MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 5 SDIT AL HUSNA PELEMKEREP KECAMATAN MAYONG KABUPATEN JEPARA

Hanif Effendi

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan tempat tinggal terhadap motivasi belajar Matematika pada siswa kelas 5 SDIT Al Husna Pelemkerep Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Populasi penelitian adalah siswa kelas 5 SDIT Al Husna Pelemkerep Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara yang berjumlah 24 siswa. Teknik sampling menggunakan sampling jenuh yaitu mengambil seluruh anggota populasi sebagai sampel. Variabel independen adalah lingkungan tempat tinggal, sedangkan variabel dependen adalah motivasi belajar matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner. Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan tempat tinggal berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Matematika pada siswa 5 SDIT Al Husna Pelemkerep Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara Jepara. Hal ini dibuktikan dari hasil uji korelasi yang didapatkan nilai korelasi 0,617 dan t hitung 3,677 > t tabel 2,074. Artinya, apabila lingkungan tempat tinggal semakin baik, maka motivasi belajar Matematika akan semakin meningkat. Saran bagi siswa, perlu memperhatikan nasehat dan peraturan orangtua dan sekolah. Bagi guru, perlu memberikan motivasi bagi siswa yang berprestasi maupun kurang berprestasi, agar siswa lebih bersemangat untuk mengikuti pembelajaran dan meraih hasil yang lebih baik. Bagi orangtua, hendaknya menyediakan fasilitas belajar di rumah yang memadai bagi anak, suasana rumah dibuat agar anak merasa nyaman dalam belajar di rumah

Full Text:

PDF

References


Arminati. 2015. Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di SMAN 1 Takalar Kabupaten Takalar. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM. Hal. 6-9.

Djuarsa, R. N., Chrismastianto, I., & Hidayat, D. 2017. Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Persepsi Siswa dalam Berprestasi A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT, 13 (1), hal. 21-34.

Hasratuddin, 2014. Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter.Jurnal Didaktik Matematika, 1 (2). Hal. 30-42.

Heriyati. 2017. Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 7(1), Hal. 22-32.

Manuhutu, Silvia. 2015. Analisis Motivasi Belajar Internal Siswa Program Akselerasi Kelas 5III SMP Negeri 6 Ambon. Jurnal Promosi, Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. 3(1). Hal. 104-115.

Nurmala, D.A., Lulup Endah Tripalupi, & Naswan Suharsono. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4 (1). Hal. 1-10.

Nursari, F., Wahyu Adi, & Jaryanto. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Ponorogo. Jupe UNS, 1 (3). Hal 106 – 117.

Panaehan & Bustari Muchtar. 2014. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Slta Di Kecamatan Panti. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 1(2). Hal. 1-12.

Ridho, Muh Akbar. 2012. Pengaruh Lingkungan Terhadap Motivasi Belajar Dan Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Audio Video SMK Muh. Kutowinangun Kebumen. Artikel Penelitian S1. Universitas Negeri Yogyakarta.

Warti, Elis. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal “Mosharafaâ€, 5 (2). Hal. 177-185




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v4i2.129

Article Metrics

Abstract view : 399 times
PDF - 152 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.