PERBANDINGAN ANTARA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN PQRST PADA HASIL BELAJAR SISWA DI SDN JAMBU 02 KABUPATEN SEMARANG

Aulia Nuraeni

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Rumusan masalahnya yaitu apakah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe scramble dengan PQRST dalam mata pelajaran IPA kelas V SDN Kuwarasan 01 dan SDN Jambu 02 Kabupaten Semarang. Dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe scramble dengan PQRST dalam mata pelajaran IPA kelas V SDN Kuwarasan 01 dan SDN Jambu 02 Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Lokasi dan waktu penelitian yaitu di SDN Kuwarasan 01 dan SDN Jambu 02. Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Kuwarasan 01 dan SDN Jambu 02 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini menggunnakan quasi eksperimental design. Instrumen yang digunakan adalah soal tes berbentuk pilihan ganda. Analisis data menggunakan analisis uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe scramble dengan PQRST pada kelas V SDN Kuwarasan 01 dan SDN Jambu 02 Kabupaten Semarang. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar 84,44 dan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 2 sebesar 79,09. Hasil uji t menunjukkan sig = 0,039 < 0,05. Hal ini dapat diartikaan bahwa Ha yang berbunyi ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe scramble denggan PQRST dalam mata pelajaran IPA kelas V SDN Kuwarasan 01 dan SDN Jambu 02 Kabupaten Semarang diterima

Full Text:

PDF

References


Ahmadi. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto,Suharsimi.2013.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2003. Pembelajaran Cooperative Learning. Jakarta. Kementrian Pendidikan Nasional.

------------. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 23 tahun 2006, tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.online.http/// www. depdiknas.go.id/ UU RI No 20/2003-Sistem Pendidikan.

Dwi, K. 2005. Keefektifan Metode PQRST dalam Membaca. Jurusan KTP: Fakultas Ilmu Pendidikan.

Huda, Miftahul.2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ramadani, Ni Km Triana, Arini, I Nymn Arcana. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Kartu Pertanyaan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD.Jurnal Mimbar PGSD. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Syafika, Nurul.2017. Pengaruh penerapan metode pembelajaran scramble terhadap hasil belajar peserta didik pada bidang studi pendidikan agama islam kelas VIII di SMP Negeri 5 Maiwa Kab. Enrekang




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v3i1.123

Article Metrics

Abstract view : 99 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.