PENGARUH LKS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKN SISWA KELAS VII MTS NU UNGARAN

Ameilia Woro Srikandi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya Pemanfaatan LKS dan kemandirian belajar yang dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaragaan siswa kelas VII MTs NU Ungaran Kabupaten Semarang. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah pengaruh pemanfaatan lembar kerja siswa (LKS) dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan LKS dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Hal ni dikarenakan data yang diperoleh dan diolah dengan angka-angka statistik. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII dengan populasi 262 dan sampel 67. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mencari data variabel pemanfaatan LKS dan kemandirian belajar sedangkan dokumentasi untuk mencari data variabel prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan, sedangkan analisis data menggunakan analisis korelasi analisis regresi, uji hipotesis dan analisis determinasi dengan bantuan SPSS 21. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi dapat diketahui bahwa nilai sig pemanfaatan LKS (X1) sebesar 0,000 < sig α 0,05 kemandirian belajar(X2) sebesar 0,001 ≤ α 0,05 dan r hitung pemanfaatan LKS (X1) sebesar 0,572 sedangkan r hitung kemandirian belajar (X2) sebesar 0,411. Di dapat persamaan linier Y = 0,584 + 0,470 + 0,421 dan analisis determinasi 63,7%. Dari pengumpulan data, pengolahan data dan analisis data Sehingga ada pengaruh secara signifikan antara pemantaafan LKS X1 dan kemandirian belajar X2 terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VII MTs NU Ungaran Kabupaten Semarang

Full Text:

PDF

References


Ahmadi. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Anton, Sukarno (2009). Ciri-ciri Kemandirian Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Hadi, Sutrisno. 2007. Statistik 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi.Bandung: PT Refika Aditama.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat BahanAjar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Sudjana. 2003. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi bagi Peneliti. Bandung.

Slameto. 2003. Belajar dan Factor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional Jakarta: Depdiknas.

Widjajanti, E. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Diunduh dari http://staff.uny.ac.id/system/files/pengabdian/endang-widjajanti-lfx /kualitaslks.pd




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v4i2.127

Article Metrics

Abstract view : 108 times
PDF - 9 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

slot gacor malam ini

slot 5000

slot deposit pulsa

https://prosiding.umk.ac.id/

https://jurnal.itsp.ac.id/

slot deposit pulsa

slot thailand