., Hardyanto, W., & Prihatin, T. (2016). Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Melalui Motivasi Berprestasi Sebagai Mediasi Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Kabupaten Ende. Educational Management, 5(1): 42-54

Ningrum, Sulistia & Matondang, Saiful Anwar. (2017). The Correlation between Students Motivations and Achievement in Reading Comprehension. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 4(7): 3636-3639

Nuh, M. (2014). Aplikasi Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 Berkontribusi Positif Terhadap Pengembangan Literasi Siswa Dalam Matematika dan IPA. https://www.academia.edu/9100714/Literasi Lintas Kurikulum (Diunduh 22 Oktober 2016)

Owusu-Acheaw, M. (2014). Reading Habits Among Students and its Effect on Academic Performance: A Study of Students of Koforidua Polytechnic. Library Philosophy and Practice (E-journal). 1130. http://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/1130

Pakpahan, R. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Capaian Literasi Matematika Siswa Indonesia dalam PISA 2012. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(3). 331-347

Palpani, K.K. (2012). Promising Reading Habits an Creating Literate Social. International Reference Research Journal, III(2). 91

Patrick, A.O., Kpangban, E., & Chibueeze, O.O. (2007). Motivation effects on test scores of senior secondary school science students. Study Home Community Science, 1(1), 57-64.

Permanasari, A. (2014) . Kurikulum 2013 : Implikasinya Dalam Pembelajaran di Sekolah, Pendidikan Profesi dan Pendidikan Tinggi. Makalah. Seminar Nasional Pendidikan Karakter di Gedung SCC Palopo, Palopo. 03 Mei 2014.

Rahma, A.D., Sulhadi., & Sumarti, S.S. (2016). Implementasi Pembelajaran Sains Dengan Media Fotonovela Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD/MI. Journal of Primary Education, 5(1), 1-9

Rafiqah, M., Yusmansyah, M.S. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Alibkin, 02(2)

Riduwan & Kuncoro, E.A. 2014. Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung. Alfabeta

Sainer, Mohammad. 2014. Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kebiasaan Membaca Siswa dengan Prestasi Belajar IPS pada Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Labuhan Ratu Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013/2014. digilib unila.ac.id (diakses 30 September 2017)

Sandjojo, N. 2011. Metode Analisis Jalur (Path Analysis) dan Aplikasinya. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan

Susilo, A.B., Wiyanto & Supartono. (2012). Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 1(1), 12-20

Susilowati, S. (2016). Meningkatkan Kebiasaan Membaca Buku Informasi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru" COPE", 01, 41-49

Setiawati, I.K., Rusilowati, A., Khumaedi. (2013). Pembuatan Buku Cerita IPA Yang Mengintegrasikan Materi Kebencanaan Alam Untuk Meningkatkan Literasi Membaca dan Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2): 129-135

Turmo, Are. (2004). Scientific Literacy and Socio-economic Background among 15 Year Olds :A Nordic Perspective. Scandinavian Journal of Educational Research, 48(3):290-304

Wahyuningtyas, Neni., Sumarmi & Suryantoro Agus. (2012). Hubungan Minat dan Kebiasaan Membaca dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Tesis. Wahyuningtyas, Neni., Sumarmi & Suryantoro Agus. (2012). Hubungan Minat dan Kebiasaan Membaca dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Tesis




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v7i1.139

Article Metrics

Abstract view : 1136 times
PDF - 350 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.