PENGARUH KEPRIBADIAN TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS VII MTs AL MAS’UDIYYAH BANDUNGAN

Achmad Faiyun

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepribadian siswa guna mewujudkan kedisiplinan siswa di sekolah. Hal ini terjadi karena kepribadian siswa berhubungan dengan kedisiplinan siswa, jika kepribadiannya baik maka kedisiplinan akan terwujud, dan sebaliknya. Permasalahan inilah yang mendorong penulis melakukan penelitian. Rumusan masalah yaitu adakah pengaruh kepribadian terhadap kedisiplinan siswa kelas VII SMP Al Mas`udiyyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kepribadian terhadap kedisiplinan siswa SMP Al Mas`udiyyah Bandungan Kabupaten Semarang. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskripsi. Lokasi penelitian di SMP Al Mas`udiyyah Bandungan Kabupaten Semarang. Variabel penelitian adalah kepribadian, dan kedisiplinan siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Al Ma`sudiyyah Bandungan dengan populasi 177 dan sampel 35. Teknik sampling yang diterapkan adalah teknik cluster proposional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan analisis data menggunakan analisis korelasi parsial, determinasi parsial, persamaan regresi linier dengan bantuan program SPSS 15. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa ada korelasi sebesar 0.674 dan pengaruh yang signifikan sebesar 5.239 dengan sig 0.000 <𛼠0.05 antara kepribadian terhadap kedisiplinan siswa kelas VII SMP Al Mas`udiyyah dengan determinasi parsial 45.4%

Full Text:

PDF

References


Ahmadi. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi,Sutrisno,. 2009. Teori dan Aplikasi Statistika dan Probabilitas. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Hartono .2012 .ProblemaPsikologis Kaum Santri ( Resiko Insekuritas Kelekatan. Yogyakarta.: FkbA.

Hidayat, Abin .2009. Etika Ilmu AkhlaK. Jakarta. PT. Bulan Bintang

Masykur Arif. 2011. Pentingnya Disiplin Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Nurasmawi . 2011.Psikologi Perkembangan anak dan remaja. Bandung. PT. Remaja Roasda Karya.

Rahman 2011.Manajemen Stratejik dalam Pembinaan Disiplin Siswa (Studi Kasus Tentang Kebijakan Pembinaan Disiplin Siswa di SMU Terpadu).

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kalitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2009 .Metode Menyusun Tesis . Bandug. CV. Alfabet.

Syarifuddin.2011 .Teologi Pendidikan Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam .Jakarta. Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v4i2.126

Article Metrics

Abstract view : 147 times
PDF - 28 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.