PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN SENGON 02 KECAMATAN SUBAH KABUPATEN BATANG

Adhi Setiawan

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika karena masih bersifat konvensional serta kurangnya model pembelajaran sehingga siswa merasa bosan. Rumusan masalahnya yaitu apakah dengan penerapan model pembelajaran Contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas V SDN Sengon 02 Kecamatan Subah Kabupaten Batang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual teaching and learning pada siswa kelas V SDN Sengon 02 Kecamatan Subah Kabupaten Batang.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data yaitu dengan (1) teknik tes dan (2) teknik non tes (observasi) Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SD Negeri Subah. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan hasil belajar setiap siklusnya dengan KKM individu 65 dan KKM klasikal 70% diperoleh ketuntasan klasikal siklus I 88% meningkat signifikan pada siklus II menjadi 100%, Jadi kenaikan dari siklus I sampai siklus II sejumlah 12%. Peningkatan hasil belajar tersebutdiikuti dengan peningkatan keterampilan guru dari siklus I sampai siklus II meningkat 12,5 % , setelah dikonversi skala 4 nilainya 87,5 dengan nilai 3,5 terkualifikasi sangat baik. Diikuti pula dengan peningkatan aktivitas siswa dari siklus I sampai siklus II meningkat 8 % setelah dikoversi skala 4 nilainya 2,9 berkualifikasi baik


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas: untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Arief, Armai. 2013. Pembelajaran Mandiri and Contextual Teaching and Learning. Skripsi, tidak diterbitkan, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyo, Agus. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Jogjakarta: Diva Press.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Pers.

Muslich, Masnur. 2011. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontektual. Jakarta: BumiAksara.

Poerwanti, Endang. dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Putra, Jumade. 2013. Inspirasi Mengajar ala Harvard University. Jogjakarta: Diva Press.

Shoimim, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sugandi, Ahmad. 2004. Teori pembelajaran. Semarang: UPT UNNES Press.

Tri Anni, Catharina. Dkk. 2005.Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press Uno, Hamzah. 2011. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: BumiAksara.

Yulaelawati, Ella. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Pakar Raya




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v3i1.124

Article Metrics

Abstract view : 62 times
PDF - 19 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.