PENGGUNAAN MEDIA “ALGA MAJI†UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI HAJI DAN UMRAH KELAS IX A SMP NEGERI 4 GANTUNG

Heriyanto Heriyanto

Abstract


Tujuan inovasi pembelajaran ini adalah untuk mewujudkan pembelajaran abad 21 dan era revolusi industri 4.0 yaitu berfikir kritis, berkolaborasi, berkomunikasi efektif, dan kreatifitas dalam pembelajaran dan membentuk karakter peserta didik, serta meningkatkan pemahaman dan hasil belajar pada materi Haji dan Umrah kelas IX A SMP Negeri 4 Gantung Kabupaten Belitung Timur Kepulauan Bangka Belitung. Berdasarkan hasil angket dari peserta didik dan observasi langsung yang dilakukan oleh guru, serta hasil evaluasi yang telah dilaksanakan, penggunaan media “Alga Maji†dan Video Haji pada materi haji pada kelas IX A diperoleh hasil yaitu pembelajaran dengan penggunaan alat peraga “Alga Maji†dan Video Haji dapat menciptakan pembelajaran abad 21 dan era revolusi 4.0 yaitu berfikir kritis dan berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah, dalam menjabarkan dan menjelaskan tata urutan pelaksanaan ibadah haji. Selain itu penggunaan media “Alga Maji†dan Video Haji juga membentuk karakter berani dan percaya diri peserta didik tampil di depan kelas ketika mempresentasikan pelaksanaan ibadah haji serta bertanggung jawab dan amanah ketika mendapatkan tugas. Penggunaan media alat peraga manasik haji “Alga Majiâ€dan Video Haji dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) terbukti dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik dengan ketuntasan belajar 100%. Hal ini didukung dengan menggunakan media “Alga Majiâ€dan Video Haji.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Angkowo.(2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.

Dahar, Ratna Wilis .(2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.

Daryanto .(2012). Media Pembelajaran. Bandung: PT.Satu Nusa.

Djamarah, Syaiful Bahri.(2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Herman .(2016). Penggunaan Media Audio Visual Haji untuk meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 1 Palembang Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Interes. Media Aksara Kabupaten Magetan. Volume I, Nomor 4, Oktober 2018.

Rahayu, Muji .(2015). Penggunaan Metode Demontrasi dan Media Maket Ka’bah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Haji dan Umroh di kelas IX SMP Muhammadiyah Malang Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan. LPMP Kalimantan Selatan. Nomor 1 Jilid 7, Agustus 2018.

Sudjana, Nana .(2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v7i1.138

Article Metrics

Abstract view : 125 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.